*CEGAH MAKSIAT DENGAN ISTIGHFAR*📚
المعصية تزل العلم
"Maksiat itu menghilangkan ilmu"
Kita mengakui bahwa sebagai manusia biasa, kita tidak luput dari berbuat dosa dan kesalahan. Tapi menuntut ilmu tetap menjadi kewajiban kita sebagai seorang muslim.طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
“Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim.”
Tapi ketika kita tau bahwa kita salah, hendaknya kita beristighfar supaya dosa/kesalahan yang kita lakukan barusan dapat di ampuni.
Permohonan ampunan Allah itu sangat dianjurkan ketika manusia dalam keadaan tidak berdosa dan terlebih lagi kalau melakukan dosa. Mohon ampun usai berdosa, ini mestinya agar azab Allah tidak turun seperti bunyi firman-Nya.
وما كان الله معذبهم وهم يستغفرون
“Dan Allah SWT tidak akan mengazab mereka selagi mereka memohon ampunan-Nya.”
Tetapi istighfar kalau tidak berdosa, lebih didasarkan pada tindakan yang dicontohkan Rasulullah. Kendati mendapat jaminan ampunan dosa masa lalu dan masa depan, Nabi Muhammad SAW tetap saja beristighfar paling kurang 70 kali sehari.
*اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم*
🌹💕
*PENYEBAB SULIT MENERIMA NASEHAT DAN ENGGAN DIAJAK TAAT*📚
Di antara pengaruh buruk dosa dan maksiat adalah menghalangi orang dari ketaatan.
Al-Imam Sufyan ats-Tsawri rahimahullah berkata,
حرمت قيام الليل أربعة أشهر بذنب أذنبته
"Selama empat bulan aku terhalang dari qiyamul lail (menghidupkan malam dengan ketaatan) karena dosa yang aku lakukan."
Jika diri berat menjalankan ketaatan atau ketaatan terasa hambar maka itu pertanda banyaknya dosa-dosa kita.
Dosa-dosa itu menorehkan bintik-bintik hitam di hati yang semakin terus menumpuk menutupi hati hingga buta, wal-'iyaadzubillah.
Inilah yang disebut oleh Allah ta'ala di dalam firman-Nya,
كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
"Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu (dari perbuatan dosa) telah menutupi hati mereka."
(QS. al-Muthaffifin: 14)Tiada jalan lain membersihkan hati dan mensucikan jiwa selain kembali kepada Allah dengan sungguh-sungguh bertaubat, thalabul ilmi dan banyak istighfar.
Semoga Allah senantiasa membimbing kita dengan hidayah dan Taufiq Nya....
*اللهم صل على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم*
🌹💕
┅━━❀࿐•🌻﷽🌻•࿐❀━━┅
*☀️Belakangan ini betapa cuaca begitu panas terasa, bahkan malam pun panas itu masih tersisa.*🌍Padahal ini baru panas di dunia, bagaimanakah kelak nanti panasnya akhirat…?
💦Duhai, Adakah yang ingin mengambil pelajaran…?
Allahumma inna naudzu bika minannar…
✍️ Ustadz Boris Tanesia Hafizhahullah
━━━━━━