𝕂𝕒𝕞𝕦 𝔸𝕕𝕒𝕝𝕒𝕙
𝙺𝚊𝚛𝚢𝚊: 𝙽𝚘𝚟𝚒 𝚂𝚞𝚜𝚊𝚗𝚝𝚘Kamu adalah diaku yang benar-benar aku cari
Karena kamulah yang tak pernah bisa kutemuiKamu adalah diaku yang benar-benar aku cintai
Karena kamulah yang tak pernah kupilihKamu adalah diaku yang tak pernah perlu kuingat kembali
Karena kamulah yang masih ada pada kerinduan iniKamu adalah diaku yang tak pernah dapat kumiliki
Karena kamulah yang masih ada pada pengharapan iniKamu adalah diaku yang masih selalu kukagumi
Karena kamulah yang terus membuatku tak pernah mengerti, semua iniKamu adalah diaku yang masih selalu kumimpikan
Karena kamulah yang terus membangunkan perasaanku ini.Bayung Lencir, 14 November 2023
Penjelasan:
Oke! Pada Puisi ini saya menggunakan pola akibat-sebab pada setiap baitnya. Saya coba jelasakan maksud dari isi puisi ini adalah cinta yang sesungguhnya namun tak terbalas (yasallam).
Di bait pertama menggambarkan sosok yg tak bisa kita temui karena suatu hal, bisa berupa jarak, status dan lain sebagainya. (Mungkin luh najis di matanya 🤣).
Bait ke-2 ini menunjukkan kalau cinta yang sesungguhnya adalah cinta yang bisa dipilih, akan tetapi hadir dengan sendirinya di hati tanpa tahu alasannya, bukan karena wajah dan harta ataupun jabatan. (Ingat kalau pasanganmu mengatakan bahwa kamu adalah orang yang dia pilih, itu berarti dalam hatinya ada koleksi dan kamu adalah satu diantaranya dan bisa jadi kamu akan tersalib oleh pesaing-pesaingmu, apalagi datang peserta yang baru dan masih segar bugar/daun muda 😂).
Pada bait berikutnya saya menggambarkan di baris awalnya dengan menunjukkan seolah kita melupakan orang tersebut, tapi dijelaskan pada baris berikutnya itu maksudnya adalah karena dia selalu ada dalam pikiran yang merindukannya, jadi tanpa perlu diingat wajahnya selalu mekar dalam hati. (Oh My)
Pada bait berikutnya menjelaskan alasan mengapa dia selalu menjadi harapan di hati karena sampai saat ini dia belum bisa dimiliki. Jadi hatimu masih mengharapkannya, sebab kau masih menginginkan sesuatu darinya. (Makanya kalau kalian punya pasangan jangan segalanya diserahkan kepadanya, sisakan beberapa agar dia penasaran dan tak merasa bosen dan hilang selerah. (Emang kalian juga betah dengan pasangan yang ngebosenin? Jadilah orang yang misterius, -seperti GUA 😂).
Berikutnya saya menjelaslan tentang perasaan cinta yang seolah 'membabi buta' yang sulit dipahami oleh kita, mengapa bisa tertarik dengannya, padahal yang lebih darinya banyak bahkan antri untuk mendapatkan hati kita, tetapi kita malah justru tertarik dengan dia tanpa kita mengerti. (Di sini stop bicara pelet karena tidak masuk dalam konteksnya, dia aja kekanggu lihat luh 😁).
Pada bait terakhir ini menjelaskan tentang perasaan yang selalu ada dan menjadi mimpi dalam hidup untuk memiliki orang itu. (😁 keren ya gaya bahasanya, ada yang dimimpikan karena ada yang membangunkan)
KAMU SEDANG MEMBACA
Puisi Cinta
PoetryCuplikan: Dalam sebuah bait puisi, kuisyaratkan namamu yang mengisi hati; kubaca berbisik tak akan siapapun tahu, begitu juga Sang sepi. Berisi Puisi yang dalam maknanya dan disertai dengan sedikit penjelesan di setiap akhir masing-masing puisi.