Bagian Fabrikasi

153 22 2
                                    

Hai selamat datang
Jangan lupa tinggalkan jejak
( Votte and comment )

--------------Happy Reading-----------------

"'''''''''''''''''''''''''""""""''"'"""""''"''''''

Bagian fabrikasi adalah tempat dimana suatu prodak itu dibuat,

didalamnya terdapat mesin-mesin yang terdapat pada bagian-bagian tertentu.

Ditempat PKL ku bagian fabrikasi itu seperti ibarat nerakanya perusahaan karena pekerjaannya yang berat dan bahaya butuh perhatian khusus dengan tingkat keselamatan kerja yg tinggi dalam bekerja.

Aku berada dibagian fabrikasi selama kurang lebih empat bulan lamanya di dua bagian yang berbeda.

Yang pertama di bagian welding dan yang terakhir dibagian painting.

Dibagian welding aku bersama dua orang temanku yaitu si T dan si I dibagian painting pun aku bersama si T dan si I, kami dari kota B dari pertama PKL ditempatkan di bagian kerja kami selalu bertiga.

Ketika dipindah dari bagian plating kebagian welding kami bertiga sangat senang karena pekerjaan dibagian welding bisa satu jurusan dengan jurusan yang aku ambil di sekolahku yaitu teknik mesin perkakas itu adalah berita gembiranya, tetapi dibalik itu semua ada berita buruknya yaitu ketika kami ditempatkan dibagian welding yang menjadi atasannya adalah si A yaitu karyawan yang menjadi pembimbing seluruh anak-anak PKL ditempat aku PKL.

" Alamak " celaka sekali kataku, karena si A ini seperti setan bagi anak-anak PKL.

Aku, si T, si I berada di bagian welding bersama si A. Dengan gayanya yang tengil si A memulai pembicaraan
Si A : " ehem... Jadi kalian sudah dua bulan dibagian plating ?"
Aku, si T, si I : iya pak
Si A : "dapat ilmu atau pengalaman apa saja dibagian plating ?"
Aku : " ilmu mencuci pak "
Si T dan si I juga menjawab tapi dengan suara pelan
Si A : " mencuci apa, masa selama dua bulan mencuci saja apa kalian tidak meminta untuk membantu pekerjaan yang lebih kepada skill atau kemampuan untuk proses melapisi kondaktor pakai chrom, misalnya !!!
Atau kalian memang tidak mau berinisiatif, tidak mau bertanya, tidak mau bergaul dengan karyawan bagian plating, kalian memang maunya yang enteng-enteng saja, maunya ngobrol-ngobrol dan bergerombol seperti anak STM ? "
Si T : " memang tidak dikasih pak, soalnya yg PKL disitu kan bukan kita saja bertiga ada anak-anak STM yang lain jadinya rame belum lagi ditambah anak-anak PKL yg lebih dulu ditempatkan di sana."
Aku : " kami juga sudah meminta karyawan disana yang jadi operator dibagian plating untuk minta diajarin dan diberi tau bagaimana proses Chrom, memang diberi tau tapi hanya sesekali saja dan kami pun mencobanya tapi kan karyawan juga sibuk dengan pekerjaannya "
Si I : " jadi kami mengerjakan apa yang sudah ada saja dan memperhatikan proses dari jauh tentang proses Chrom ."
Si A : " ehem.. alasan saja kalianlah
kalian akan saya tempatkan dibagian saya yaitu bagian welding. "

Lalu si A mengantarkan kami ke operator yang ada di bagian welding. Setelah itu si A pergi entah kemana tidak memberitahu kepada kami,

setelah itu operator welding menemui kami sebut saja namanya k lalu si k memberi arahan kepada kami tentang pekerjaan dibagian welding dan pekerjaan apa yang akan dilakukan anak PKL.

Dari tutur katanya sepertinya si k lebih terpelajar dalam penyampaian kata-kata dan si k orangnya lebih humble kepada kami, apapun pertanyaan kami tentang bagian welding si k jawab dengan jelas dan sabar dan kesulitan-kesulitan yang kami alami tentang pekerjaan dibagian welding si k mau membantu kami.

Praktek Kerja LapanganTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang