Chapter 5

11 3 0
                                    


Aku bergerak gelisah di antara tumpukan selimut, kertas, dan gulungan kertas di atas karpet dekat api ketika Ghost membangunkanku. Jari-jariku tercakar tinta dan lilin. Aku melihat sekeliling, mencoba mengingat kapan diriku bangun, apa yang sedang kutulis, dan untuk siapa. Roach berdiri di panel terbuka lorong rahasia yang menghubungkannya ke ruanganku, menatapku dengan matanya yang tak terlihat manusiawi. Kulitku basah oleh keringat dan dingin. Jantungku berpacu. Rasa racun, pahit dan mengganggu, masih terasa di lidahku.

"Dia melakukannya lagi," kata Ghost. Aku tidak perlu bertanya siapa yang dimaksudnya. Aku memang telah berhasil membuat Cardan mengenakan mahkota, tetapi aku belum belajar bagaimana membuatnya bertindak dengan kesungguhan seorang raja.

Ketika aku mencari informasi, dia menghabiskan waktu dengan Locke. Aku tahu pasti akan ada masalah. Aku menggosok wajah dengan tumit tangan yang kasar.

"Aku sudah bangun," kataku.

Masih mengenakan pakaian dari malam sebelumnya, aku menyapu debu pada jaketku dan berharap yang terbaik. Masuk ke kamar tidur, aku menyisir rambut ke belakang, mengikatnya dengan sepotong kulit dan menutupi kekacauan dengan topi beludru. Roach mengernyitkan kening padaku.

"Kau pucat. Yang Mulia tidak seharusnya berkeliaran dengan seorang seneschal yang terlihat seperti baru bangun tidur."

"Val Moren memiliki tusuk di rambutnya selama satu dekade terakhir," aku mengingatkannya, mengambil beberapa daun mint yang sudah sedikit kering dari lemari obatku dan mengunyahnya untuk menyegarkan napasku.

Seneschal Raja Tinggi sebelumnya adalah manusia, sepertiku, gemar akan ramalan yang agak tidak dapat diandalkan, dan dianggap gila oleh banyak orang. "Mungkin itu tusuk yang sama."

Roach menggerutu. "Val Moren adalah seorang penyair. Aturan berbeda untuk para penyair." Mengabaikannya, aku mengikuti Ghost ke lorong rahasia yang menuju ke pusat istana, hanya berhenti sejenak untuk memastikan bahwa pisau-pisauku masih tersembunyi di dalam lipatan pakaian.

Langkah kaki Ghost begitu sunyi sehingga ketika cahaya tidak cukup bagi mata manusiaku untuk melihat, aku seakan-akan benar-benar sendirian. Roach tidak mengikuti kami. Dia pergi ke arah yang berlawanan dengan menggeram.

"Kemana kita pergi?" tanyaku kepada kegelapan.

"Ke kamar tidurnya," kata Ghost saat kami keluar ke lorong, tangga di bawah tempat Cardan tidur. "Ada semacam keributan."

Sulit bagiku membayangkan masalah apa yang Raja Tinggi alami di kamarnya sendiri, tetapi tidak butuh waktu lama untuk menemukan jawabannya. Ketika kami tiba, aku melihat Cardan beristirahat di tengah puing-puing perabotannya. Tirai terlepas dari tiangnya, bingkai lukisan retak, kanvasnya terinjak-injak, perabot rusak. Api kecil membara di pojokan, dan semuanya tercium asap dan tumpahan anggur.

Dia pun tidak sendirian. Di sofa dekatnya ada Locke dan dua peri cantik—seorang laki-laki dan seorang perempuan—satu dengan tanduk domba, yang lain dengan telinga panjang yang berujung runcing seperti burung hantu. Mereka semua dalam keadaan setengah telanjang dan mabuk..

Pelayan-pelayan gemetar di lorong, ragu apakah mereka harus berani menghadapi amarah raja dan membersihkan kekacauan. Bahkan penjaga-penjaganya terlihat terintimidasi. Mereka berdiri canggung di lorong di luar pintu-pintu besar miliknya—salah satunya hampir lepas dari engsel—siap melindungi Raja Tinggi dari ancaman apa pun selain dirinya sendiri.

"Carda—" aku mengingat diriku sendiri dan menundukkan badan. "Yang Mulia."

Dia berbalik dan, sejenak, tampak seolah-olah melihat ke arahku, seolah-olah dia tidak tahu siapa diriku. Mulutnya tercoret emas, dan pupilnya membesar karena mabuk. Kemudian bibirnya melengkung dalam senyum sinis yang akrab. "Kau."

The Wicked King #2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang