Awas loh, senyum senyum sendiri.
Hayo
Hayo
Hayooo
-----
Aku sedikit panik berlari menuju ruang tamu di mana suara itu berasal. Napasku memburu menyibak tirai pembatas ruang tengah dan ruang tamu putra. Di depan pintu, seorang anak perempuan duduk memeluk kedua lututnya, menyembunyikan wajah pada keduanya sambil terisak.
"Kenapa?" tanyaku khawatir.
Gadis ini pasti santri baru yang sedang tertekan dan mencari perlindungan karena belum hafal seluk-beluk pesantren, dia tersesat masuk begitu saja ke ruang tamu.
Tiba-tiba Kang Amar kembali sambil membawa segelas air putih.
"Suruh minum dulu, Ning,” ucap Kang Amar sambil menjulurkan segelas air putih. Pucuk-pucuk Jemari kami sempat saling bersentuhan. Ya Allah, kapan aku bisa tenang jika berada di samping pemuda ini.
"Ini minum dulu."
Setelah beberapa kali bujukan, akhirnya dia mau sedikit mengangkat wajahnya yang sudah sembab karena terlalu banyak menangis. Santri itu meminum air putih beberapa teguk, lalu memberikan gelas itu padaku lagi.
"Oalah, Mbak Fatim, to." Setelah beberapa saat aku mulai mengenali santri baru itu.
Dia adalah santri baru dari Temanggung. Namanya, Fatimah Az-Zahra. Kelas tujuh MTS, masih hangat-hangatnya lulus dari sekolah dasar. Bukan hal tabu lagi, santri baru akan sering menangis karena belum bisa adaptasi.
Gadis hitam manis dengan postur tubuh pendek dan sedikit gempal ini masih belum berhenti terisak. Sesekali meringis menekan perutnya. Kuperhatikan tangan dan kakinya sudah terserang penyakit scabies atau biasa dikenal dengan gudik.
Sebagian besar santri dan masyarakat percaya bahwa santri yang belum terserang penyakit gudik di pesantren, ilmunya belum barakah, artinya ilmunya belum menyerap betul. Ada juga yang mengatakan karena dulunya sebelum kenal nyantri, santri yang terkena gudik sering menyakiti hati orang tua. Jadilah gudik itu sebagai hukuman ketika belajar di pesantren.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kang Amar Cinta Sang Abdi Ndalem (Tamat)
RomanceKisah cinta seorang abdi ndalem bernama Amar dengan Ning Ishma, putri seorang Kyai. Tidak hanya berparas cantik namun memiliki segudang kelebihan yang membuat para lelaki ingin memilikinya. Namun hatinya sudah terlanjut tertambat pada seorang pemuda...