One by one we turn our hands to guns... One by one they fall down...
One By One nya One Ok Rock akan selalu menjadi favorite gue diantara lagu-lagu lainnya. Jadi karena gue jarang dan hampir ga pernah ninggalin a/n di cerita, kali ini khusus di part ini gua mau bacot banyak tentang One Ok Rock.
Kalo lo ga suka dan ga ngerti siapa mereka dan kenapa gue mau ngomongin mereka disini, tetaplah duduk disitu nak. Jangan scroll ke next dulu dan meninggalkan gue ngebacot sendirian, karena gue akan menjelaskan betapa band ini sangatlah keren di mata gue dan hampir menyamai band-band besar lainnya seperti Sleeping With Sirens, Pierce The Veil, Issues, All Time Low dan bahkan 5 Seconds Of Summer.
One Ok Rock adalah band bukan rock, bukan hardcore apalagi post-hardcore sesuai yang sang vokalis katakan di banyak interview mereka yang lebih banyak diemnya dan malah pake body language.
Kenapa mereka gitu? Emang ga bisa ngomong apa? Diem mulu.
Bukannya ga bisa ngomong, tapi mereka ini berasal dari Jepang. Kita tahu kalo orang Jepang itu conservative. Kalian kalo ke Jepang pasti jarang banget nemuin tanda atau penunjuk jalan dalam bahasa Inggris (universal) karena semuanya pake huruf-huruf kanji, katakana dan hiragana aneh yang kita ga ngerti.
Kalo nonton film barat di bioskop Jepang biasanya juga gak ada subtitle, karena mereka akan mendubbing nya terlebih dulu sebelum ditayangkan. Gue ga bisa bayangin kalo besok The Death Cure keluar, Newt ngomong: "Please Tommy, Please!" pake bahasa Jepang. Huahahaha!
Dan secara umum orang Jepang itu gak bisa ngomong L. Sistem abjad mereka ga ada huruf L jadi otomatis bahasa Inggris mereka juga susah. Inilah yang disebut FURIGANA.
Suatu hari di festival budaya di Jogja, gue ketemu orang Jepang, kita ngobrol banyak. Untung dia udah bisa bahasa Indonesia. Dia bilang alasan kenapa orang Jepang gak bisa bahasa Inggris adalah karena:
Orang Jepang mempelajari bahasa Inggris dengan Furigana.
Maksudnya, Furigana adalah pengucapan kata-kata dari bahasa asing yang diterapkan atau ditulis ke dalam bahasa Jepang (misalnya ada huruf kanji diatasnya terdapat huruf berukuran kecil Hiragana, itulah Furigana dan dalam hal ini bahasa Inggris yang dijadikan ke dalam bahasa Jepang dengan Katakana sebagai alatnya).
Furigana kalo penerapannya ke dalam bahasa Inggris bakal jadi beda dengan arti dan ucapannya. Contohnya "Michael" dalam Furigana menjadi "Mihaeru".
Itu pertama ya! Dan sekarang kedua, kenapa mereka bukan masuk dalam kategori band-band yang gue sebutin tadi di atas. Karena, Taka sendiri bilang dalam sebuah interview kalo band mereka alirannya JAPANESE-EMO-ROCK.
Uniknya dari band ini adalah, kadang di lagu mereka separuh bahasa Jepang dan separuhnya lagi bahasa Inggris (nasionalisme nya mantab jiwa). Tapi kalo mau dengerin yang full Inggris download aja album yang deluxe. Kadang aneh sendiri kalo udah terbiasa dengerin versi Jepang-Inggris terus pindah ke full Inggris.
One Ok Rock sendiri juga memasukkan unsur scream dalam lagu-lagu mereka seperti band post-hardcore kebanyakan. Di One By One itu Taka juga unjuk gigi kemampuan scream nya yang walaupun ga sekuat Kellin Quinn, Vic Fuentes, Oliver Sykes, Austin Charlile dan vokalis band-band post-hardcore lainnya, soalnya scream nya Taka clean voice nya masih bener-bener kentara.
Semua member di band ini asli berasal dari Jepang. Dan FRONTMAN NYA ADALAH TORU YAMASHITA. So, don't you dare to think that Taka is the man of this band.
One Ok Rock sendiri diambil dari furigana One O'Clock dalam bahasa Inggris yang artinya pukul 1 tepat: 00:01 karena mereka dulu latihan pasti kelarnya jam 1 pagi.
Anggotanya dulu ada Alex sama Tomo juga, tapi mereka udah keluar. Dan Alex ini dulu gitaris, nemenin Toru-ku sayang. Huahahaha.
BAND INI ISINYA ORANG ANEH DAN GILA SEMUA KECUALI TORU. Mari gue jelasin kenapa:
1. Taka (vocal)
Dia itu usilnya minta ampun. Suka ngebully temennya. Tapi attractive banget kek Brendon Urie. Dan Taka jugalah selama ini yang selalu menjadi sosok SPEAKER dari band. Karena yang lain bahasa Inggrisnya ancur. Cuma Taka doang yang pinter ngomong yah walaupun sepatah-sepatah dan grammar nya kadang salah. Tapi pronunciationnya dia lebih baik dari ketiga temannya.
Kalo disuruh menggambarkan sosok Taka, gue bakal ngambil tokoh Namikaze Minato. Karena Taka itu walaupun konyol dan gesit larinya, dia juga sosok yang sangat bertanggung jawab dan rendah hati.
Di interview juga dia pernah ditanya soal 5SOS mau duet ga? Dia cuma jawab: "Kami gak seterkenal 5SOS, jadi ya gak tau."
Gue: ANJING BAGI GUE KALIAN TERKENAL DULUAN DARIPADA 5SOS ASTAGA!!
2. Tomoya (drum)
Ini nih moodboster nya anak-anak di band. Tomoya ini sumpah orangnya gobluke banget, lebih konyol dari Taka seribu kali lipat. Dia juga sasaran empuknya Taka, Toru sama Ryouta buat dibully dan dikerjain. Tapi kalo udah di belakang set drum dia bisa punya aura yang nyeremin gitu kek orang tsundere, yandere.
Sosok Tomoya ini gue gambarkan seperti Uzumaki Naruto. Karena di balik kekonyolan dan kegobluke-an nya, dia mainnya double pedal di panggung sana.
3. Ryouta (bass)
Dia dulunya anak hip-hop dance, terus disuruh sama Toru buat belajar bass dan kemudian bentuk band bareng. Orangnya hardworker dan pede abis. Pas interview apapun pasti dia yang dampingin Taka. Dia sama kocaknya kaya Tomoya dan Taka. Tapi kalo diwawancara sama aja ga bisa jawab :)
Ryouta bagi gue adalah seorang Orochimaru. Lidahnya anjing panjang banget kek Orochimaru huahahaha.
4. Toru (guitar)
Sosok yang pengen banget gue nikahin di One Ok Rock. Gimana ya... dia tuh cowo impian banget anjing. Gue bahkan sampai bikin poetry buat dia, baca ya di work judulnya: Toru Yamashita. Hehe.
Toru ini orangnya sangat sangat sangat kalem, pendiam, ga suka ikut campur urusan orang lain (ter-ganteng dan ter-tinggi juga). Ga se-ayan teman-temannya yang lain. Pas Taka, Tomoya sama Ryouta nari-nari ga jelas di cuma diem berdiri doang sambil senyum-senyum.
Terus pas ketiganya makan sambil ngobrol dan ngakak, dia juga cuma diem khidmat banget makannya. Pas di atas panggung cuma pada pake sempak terus lari-larian kaya orang gila, si Toru cuma diem anteng melorotin celananya sampe bawah tapi nutupin bagian bawahnya pake gitarnya. Keliatan banget dia itu-uh-cool.
Lalu lagi, pas pre-show kan pasti ada adegan melingkar itu loh tau kan? satukan semangat. Itu si Taka, Tomoya sama Ryouta saking menggebu-gebunya sampe pada bacot teriak, brisik ga jelas. Si Toru ya seperti biasa cuma diem, senyum dikit anteng ga kebanyakan tingkah.
WHAT THE FUCK COOL BANGET NNNGH! GAKUAT GUE PALINGAN PINGSAN DULUAN KALO KETEMU TORU :')
BAGI GUE, TORU INI KAYA SASUKE UCHIHA HEHE. Terjebak diantara orang-orang tulul di band yang dibentuknya.
AND IT'S ALL FROM ME.
Boleh kok share moment-moment lucu One Ok Rock yang lain atau info apapu itu kalau kalian tau :)
Udah ya. Ternyata bacotan gue ini memakan 1000+ words yang tidak berguna. Tapi ya namanya fangirl ya mau gimana lagi huahahaha. Semoga a/n terpanjang gue ini bisa sedikit memperkenalkan pada kalian siapa One Ok Rock. Karena band ini patut disandingkan dengan band-band dunia. SANGAT PATUT.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dreaming Alone: Taka 'OOR' ft. 5SOS
FanficTentang bagaimana penyesalan, tangis, tawa, pengorbanan dan penantian membasahi matamu. Diangkat dari kisah nyata orang terkasih, Afifah. Copyright © 2015 Todos los Derechos Reservados por: JOSIE