Chapter 26

14.9K 1.8K 286
                                    

Happy Reading


"Maksudnya?"

Denger pernyataan Irgam barusan gue semakin dibuat bingung. Kembaran tapi udah gak jadi kembaran. Apalah nih anak. Kalo kembar kenapa dia gak mirip plek ketiplek sama Irkham.

"Dengerin ya."

Irgam ngerubah duduknya jadi agak condong ke depan, tatapan yang serius. Jauh dari raut muka sebelumnya. Gue mendadak grogi ditatap kayak gitu.

"Gue kembar sama Irkham, tapi kembar gak identik. Makanya lu pasti bingung ngeliat wajah gue beda sama Irkham." mulainya.

Gue ngangguk sebagai jawaban, karena semakin gue pandangin wajahnya Irgam semakin jauh pula sama wajahnya Irkham.

"Irkham sama gue bisa dibilang orang yang beda. Meski kita kembar, tapi gak ada satupun sifat kita yang mirip. Banyak yang bilang bertolak belakang."

"Irkham pinter gue bodoh, Irkham rajin gue males, Irkham disayang gue ngga."

"Maksudnya disayang?" tanya gue.

"Irkham pinter makanya disayang banyak orang kan? termasuk orang tua gue sendiri. Sejak kecil Irkham selalu diprioritaskan sama ayah dan bunda. Dia mau apapun bakal dituruti sama mereka."

"Gue akui gue emang nakal dari kecil. Tapi gue gak haus perhatian kayak Irkham. Dia selalu dimanja, dibeliin ini itu, gue yakin Irkham minta seisi dunia juga bakal dikasih sama ortu gue."  sambungnya.

Dari sini gue udah bisa ngambil kesimpulan. Kalo dua anak kembar ini emang beda. Beda dari segi sifat dan perilaku.

"Gue sejak SD suka main gak tau waktu, pulang selalu hampir tengah malam. Sampe rumah gue selalu dimarahin abis-abisan sama ayah dan bunda. Tapi gue gak pernah dicari. Sedangkan anak kesayangannya, jangankan pulang malem, kesorean dikit aja udah paniknya luar biasa."

"Gue saat itu gak pernah ada rasa iri. Gue selalu sempetin main sama Irkham kalo dia minta temenin. Berhubung gue sama Irkham ditinggal ayah bunda kerja, gue yang sering nemenin dia. Tapi waktu ayah bunda pulang, dia seakan-akan lupa sama keberadaan gue."

"Masuk ke SMP. Itu lah awal dari semuanya."

Irgam natap mata gue. Sorot mata yang bisa dibilang menyimpan dendam dan amarah. Gue sampe nelen ludah saking gugupnya ditatap kayak gitu.

"SMP kelas satu, sejak itu Irkham punya banyak temen. Karena dia punya kepribadian yang humble, sopan, suka banget nolong orang,  ngasih contekan juga dia jabanin. Pokoknya Irkham selalu dikelilingi sama orang baik."

"Lain hal sama gue, gue cenderung menyendiri. Punya temen yang justru ngebawa gue ke jalur sesat. Saat itu gue udah ngerokok, bolos buat ngewarnet, pokoknya gak peduli banget sama yang namanya sekolah. Masuk ke kelas cuma naruh tas dan langsung cabut."

"Disaat Irkham ikutan banyak lomba buat ngasah kepinterannya, gue malah minum-minum sama temen-temen gue."

Gue shock dengernya. Masih SMP udah berani begitu. Gue SMP aja masih minta anterin mama. Bener-bener nih Irgam.

"Sebenarnya gue minum miras itu gak bakal ketahuan siapapun, karena lokasi yang gue pilih itu emang terpencil banget. Rumah kosong yang gak bakal ada yang berani masuk. Tapi si bangsat itu-"

Mendadak Irgam mengepalkan tangannya, ngebuat urat-uratnya keliatan. Gue takut dia tiba-tiba nonjok muka gue, kan berabe.

"Tenang dulu, jangan emosi..." lirih gue agak takut.

"Si bangsat itu ngelapor ke ayah gue."

"Si bangsat?" tanya gue kebingungan.

"Pacar lu." geram Irgam.

"Eh?...."

"Iya bangsat. Dia lapor ke ayah gue karena waktu itu gue gak nyadar sama sekali kalo gue diikutin dia dari sekolah sampe ke rumah kosong itu."

"Gue gak pernah ngusik kehidupan dia anj. Kebahagiaan, kasih sayang, perhatian orang tua gue juga buat dia semua. Gue gak pernah iri, sama sekali gue gak pernah iri. Ultah dia dikasih hadiah motor sedangkan gue gak dikasih apa-apa, gue gak pernah dendam." marahnya.

"Tapi kenapa dia ikut campur sama kehidupan gue. Haus banget perhatian kayaknya. Gue dikeluarin dari sekolah aja dia dengan bangganya ngenalin gue sebagai kembarannya. Iya dia ngenalin gue sebagai kembarannya pas reputasi gue jelek didepan semua orang. Sialan."

"Asal lu tau, dia itu munafik. Entah apa yang bikin dia iriin sama gue. Gue? gue gak punya apa-apa aja diiriin anjir. Semenjak gue keluar dari sekolah, orang tua gue bener udah gak peduli sama gue. Yaudah sekalian gue keluar dari tuh rumah. Mungkin dengan gue keluar, Irkham bisa puas dan jauh lebih bahagia kan? kan ortunya udah jadi milik dia seorang, semua orang juga bakal muji dia. Yakan?"

"..." gue gak bisa komen apapun, selain speechless.

"Pas gue keluar dari rumah bukannya keadaan rumah makin baik. Bokap gue malah ketahuan pacaran sama cowo. Nah kan, makin rumit."

"Bunda sama ayah cerai, pisah rumah, sedangkan Irkham masih sama. Dia selalu nyoba ngehubungin gue buat minta ngomong ke ayah sama bunda biar balikan lagi. Jelas gue tolak, gue udah gak dianggap anak dari kecil, ngapain juga gue peduli?"

"Dan lu siap denger kenyataan baru lagi?" tanyanya ke gue.

"Eh.. iya apa?" gugup gue. Semua berlalu begitu cepat, ternyata Irkham aslinya kayak gitu.

"Dia pacaran sama lu itu cuma buat main-main. Dia cuma penasaran rasanya pacaran segender itu kayak gimana, karena dia pengen tau kenapa ayahnya milih sama cowo itu ketimbang sama bundanya. Bisa dibilang lu itu pelampiasannya. Pada kenyataannya Irkham gak pernah tertarik sama cowo. Dia udah punya pacar cewe dari sekolah lain."

Gue ngedongak, nafas gue rasanya kayak mau berhenti. Kenyataan apa ini, kenapa gue harus denger ini. Dada gue rasanya diremuk saat itu juga. Terus semua perhatian, effort yang selama ini Irkham kasih ke gue itu cuma palsu?

"Lu pasti bakal kaget dan lu pasti gak percaya sama yang gue omongin barusan. Gapapa, gue gak nyuruh lu percaya. Tapi Irkham yang lu kenal baik itu manusia terlicik sedunia. Punya ambisi supaya terlihat sempurna didepan semua orang, nyatanya dia bahkan menghalalkan segala cara buat dapat gelar yang seharusnya gak milik dia."

"Irkhan manusia seribu wajah. Makanya lu gampang ketipu sama tampang dia. Aslinya mah iblis."

"Terus liat lu sekarang? setelah rasa penasaran akan pacaran sejenis terpuaskan dan keinginan buat bikin ayah sama bunda rujuk gak berhasil, lu dikemanain selain dibuang?" ungkapnya menohok ke hati gue.

Sakit. Dada gue nyeri banget. Air mata udah gak bisa turun meski gue udah ngerasain nih mata mulai basah. Kalo cuma penasaran jangan pernah dateng ke gue. Dikira enak kali jadi gay, gue bahkan gak mau dikasih rasa ini asal lu tau Kham. Bangsatlah.

"Sorry gue baru bisa ngasih kejelasannya sekarang. Selama ini gue udah nahan, karena Irkham selalu ngancem gue, kalo gue kasih tau kebenerannya ke elu, gue bakal kehilangan sumber penghasilan gue."

"Lu kerja?" tanya gue yang makin lemes.

"Iya, mau gimana lagi, gue udah gak punya siapapun, bahkan orang tua gue aja ngebuang gue."

"Terus ini kenapa lu ngasih tau gue kebenerannya, gak takut kehilangan kerjaan lu?" tanya gue.

"Karena gue nyadar, kerjaan bisa dicari tapi kebohongan gak bisa gue biarin gitu aja. Gue gak tega ngeliat lu bertahan sama orang jahat kayak Irkham. Lu orang baik Ga, gue gak mau lu tersakiti." katanya pelan sambil natap gue khawatir.

"..."

tbc...

✎ nv 27/09/24

Backstreet ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang