SEDERHANA : Chapter 2 Persoalan Cinta (13)

3 3 0
                                    

Kok bisa ya orang cepat sekali berpindah hati!

Perihal hati mungkin setiap orang tidak semuanya sama, hati merupakan hal yang rumit dan sensitif. Setiap orang memiliki cara dan waktu yang berbeda untuk menyembuhkan luka hatinya. Ada yang bisa move on dengan cepat, ada yang membutuhkan waktu lama, dan ada yang sulit melupakan masa lalu yang menyakitkan atau membahagiakan.

Anak zaman sekarang menyebutnya dengan istilah "Trauma", Trauma masa lalu bagaikan bayangan yang menghantui. Jika kamu terus terusan terjebak dalam trauma dan kenangan, kamu tidak akan bisa menikmati hidupmu sekarang. Kamu harus belajar menerima kenyataan, melepaskan rasa sakit, dan membuka hatimu untuk hal-hal baru.

Inti dari ketidaksempurnaaan mengikhlaskan adalah kamu tidak menerimanya, kamu mencegahnya untuk keluar dari pikiranmu. Kamu tidak perlu menyiksa dirimu sendiri dengan menyesali apa yang sudah terjadi. Kamu tidak bisa mengubah takdir yang sudah Allah tentukan, meskipun kamu berpikir seandainya kamu melakukan ini atau itu. Itu semua sudah berlalu, jadi jangan simpan kesedihanmu sendirian, ceritakanlah pada orang-orang yang kamu percaya, seperti orang tua yang lebih banyak menggunakan waktu dibandingkan dirimu atau sahabat terdekat yang dipercaya. Dengan bercerita, kamu bisa merasa lebih lega dan ringan. Tidak ada yang salah dengan itu.

"Mengapa terus meratapi masa lalu yang tak mungkin bisa diubah? Air mata takkan menghapus luka, cerita yang terpendam takkan meringankan beban. Pahamilah....."

Ikhlaslah dengan apa yang sudah terjadi, terima kenyataan, doakanlah agar hatimu dan hati dia juga mendapatkan kedamaian dan kebahagiaan yang serupa. Percayalah, Allah tidak akan membiarkan hambanya terus-menerus terpuruk dalam kesedihan, justru dengan diberikannya ujian itu agar kamu tidak terlalu mudah bergantung dan berharap banyak dengan manusia.

Ketika hatimu sudah siap, terimalah orangorang yang benar-benar serius dan mencintaimu. Jangan gunakan hatimu untuk hal yang tidak perlu seperti dulu, jadikan pembelajaran untuk kedepannya. Pilihlah cinta yang tulus dan serius, rawatlah dengan kasih sayang, kesabaran, kepedulian dan kesetiaan.

Hidup ini penuh dengan keindahan, jangan biarkan luka masa lalu menghalangi kebahagiaan. Bangkitlah, melangkahlah maju, dan rajutkan kembali keindahan hati yang sempurna.

Aku Saat Ini : Tidak Boleh SempurnaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang