HAEVAN | 13

185 27 1
                                    

Begitu kami kembali, Jared menghilang. Leo dan Cassian juga tidak ditemukan.

Jadi aku hanya mengelilingi rumah mewah ini. Aku tidak tahu ke mana aku akan pergi, tetapi setiap lorong dan ruangan ini, terlihat indah dari sebelumnya. Sangat jelas bahwa tempat ini telah diwariskan turun-temurun, tetapi terawat dengan sangat baik.

Aku berhenti di salah satu lorong yang dipenuhi dengan lukisan dan berniat untuk melihat lukisan-lukisan itu. Semuanya adalah potret dan tampaknya disusun secara kronologis. Aku mulai dengan lukisan yang terlihat baru.

Jared yang lebih muda duduk tegak dengan rahang yang mengeras. Ia masih tampak seperti anak kecil. Ia mengenakan jenis jas yang sama seperti yang dikenakannya hingga hari ini, tetapi tidak memiliki tato apa pun. Kepalanya tegak dengan penuh wibawa.

Di sampingnya ada potret keluarga. Seorang pria jangkung yang mirip Jared berdiri di samping seorang wanita cantik. Pria yang mungkin adalah ayah Jared adalah satu-satunya yang tidak tersenyum. Wanita itu menggendong bayi di lengannya yang dibungkus selimut biru. Dua remaja laki-laki berdiri di kedua sisi orang tua mereka. Jared yang bermata hitam berdiri di samping ayah mereka dan Marco yang bermata cokelat berdiri di samping ibu mereka.

Potret di depan itu adalah sosok yang kukira adalah ayah Jared. Mereka sangat mirip, terutama setelah kejadian hari ini. Pria itu tampak seperti tidak pernah tersenyum seumur hidupnya.

"Apa yang kau lakukan?" Suara Marco mengejutkanku.

"Aku hanya melihat-lihat," kataku padanya. Ia melangkah mendekat hingga berada di sampingku. Namun, ia tidak mendekat lagi, malah menatap potret keluarga itu.

"Aku ingat saat kami berpose untuk itu," katanya, "Cassian mungkin baru berusia beberapa bulan. Jared baru saja memulai pelatihannya untuk menggantikan ayah kami. Aku yang meminta lukisan ini dibuat." 

"Kenapa?"

"Aku tidak yakin. Tapi aku senang aku melakukannya," jawabnya dengan pandangan menerawang jauh, "hanya itu yang bisa kulakukan."

"Maafkan aku," kataku.

Kehilangan orang tua terasa menyakitkan dengan cara yang berbeda, terutama jika mereka meninggal saat kamu masih muda. Aku masih kecil saat ibu ku meninggal. Rasanya seluruh tubuh ku terbuat dari batu bata. Otot ku. Tulang ku. Jantung ku.

Kita selalu berharap orangtua hadir di saat-saat penting. Wisuda, ulang tahun, pernikahan, kelahiran anak kita sendiri. Namun, saat orangtua direnggut dari kita saat kita masih kecil, semua itu hilang begitu saja.

Tidak ada ayah yang akan menuntunmu menuju altar. Tidak ada ibu yang akan membantumu melewati masa-masa sulit. Tidak ada kakek-nenek yang akan memanjakan anak-anakmu.

"Terima kasih," bisik Marco.

Dia menoleh padaku sambil tersenyum sedih, "Aku tahu kamu juga kehilangan ibumu. Aku turut berduka cita."

"Dia bahagia sekarang," kataku padanya dengan yakin.

"Kau orang yang sangat baik, Haevan," katanya. "Aku sudah bersikap jahat padamu, tetapi kau malah menunjukkan belas kasihan kepadaku."

"Tidak ada seorang pun yang pantas kehilangan orang yang dicintainya," jawabku.

Marco mengangguk setuju sebelum mengembalikan pandangannya ke lukisan itu. 

"Aku minta maaf atas perlakuan ku terhadapmu," katanya, "jujur saja, aku pikir kau tidak akan bertahan lama dan aku tidak tahu apa arti kamu bagi saudara ku."

Aku tidak tahu harus berkata apa tentang itu, jadi aku menatap kembali lukisan itu. Rasanya seperti berabad-abad, tetapi mungkin hanya dua menit, berlalu sebelum aku pergi.

Aku terus menjelajah hingga menemukan pintu yang anehnya familiar. Apakah dia benar-benar mengimpor pintu dari Italia agar cocok dengan pintu di New York? Kecurigaan aku sebagian besar dikonfirmasi oleh suara-suara marah di belakang pintu. Aku mencondongkan tubuh lebih dekat untuk mencoba mendengar suara-suara itu dengan lebih baik.

"Aku sudah mengonfirmasi bahwa itu dia," kata Leo.

"Aku ingin dia dan ayahnya ada di ruang bawah tanah sekarang," gerutu Jared, "kita akan kembali setelah pembaptisan."

"Apakah kau ingin melakukan serangan balik sebelum kita kembali?" tanya Leo.

"Tidak. Aku ingin melihat mereka terbakar," jawab Jared.

"Rumah-rumah aman sudah tersedia," kata Cassian.

"Dan senyawanya hampir seluruhnya tetap," tambah Leo.

"Sampai saatnya tiba, kau harus tinggal bersamanya," tuntut Luca.

"Tidakkah menurutmu kau bertindak sedikit berlebihan?" tanya Cassian, "Leo salah satu anak buah terbaikmu dan kau akan menugaskannya untuk menjaga orang lain?"

"Jangan tanya aku," geram Jared.

"Lihat, aku hanya berpikir ada pria lain yang bisa menjaganya," kata Cassian.  

"Siapa yang akan kau tugaskan untuk menjaga Maria dan bayinya?" tanya Jared, suaranya kembali tenang dan menakutkan.

"Itu berbeda," Cassian menegaskan.

"Tidak," bantah Jared.

Aku menjauh dari pintu dan mengembuskan napas gemetar yang tidak kusadari telah kutahan. Jared tidak main-main sebelumnya.

Kita sedang diserang. 



********

BERSAMBUNG...

[ Bagaimana menurut kalian? Apakah bagus? ]

[ Jangan lupa vote & komen ya. See you on the next part. ]

HIS BEAUTIFUL ANGELTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang