judas menatap sendu matahari yang sudah entah keberapa kalinya menyapa dunia dari ufuk timur sana. matanya sibuk memandang sungai luas di depannya itu, sedangkan otaknya sibuk memikirkan kemana pula ia harus mencari sosok itu lagi. dan tentu saja, satu-satunya pilihan terakhir yang ia miliki adalah kampusnya. mungkin agak mustahil menemukan satu-dua informasi mengenai mahasiswa enam tahun lalu, namun judas bukan tipikal yang gampang menyerah sebelum mencoba. sambil meminum tegukan terakhir sodanya, ia membulatkan rencananya untuk pergi ke kampus lamanya nanti siang.
bibir tebalnya tersenyum melihat bangunan yang dulunya adalah tempat dimana ia menjunjung tinggi edukasi, borough of manhattan community college. bukan kampus terbaik, namun juga bukan yang terburuk. setidaknya, ia cukup cakap di bidangnya yang sekarang dan itu semua sedikit banyak adalah berkat kampus ini.
tanpa basa-basi, kaki jenjangnya lalu ia langkahkan menuju bagian administrasi kampus. di dalam hatinya ia merapalkan banyak harapan—semoga saja ia dapat setidaknya beberapa petunjuk karena orang yang dicarinya benar-benar hilang seakan ditelan bumi. tanpa jejak, tanpa bekas, kepergiannya benar-benar rapi tanpa celah.
"selamat siang, ada yang bisa kubantu?" ujar seseorang dengan dasi bergaris kuning itu.
"ah, iya. eum, begini... apakah aku boleh melihat salah satu data mahasiswa enam tahun yang lalu?" tanya judas.
pria di depannya mengerutkan keningnya sedikit, lalu mengangguk, "boleh saja, namun ada keperluan apa ya?"
sial. judas bodohnya tidak mengantisipasi jawaban dari pertanyaan semacam ini.
"ah itu, aku dari perusahaan asuransi dan aku ingin memverifikasi data klienku. dia bilang dia pernah menjadi mahasiswa di sini, dan sesuai kebijakan perusahaan kami, kami harus mengkonfirmasi data klien tidak hanya dari perusahaan tempatnya bekerja sekarang, namun juga institusi pendidikan terakhirnya." bohongnya sambil berusaha memasang topeng yang ia harapkan dapat meyakinkan pria itu.
"baiklah, atas nama siapa?" tanya si petugas administrasi itu.
"schmidt. javier dietrich schmidt. dari program studi teknik sains." ucap judas mantap. "oh wow, oke. sebentar." ujar pria itu lalu mengambilkan berkas milik javier, "ini."
"terima kasih." ucap judas sambil mengambil berkas itu lalu mengeluarkan ponselnya, "bolehkah aku foto?"
pria itu mengangguk, "oh iya, asal kau tahu, tuan schmidt ini dulunya roommate ku saat kuliah. namun tiba-tiba saja dia dijemput orang tuanya dan aku tidak pernah melihatnya lagi. apa kau tahu dimana dia sekarang?"
pernyataan barusan membuat judas mendongak menatap pria tersebut, "kau... roommatenya?"
pria itu mengangguk, "ya, kenapa?"
"bolehkah aku meminta kontakmu?"
pria dengan dasi kuning itu pun mengernyit bingung.
---
"oke, jadi kau bukan dari asuransi betulan, kan?" tanya pria itu.
judas menggeleng, "bukan. maaf aku berbohong, aku benar-benar ingin tahu tentang temanmu itu."
pria di depan judas itu—yang ternyata bernama samuel memicingkan matanya, "memangnya ada apa? apakah kau FBI?"
pertanyaan itu spontan membuat judas gelagapan menggelengkan kepalanya, "eh tidak, bukan-bukan! aku hanya... javier meninggalkanku begitu saja, tanpa pamit sama sekali, aku... aku berniat mencarinya..."
"oh, kau pacarnya, ya?"
"eh tidak! bukan begitu juga... ah maksudku, y-ya.. kami menghabiskan banyak waktu bersama... lalu suatu hari ia pergi tanpa mengabariku."
samuel lalu mengangguk-angguk, "terakhir kali aku melihatnya juga begitu, sih. tidak ada penjelasan yang jelas dia akan pergi kemana, dia hanya dijemput kedua orangtuanya, lalu mengemasi barang dan... menitipkan sura—tunggu! namamu judas, kan?"
judas mengangguk bingung.
"judas mc.."
"mckay." ucap judas.
"ah iya, judas mckay! sial! kenapa baru mencarinya sekarang, sih! dia menitipkan surat untukmu!"
p.s. buat yang ngerasa familiar sama work aku yang ini, iya sebenernya ini pernah aku post di twitter aku (skrg udah close acc), and this is one of my favorite work so i think it needs some more appreciation (lol) jadi aku post di siniii.
buat yang mau liat versi og nya (ga terlalu beda sih) : write.as/happybirthjay/titipan
KAMU SEDANG MEMBACA
sweet • 2j
Fanfictiononeshots n twoshots with jay and jake as the main casts mostly fluff