Chapter 26

13 3 0
                                    



Saat aku hendak meninggalkan Hollow Hall, aku tiba-tiba diserang oleh gelombang kelelahan. Aku duduk di tangga, pusing, dan menunggu hingga perasaan itu berlalu. Sebuah rencana tumbuh dalam pikiranku, rencana yang membutuhkan perlindungan gelap dan aku yang cukup istirahat serta cukup persiapan.

Aku bisa pergi ke rumah Taryn, tetapi Locke akan ada di sana, dan dia pernah mencoba membunuhku satu kali.

Aku bisa kembali ke rumah Madoc, tetapi jika aku melakukannya, kemungkinan pelayan-pelayan telah diinstruksikan untuk menggulungku dalam selimut bulu dan menjaga aku dalam penahanan yang empuk hingga Cardan tidak lagi berada di bawah komandoku, melainkan bersumpah untuk taat kepada Jenderal Agungnya.

Mengerikan, aku bertanya-tanya apakah hal terbaik yang harus dilakukan adalah tetap di sini. Tidak ada pelayan, tidak ada yang menggangguku kecuali Balekin, dan dia sedang sibuk. Aku ragu dia akan menyadari keberadaanku di rumah yang begitu besar dan bergaung ini.

Aku bermaksud untuk bersikap praktis, tetapi sangat sulit ketika itu berarti melawan naluri yang memberi tahu aku untuk lari sejauh dan secepat mungkin dari Balekin. Tapi aku sudah kelelahan.

Setelah beberapa kali menyelinap melalui Hollow Hall sebelumnya, aku tahu jalan ke dapur. Aku minum lebih banyak air dari pompa di dekatnya, merasa haus sekali. Kemudian, aku melangkah naik tangga ke tempat Cardan pernah tidur. Dindingnya kosong seperti yang aku ingat, tempat tidur setengah-tudung mendominasi ruangan dengan ukiran-ukiran gadis kucing menari dengan dada terbuka.

Dia memiliki buku dan kertas—kini telah hilang—tetapi lemari masih penuh dengan pakaian mewah yang ditinggalkan. Aku kira pakaian-pakaian itu tidak lagi cukup konyol untuk Raja Agung. Tetapi beberapa di antaranya hitam pekat, dan ada stoking yang akan mudah digunakan. Aku merangkak masuk ke tempat tidur Cardan, dan meskipun aku takut akan berguling-guling karena gugup, aku terkejut saat langsung terlelap dalam tidur yang dalam dan tanpa mimpi.

Setelah terbangun dalam cahaya bulan, aku pergi ke lemari dan mengenakan pakaian paling sederhana miliknya—jaket ganda beludru yang aku lepaskan mutiara dari kerah dan lengan, bersama dengan sepasang legging sederhana dan lembut.

Aku melanjutkan perjalanan, merasa lebih tegap. Ketika melewati dapur, aku tidak menemukan banyak makanan, tapi ada sepotong roti keras yang aku gigit-gigit saat berjalan dalam kegelapan.

Istana Elfhame adalah sebuah bukit besar dengan sebagian besar ruangan penting—termasuk ruang takhta yang besar—berada di bawah tanah. Di puncaknya ada sebatang pohon, akarnya merambat lebih dalam dari yang bisa dihasilkan oleh sesuatu selain sihir. Tepat di bawah pohon, ada beberapa ruangan yang memiliki jendela-jendela kristal tipis yang membiarkan cahaya masuk. Mereka adalah ruangan-ruangan yang tidak lagi populer, seperti ruangan tempat Cardan pernah membakar lantai dan tempat Nicasia muncul dari lemari pakaian untuk menembaknya.

Ruangan itu sekarang tersegel, pintu-pintu ganda tertutup dan terkunci rapat sehingga akses ke ruang kerajaan tidak dapat dijangkau. Tidak mungkin masuk dari dalam istana.

Tapi aku akan mendaki bukit itu.

Dengan diam-diam, aku mulai bergerak, menusukkan dua pisau ke tanah, menarik diri ke atas, menjepit kaki di batu dan akar, dan melakukannya lagi. Aku semakin tinggi. Aku melihat kelelawar berputar di atas kepala dan membeku, berharap mereka bukan mata-mata siapa pun. Seekor burung hantu bersuara dari pohon di dekatnya, dan aku menyadari betapa banyak hal yang bisa mengamatiku. Yang bisa aku lakukan hanya bergerak lebih cepat. Aku hampir sampai ke jendela pertama ketika rasa letih melanda.

Aku menggigit bibirku dan mencoba mengabaikan guncangan di tangan, ketidakstabilan langkahku. Aku bernafas terlalu cepat, dan yang aku inginkan hanyalah istirahat sejenak. Aku yakin, meskipun begitu, bahwa jika aku berhenti, otot-ototku akan kaku, dan aku tidak akan bisa mulai lagi. Aku terus maju, meski seluruh tubuhku sakit.

The Wicked King #2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang