15 Desember 2003

241 28 8
                                    

Hai, selamat datang
Jangan lupa tinggalkan jejak
( Vote and comment )

--------------Happy Reading-------------------
""'''''''''''''''''''''''''""""""''"'"""""''"''''''

Praktek kerja lapangan biasa disingkat PKL adalah syarat yang harus dilaksanakan demi mengikuti ujian nasional pada tingkat sekolah menengah kejuruan atau disingkat SMK.

Hari itu tgl 15 Desember 2003 aku dan keenam temanku sebut saja si T, si I, si Id, si B, si J, dan si Y berangkat dari sekolah kami yang berada di kota B menuju perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur di daerah JB bersama guru pembimbing kami dari sekolah namanya pak D.

Sesampainya di perusahaan, kami bertemu dengan HRD perusahaan tersebut lalu diperkenalkan tentang perusahaan dan di perkenalkan juga dengan salah satu teman kami yang ternyata sudah duluan PKL diperusahaan tersebut.

Pertemuan aku, si T, si I, si Id, si B, si J, dan si Y dengan salah satu teman kami yang sudah duluan PKL di perusahaan manufaktur tersebut mempermudah kami untuk mendapatkan tempat kontrakan sementara karena dia mau menampung kami untuk sementara sampai kami mendapatkan tempat kontrakan yang baru.

Setelah itu kami pun di pertemukan dengan kepala bagian safety anvironment.

Lalu kami dibagi dua grup yang satu grup berisi lima orang ke bagian fabrikasi dan yang satu grup berisi dua orang kebagian Assembling.

Dibagian fabrikasi kami bertemu dengan pembimbing semua anak-anak PKL di bagian fabrikasi sebut saja namanya si A.

Setelah itu kami kembali ke bagian safety anvironment untuk mengadakan training safety dan pendahuluan sebelum ke lapangan.

Hari itu pembimbing kami dari sekolah pak D pamit pulang dan berpesan kepada kami untuk bersikap yang baik dan menjaga nama baik sekolah serta menjaga diri baik baik.

Hari pun sudah sore jam bel pulangpun berbunyi lalu hari ini untuk perkenalan dan training sudah selesai dan besok sudah bisa mulai ke lapangan,

Tak lama kemudian datanglah pak HRD dengan teman kami yang sudah terlebih dahulu PKL di perusahaan tersebut dan menyerahkan kami kepada teman kami tersebut untuk sementara ditampung dahulu ikut tinggal dikontrakannya.

Tetapi ada satu teman kami yang tidak ikut ke kontrakan yaitu si J karena dia memutuskan untuk pulang pergi saja dikarenakan rumahnya dekat stasiun kereta api sehingga mempermudah dia dalam mendapatkan transportasi.

Aku, si T, si I, si Id, si B, dan si Y pulang menuju kontrakan teman kami ternyata disana juga sudah ada barengan teman kami yang berjumlah dua orang jadi dikontrakan tersebut total jumlah orangnya 9 orang.

Karena kontrakannya cukup besar dan terbagi tiga ruangan jadi kami bisa leluasa untuk tinggal di kontrakan tersebut saat itu.

Malampun tiba kami saling berbicara satu sama lain tentang disekolah tentang kami bisa PKL di perusahaan tentang perusahaan lalu tentang bus antar jemput,

Tak terasa malampun sudah larut kami pun langsung istirahat dan tidur supaya besok kondisi badan segar.

Dalam hatiku sebelum aku tidur, aku berkata " inilah pertama kalinya aku jauh dari orang tuaku, inilah pertama kalinya aku jauh dari tempat tinggalku, dan inilah pertama kalinya aku hidup mandiri lalu aku berharap semoga masa depanku cerah ".

Pagi yang cerah aku beserta teman-temanku memulai hari untuk pertama kalinya mengikuti kegiatan PKL ini,

Pagi-pagi sekali aku dan teman-temanku berangkat dari tempat kontrakan untuk ketempat PKL yang dituju.

Hari pertama PKL begitu semangatnya, apapun perintah pembimbing tentang kegiatan PKL hari itu aku perhatikan dan aku laksanakan.

Aku ditempatkan dibagian plating kondaktor bersama dua orang temanku,

oh iya bagian plating kondaktor itu adalah bagian pemberian bahan chrom dengan proses kimia pada kondaktor. Jadi begitulah bagian ini sangat berbahaya jadi harus memperhatikan safety, dalam bekerja.

Dibagian plating ini aku seperti pembantu rumah tangga, yaitu kerjaannya mencuci saja dari pagi sampai pulang. Mencuci kondaktor yang sudah diproses dan diberi chrom membuat tanganku ini kriput karena tersiram oleh air terus menerus.

Hari pertama PKL adalah hari yang melelahkan karena badanku harus dipaksa adaptasi dengan pekerjaan yang aku rasa cukup berat, tetapi hari pertama PKL ku ini sudah kulewati.

Hari pun sudah sore dan bel pulang pun berbunyi itu tandanya selesailah pekerjaan untuk pekerja dan anak PKL di shift tersebut.

Aku pun langsung bergegas pulang bersama teman-temanku menuju tempat kontrakan kami.

Jangan Lupa Votte
And
Thank's for Read

Praktek Kerja LapanganTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang