❝ Happy Reading ❞
Irkham masih ngebawa gue ngejauh dari gerombolan tadi. Ya tentu aja gue gak tau mau dibawa kemana. Gue juga cuma bisa nunduk. Karena malu.
Entah malu karena kelakuan gue tadi atau malu karena bentukan rambut gue sekarang kayak gimana. Sebenarnya gue gak suka banget sama peraturan kayak gini .
Jujur gue bukan murid pembangkang atau gimana. Gue selalu rajin, gak pernah buat onar cuma minusnya gue gak pinter dalam hal pelajaran.
Peraturan ini ngerugiin banyak pihak. Apalagi Irkham yang terang-terangan ngebela gue. Gue takut aja kalo Irkham kena masalah. Apalagi dia harus panggilan orang tua.
Irkham belokin arah ke ruang belajar yang ada di pojok. Kita berdua masuk ke ruangan itu dan ternyata gak orang sama sekali. Baguslah gue gak harus nahan malu lagi.
Gue duduk diatas meja sambil ngeraba-raba rambut gue. Dari teksturnya aja udah kerasa banget kalo ini gak rapi. Gue cuma bisa ngehela napas panjang.
"Nanti pulang sekolah kita ke barbershop." kata Irkham yang lagi berdiri didepan gue.
"Gak perlu Kham, nanti gue minta pak Bas rapiin aja."
"Perlu. Itu berantakan." Irkham ngedeket dan ngeliat rambut gue.
"Yang lu perluin sekarang ada alasan buat ngomong ke ortu lu. Kan lu panggilan ortu. Gak mungkin dong seorang Irkham yang berprestasi harus panggilan orang tua ke BK. Pasti aneh bagi orang tua lu."
Irkham gak ngejawab, dia malah sibuk benerin tatanan rambut gue. Agak deg-degan sih karena jarak kita deketan.
Gue juga ngeliat jakun sama bibirnya Irkham, sampe nelen ludah dan milih buat nunduk. Makin diliat makin gak karuan.
"Gue minta maaf belum bisa ngelindungin lu." ujar Irkham.
"Ngelindungin dari apaan?"
"Semua yang bikin lu kecewa."
"Gue gak kecewa kok. Toh gue ngerti sama nih peraturan sekolah. Agak nyesek aja sih. Tapi dikit banget kok nyeseknya." gue berusaha nenangin Irkham supaya gak ngerasa bersalah.
Padahal dengan jelas gue yang salah. Tapi kenapa ini anak yang malah minta maaf.
"Panggilan kepada Irkham Irawan segera ke BK. Sekali lagi Irkham Irawan segera ke BK menemui pak Hari. Terimakasih."
Deg.
Dada gue tiba-tiba kayak di tumbuk pake sapi lima ton. Beneran dah. Karena gue yakin banget Irkham itu gak pernah nyentuh BK, bahkan gue juga yakin nama dia gak pernah ada di buku BK itu.
Gue ngedongak supaya bisa dengan jelas natap wajah Irkham. Anaknya juga lagi ngeliat gue. Pengen nangis rasanya, ya karena Irkham ngebelain gue tapi dia juga harus kena masalah itu.
"Terus gimana Kham?" gue tiba-tiba jadi panik sendiri.
"Gimana apanya?"
"Itu lu dipanggil ke BK anjir."
"Ya terus?" dengan santainya Irkham malah ngejawab kayak gitu.
"Lu gak takut apa? pak Hari pasti marahin lu abis-abisan. Secara tadi lu berani banget ngomong gitu ke pak Hari."
"Ngapain takut, gue gak salah kan? sekarang gue tanya."
Irkham ngukung gue dengan kedua tangannya diletakin dimeja sambil agak condong kearah gue. Reflek gue agak mundur, jarak muka kita bener-bener deket.
"Apa salah ngebela pacar gue sendiri?"
"Em..." gue gak bisa jawab karena saking deg-degannya.
"Gue beneran gak peduli mau itu guru yang umurnya lebih daripada gue. Kalo mereka nyakitin atau nyentuh lu, gue gak bakal segan buat lawan." kata Irkham serius dan agak tinggi nadanya.
Serem banget kalo Irkham begini. Sumpah gue sampe nahan napas, ya karena ini Irkham ngomong pas banget didepan muka gue. Belum lagi muka dia yang serius banget.
"Lu itu tanggungjawab gue. Lagian siapa yang bikin peraturan tolol kayak gitu! goblok yang bikin!" Irkham narik diri ngejauh gue.
Anjirlah, gue sampe tremor denger Irkham ngucap kata-kata kayak gitu. Gak nyangka aja dia bisa marah semarah itu sampe keluar itu kata-kata keramat.
"Udah... Kham gue gapapa kok, lagian cuma rambut nanti juga bisa tumbuh kan?" meski agak bergetar gue ngomong ini, tapi gue kudu bisa dinginin hati Irkham.
"Dia juga udah nyakitin elu. Gak ngerasa kah lu?" Irkham balik natap gue pake mata yang menyala.
"Mungkin itu refleks..." lontar gue pelan.
"Sialan. Gue bakal izinin lu ke guru yang bakal ngajar di kelas lu. Jadi lu tunggu disini, jangan kemana-mana. Ngerti kan lu?" perintah Irkham ngegas.
"Lah? gue gak boleh balik ke kelas? ya bosen lah disini gak ada siapa-siapa."
Irkham tiba-tiba ngelemparin hp nya, untungnya gue dengan sigap langsung nangkep. Kalo kagak, dah remuk tuh hp. Mana ini hp mahal. Bisa-bisanya tuh anak main lempar aja.
"Passwordnya tanggal lahir lu. Gue bakal balik ke sini. Jadi tunggu gue disini." Irkham langsung lari keluar dari ruang belajar.
Bentar. Gue masih ngeleg dikit. Irkham bilang apa barusan. Passwordnya tanggal lahir gue. Ada aja gebrakannya ya. Gue bingung mau seneng atau marah atau tantrum.
Semua hal yang terjadi hari ini, terjadinya secara dadakan. Sampe gue bingung mau ngerasain apa dulu. Semua terjadi ketika Irkham bareng sama gue. Gue gak nyalahin Irkham justru karena Irkham gue bisa paham situasi baru.
Dan bener aja, pas gue buka hpnya pake password tanggal lahir gue. Ke buka tuh kuncinya. Gue mendadak salting sambil senyum-senyum sendiri. Untungnya gue lagi sendiri.
Tapi gue narik lagi senyuman gue karena keinget Irkham harus panggilan orang tua. Sedangkan gue tau Bundanya Irkham itu agak galak. Takutnya gue juga dimaki-maki, tapi gapapalah ini juga salah gue.
Gue nunduk sambil megang hpnya Irkham. Ngeliat wallpaper layar beranda hpnya. Foto Irkham bareng kedua orang tuanya, Irkham megang mendali sambil dikedua sisinya ada ayah sama bundanya.
Pantes ya Irkham ganteng dan pinter. Keliatan banget dari kedua orang tuanya yang cantik juga ganteng. Gue lama banget ngeliat itu wallpaper sampe satu notif narik perhatian gue.
Bunda
Bunda dapet kabar dari walas kamu, kamu dapet surat panggilan orang tua? udah bosen jadi anak baik-baik? makanya buat ulah? bunda gak mau dateng ya, bunda malu. Suruh ayahmu aja.
Ini bener bundanya ngetik kayak gini ke anaknya sendiri?
tbc...
✎ nv 23/08/24
KAMU SEDANG MEMBACA
Backstreet ✔️
Teen Fiction⚠️ BL Gimana sih rasanya pacaran tapi harus sembunyi-sembunyi? Tanya aja sama Ega Effendito yang harus pacaran sama kebanggaan sekolah, yang prestasinya dimana-mana, banyak fans pula. Pastinya nyiksa batin, pikiran dan raga Ega. Tapi bisa gak dia t...