Chapter 27

15 3 0
                                    


Membawa keluar salah satu gaunku dari kamarku sendiri akan menjadi hal kecil, tapi aku tidak ingin Balekin curiga aku telah masuk ke dalam istana. Sebagai gantinya, aku pergi ke Pasar Mandragora di ujung Insmoor untuk mencari sesuatu yang cocok untuk pesta topeng.

Aku sudah dua kali ke Pasar Mandragora sebelumnya, keduanya waktu yang lalu dan mendampingi Madoc. Itu persis seperti tempat yang diingatkan Oriana kepada Taryn dan aku—penuh dengan Bangsa yang sangat ingin melakukan tawar-menawar. Pasar ini hanya buka di pagi yang berkabut, ketika sebagian besar Elfhame sedang tidur, tapi jika aku tidak bisa mendapatkan gaun dan topeng di sana, aku harus mencuri dari lemari baju salah seorang penghuni istana.

Aku berjalan melewati kios-kios, sedikit mual dengan bau tiram yang diasap di atas tumpukan rumput laut, bau itu dengan tegas mengingatkanku akan Laut Dalam. Aku melewati nampan-nampan hewan dari gula berputar, cangkir-cangkir kecil berisi anggur, patung-patung besar dari tanduk, dan kios tempat seorang wanita bungkuk mengambil sikat dan menggambar mantra di telapak sepatu. Setelah sedikit mengembara, akhirnya aku menemukan kumpulan topeng kulit yang diukir. Mereka ditusukkan ke dinding dan dibentuk dengan cerdik seperti wajah binatang aneh atau goblin tertawa atau manusia kasar, dicat dengan emas, hijau, dan setiap warna yang dapat dibayangkan.

Aku menemukan satu topeng yang berbentuk wajah manusia, tanpa senyuman. "Yang ini," kataku kepada pemilik toko, seorang wanita tinggi dengan punggung cekung. Dia memberi senyuman gemerlapan. "Seneschal," katanya, mengenali diriku. "Biarkan ini menjadi hadiahku untukmu."

"Itu sangat baik," kataku, agak putus asa. Semua hadiah memiliki harga, dan aku sudah kesulitan membayar hutang-hutangku. "Tapi aku lebih suka—"

Dia mengedipkan mata. "Dan ketika Raja Agung memuji topengmu, biarkan aku membuatkan satu untuknya." Aku mengangguk, lega bahwa yang dia inginkan adalah hal yang jelas. Wanita itu mengambil topeng dari tanganku, meletakkannya di atas meja, dan mengeluarkan pot cat dari bawah sebuah meja. "Biarkan aku membuat sedikit perubahan."

"Apa maksudmu?"

Dia mengeluarkan sebuah sikat. "Agar dia terlihat lebih seperti dirimu." Dan dengan beberapa sapuan sikat, topeng itu memang menyerupai wajahku. Aku menatapnya dan melihat Taryn.

"Aku akan mengingat kebaikanmu," kataku saat dia mengemasnya.

Lalu aku pergi dan mencari kain yang berkibar sebagai tanda toko gaun. Aku malah menemukan seorang pembuat renda dan sedikit tersesat di antara labirin pembuat ramuan dan peramal nasib. Saat aku mencoba mencari jalan kembali, aku melewati sebuah kios yang ditempati oleh api kecil. Seorang perempuan tua duduk di sebuah bangku kecil di depannya.

Dia mengaduk-aduk panci, dan dari dalamnya tercium aroma sayuran yang direbus. Ketika dia melirik ke arahku, aku mengenali dia sebagai Ibu Marrow.

"Ayo duduk di dekat apiku?" katanya.

Aku ragu. Tidak baik menjadi tidak sopan di Faerie, di mana hukum tertinggi adalah kesopanan, tapi aku terburu-buru. "Aku khawatir bahwa aku—"

"Minumlah sopanya," katanya, mengambil sebuah mangkuk dan mendorongnya ke arahku. "Ini hanya yang paling sehat."

"Lalu mengapa kau menawarkannya padaku?" tanyaku.

Dia tertawa dengan senang. "Jika kau tidak mengorbankan impian putriku, aku mungkin akan menyukaimu. Duduklah. Makanlah. Ceritakan padaku, apa yang kau cari di Pasar Mandragora?"

"Gaun," kataku, bergerak mendekati api. Aku mengambil mangkuk yang berisi cairan cokelat muda yang tidak menggugah selera. "Mungkin kau bisa mempertimbangkan bahwa putriku mungkin tidak menyukai adanya seorang putri dari lautan sebagai saingannya. Setidaknya aku telah melindunginya dari itu."

The Wicked King #2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang