SEDERHANA : Chapter 4 Hidup Sempurna (Selesai)

4 2 0
                                    

Hemm berat badanku naik lagi

Aku merasa kecewa karena berat badanku naik satu kilo lagi bulan ini, padahal aku sudah menghindari makan malam. Apa sih yang bikin berat badanku susah turun? Aku jadi insecure mendengar komentar-komentar negatif tentang tubuhku dari orang-orang. Aku merasa kurang percaya diri, siapa sih yang tidak ingin punya tubuh yang ideal? Pasti semua orang menginginkannya.

Tapi ternyata banyak faktor yang bisa membuat berat badan kita tidak turun atau bahkan meningkat. Beberapa di antaranya adalah faktor stres, kebiasaan ngemil, pola makan yang berminyak, konsumsi minuman manis yang berlebihan, dan kurang bergerak atau malas.

Dari semua faktor itu, aku ingin membahas tentang malas. Malas itu sahabat setan, begitu kata pepatah. Kenapa aku memilih faktor malas? Karena malas adalah penghalang utama dari keseriusan kita dalam meraih sesuatu. Jika kita malas, kita tidak akan pernah bisa mencapai apa yang kita inginkan. Oleh karena itu, kita harus menghancurkan rasa malas ini.

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang membuatmu gagal menurunkan berat badan? Apa yang membuatmu bingung? Dan dari mana kamu harus memulai? Nah, aku punya satu tips yang bisa menjadi langkah awal untuk menghilangkan rasa malas dan sekaligus dapat menurunkan berat badan. Tapi, ini semua tergantung pada kamu, apakah kamu mau
mencobanya atau hanya membacanya saja. Ingat, pilihanmu hari ini akan menentukan hidupmu besok.

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan berpuasa. Puasa bukan hanya rukun Islam ke tiga yang wajib dilakukan oleh umat muslim, tapi juga cara untuk mengendalikan diri. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus dari subuh hingga maghrib, tapi juga menahan diri dari segala hal yang bisa membatalkan puasa, seperti berbuat dosa, marah-marah, atau mengikuti nafsu. Puasa juga mengajarkan kita untuk lebih
disiplin, sabar, dan taat dalam beribadah, karena di bulan ramadhan pahala kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Jadi, kita tidak diperkenankan malas atau bermalas-malasan saat berpuasa.

Puasa juga tidak hanya ada di bulan ramadhan. Ada banyak puasa sunnah yang bisa kita lakukan di luar bulan ramadhan, seperti puasa Senin Kamis. Puasa sunnah ini bisa menjadi latihan kita untuk menjaga kesehatan tubuh dan jiwa, serta meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Jadi, Kamu tidak perlu menunggu sampai bulan suci itu tiba untuk memulai ini semua.

Lalu, apa hubungannya puasa dengan menurunkan berat badan? Tentu saja ada, jika kita bisa menahan diri untuk tidak mengikuti hawa nafsu yang bisa membatalkan puasa, maka kita:
1. Sudah terbiasa menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menambah berat badan, seperti gorengan, kue, soda, dll.
2. Terlatih untuk menjadi lebih sabar, sabar dalam menjalani proses penurunan berat badan, dan tidak mudah menyerah atau putus asa.
3. Sudah terasah untuk tidak malas dengan menjadi lebih aktif, artinya kita tidak hanya diam saja menunggu keajaiban, tapi juga berusaha menciptakan keajaiban itu dengan berolahraga secara rutin.
4. Menjadi pribadi yang selalu berpikir positif, karena salah satu penyebab berat badan naik adalah stres yang berlarut-larut yang berasal dari pikiran negatif tentang diri sendiri.

Aku Saat Ini : Tidak Boleh SempurnaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang