❝ Happy Reading ❞
Setelah Irkham ngepost foto kita, lebih tepatnya foto dia yang ada guenya tapi guenya diblur. Apakah yang terjadi? pake nanya ya langsung viral sejagat sosmed.
Seheboh itu emang. Irkham ini emang seleb atau gimana sih. Padahal nih anak jarang aktif sosmed. Instagramnya aja gak pake foto profil kek akun mati. Tapi sekalinya bikin postingan langsung viral.
Kekuatan anak pintar dan ganteng itu emang nyata ya.
Tapi ya gue seneng, secara gak langsung Irkham emang ngakuin kalo gue pacarnya. Ya meski kudu diblur segala, tapi gapapa. Gue seneng dan ngerasa dihargai sebagai pacar.
Andai gue cewe pasti gak perlu sembunyi-sembunyi kayak gini. Tapi gue gak mau jadi cewe juga. Ntar kan berdarah tuh tiap bulan sedangkan gue gak bisaan banget sama darah.
Nonton film yang ada darahnya aja auto mual tiga hari. Gimana jadi cewe seumur hidup.
"Akun instagram lu apa?" celetuk Irkham yang ngebuyarin haluan gue.
"Kenapa? lu mau follow gue?"
"Liat doang."
"Dih kalo cuma ngeliat doang buat apa."
"Yaudah mana?"
Gue ngambil hpnya Irkham, buset notif bejibun kagak dibalesin sama Irkham. Tapi gue gak mau bacain, kan gak sopan. Gue ketik username instagram gue. Dan ngasih balik ke hpnya.
Irkham ngambil hpnya dan gak tau apa yang dia perbuat. Gue bodo amat dah, ngemut permen lebih menarik. Sambil mikir apa yang bakal terjadi kalo gue kembali ke kelas ntar.
"Alay." komentar Irkham sambil ngeliatin postingan gue.
"Biarin daripada akun lu kek akun mati yang udah bersarang."
"Iya nanti ngepost foto lu biar ngga kayak akun mati."
"Dih."
Gue ngerasa salting cuma digituin. Kadar kesaltingan gue rendah banget dah. Padahal gue yakin gak bakal diposting juga. Orang gila mana yang ngepost cowonya dengan dirinya sendiri juga cowo.
Irkham berdiri dan ngasih hp gue. Gue ngedongak sambil natap dia bingung.
"Gue mau ke ruang belajar. Ikut?" Irkham nawarin gue.
"Ga ah bisa berasap kepala gue."
"Tinggal disiram air."
"Gak gitu njing! dah sono pergi. Biar gak ketahuan fans lu."
"Ngusir?"
"Nggaaa Irkham..." geram gue.
Irkham gak ngebales apa-apa, cuma diem ngeliatin gue. Terus tangannya ngelus rambut gue beberapa detik.
"Gue gak ada disamping lu. Jadi hubungi gue kalo ada apa-apa. Gue pergi dulu." kata Irkham yang udah ninggalin tamannya.
Bangsat.
Gue memaki diri gue karena gue gak bisa nahan senyum kek orang gila gini. Irkham punya cara sendiri yang biasa aja tapi bermakna bagi gue. Tau gitu udah gue pacarin dari awal aja.
Balik ke kelas dengan berseri-seri sebelum gue dapet kabar kalo bakal ada razia rambut. Baru aja masuk kelas dah dapet info kalo bakal ada razia rambut. Apa gak langsung ngumpat.
Bukan apa-apa, cuma ini rambut gue udah panjang dah nutupin sebagian mata gue. Gak gue potong karena gue demen sama model rambut gue yang ini.
"Apes banget puki." umpat gue sambil ngebasahin rambut gue diwastafel depan kelas. Gak ada yang bawa pomade jadi cuma cara ini aja yang bisa gue lakuin. Biar kagak begitu keliatan lah panjangnya rambut gue.
"Lu pada jangan cepu ya." peringat gue ke anak-anak cewe yang lagi duduk-duduk didepan kelas.
"Dih, makanya potong rambut kayak Irkham gitu loh. Rapi gak kayak sarang burung begitu." celetuk cewe yang namanya Frida.
Irkham mulu, iya sih dia panutan. Tapi yakali gue potong begitu. Gak style gue banget meski gue akui Irkham ganteng banget dengan potongan rambut kayak gitu.
"Itu ngapain dibasahin kayak gitu!" suara dari belakang gue ngebuat gue kaget setengah mampus. Pak Hari, guru olahraga juga sekaligus ketertiban disekolah udah jalan ke arah gue.
Buru-buru dah gue rapiin rambut supaya gak begitu keliatan. Meski gue gak tau bentukan rambut gue kayak gimana. Tapi gue berharap kagak di potong.
"Itu pak saya habis cuci muka. Hari ini panas banget." elak gue sambil senyum lebar.
"Cuci muka tapi yang basah rambutnya. Mau ngehindari saya?"
"Eh... ngga kok pak."
"Coba sini nunduk." Pak Hari udah nyentuh rambut gue.
"Rambut saya pendek kok pak. Seminggu yang lalu udah saya potong. " gue berusaha ngehindar sambil mundur. Tapi rambut gue ditarik paksa sama Pak Hari. Dan itu sakit banget. Gue sampe mau teriak.
"Kalo udah dipotong, yaudah sini saya lihat. Gak usah ngehindar!" bentak Pak Hari.
Gue udah panik banget dan ngerasa jambakan pak Hari makin kuat. Gue ngeringis karena beneran sakit banget. Tapi gue gak bisa apa-apa. Makin ngeberontak juga makin kenceng jambakannya.
"Saya paling gak suka murid yang suka berbohong. Lihat?" Pak Hari udah mulai ngegunting rambut gue, jelas dengan asal-asalan. Pak Hari ngegenggam potongan rambut gue terus di lempar ke kaki gue.
"Ini yang katanya gak panjang? mata kamu bisa ngeliat kan? bisa baca peraturan juga kan? TERUS KENAPA GAK DITAATI." sambil ngebentak pak Hari masih terus motong rambut gue. Entah jadi kayak apa rambut gue nantinya.
Pasrah, iyalah. Mau gimana lagi. Nangis juga yang ada makin malu-maluin diri gue.
"Udah pak..." kata gue pelan karena gue ngeliat makin banyak rambut yang jatuh ke kaki gue.
"Saya botakin sekalian."
"Jangan pak... jangan..." buset mau dibotakin ya malulah.
"Biarin, ini konsekuensi kamu. Tiap upacara udah saya kasih tau. Rambut harus pendek. Gak denger kuping kamu ini." Pak Hari malah ngejewer kuping gue.
"Aduh-aduh.. sakit pak.." eluh gue sambil ngelepasin tangan pak Hari dari telinga gue.
"Pasal 77 huruf a UU perlindungan anak." ada suara yang amat gue kenal. Suara itu dibelakang gue. Karena sedari tadi gue cuma nunduk.
"Setiap orang yang dengan sengaja melakukan tindakan diskriminasi terhadap anak yang mengakibatkan anak mengalami kerugian, baik materiil maupun moril sehingga menghambat fungsi sosialnya dipidana dengan penjara paling lama 5 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 100 juta." itu Irkham yang bersuara sambil ngelepasin tangan pak Hari yang tadi ngejewer kuping gue.
"Belum jelas Pak?" tanya Irkham sambil itu anak narik badan gue supaya, sembunyi dibalik badannya.
"Ini namanya peraturan Irkham. Dari dulu peraturan ini udah dibuat disekolah ini. Siapapun yang ngelanggar jelas harus dapat konsekuensinya."
"Memangnya gaya rambut memengaruhi proses pembelajaran pak? bisa tolong jelaskan alasannya?"
"Kamu jangan ngebelain temenmu. Saya ngelakuin ini supaya dia disiplin dengan peraturan."
"Dia bukan temen saya, tapi sudah sepatutnya saya bertindak. Karena razia rambut itu bukan bagian dari kedisiplinan. Dan juga bapak dengan sengaja menjewer murid didik bapak. Itu sudah masuk ke dalam rana diskriminasi." Irkham udah keliatan makin emosi, jadi gue pegang lengan dia supaya mundur aja. Karena lawan dia itu pak Hari.
"Kamu kenal saya kan? ini cara saya dalam mendisiplinkan murid. Saya lebih tau daripada kamu!" Pak Hari udah mulai emosi juga.
"Diskriminasi berkedok razia, kalo dilaporin malah ngebela diri dengan embel-embel disiplin. Hm.. Klasik."
Irkham narik tangan gue terus dia bawa pergi dari hadapan banyak orang. Gue juga baru nyadar kalo diliatin banyak orang.
"KURANG AJAR YA KAMU IRKHAM. BAWA ORTU KAMU KESINI BESOK!"
tbc...
✎ nv 20/08/24
KAMU SEDANG MEMBACA
Backstreet ✔️
Teen Fiction⚠️ BL Gimana sih rasanya pacaran tapi harus sembunyi-sembunyi? Tanya aja sama Ega Effendito yang harus pacaran sama kebanggaan sekolah, yang prestasinya dimana-mana, banyak fans pula. Pastinya nyiksa batin, pikiran dan raga Ega. Tapi bisa gak dia t...