01 : Dinas Pertama.

344 24 25
                                    

November 2015

***

Renhas teringat saat pengumuman pertama dinasnya satu bulan yang lalu setelah resmi dilantik menjadi Asisten masinis daop 2 Bandung. Akhirnya hari yang ditunggu telah tiba.

Pagi pagi sekali dia sudah terbangun dan menyiapkan seluruh keperluannya untuk bertugas. Ibunya sangat sibuk sekali mengurus bekal untuk anak bungsu nya ini yang telah sukses mencapai cita citanya sejak kecil, sekaligus membuat bangga kedua orang tuanya.

Setelah selesai sholat subuh Renhas langsung segera berpamitan dengan orang tuanya dan bersiap untuk berangkat ke UPT Crew KA stasiun Bandung.

Hari ini adalah hari pertama Renhas mulai dinas setelah serangkaian pelatihan dilaluinya di Balai Pelatihan Teknik Traksi di Yogyakarta selama kurang lebih 1 tahun 6 bulan.

Yap, renhas sudah selesai dalam semua rangkaian pelatihan yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Tapi semua itu terbayar lunas, tuntas dengan cita cita yang sudah diimpikan sejak kecil.

Sesuai jadwal di grup WA dari kantor pusat. Hari ini Renhas ditugaskan untuk menjadi Asisten Masinis KA 222 Serayu Pagi Sejauh Kiaracondong hingga Banjar.

Setelah memasukan absen di kantor UPT Crew KA Renhas pun bergegas untuk ke ruangan KDT untuk meminta surat lapka dan surat dinas.

"Renhas hari ini kamu bapak tugaskan untuk membantu tugas Masinis KA 222 sebagai Asisten Masinis." Ujar pak KDT Dipo Induk Bandung sambil memberikan surat laporan perjalanan yang harus diisi ketika berdinas.

"O..Okee pak, kalo boleh tau dari mana ke mana ya pak?" Renhas bertanya sembari menandatangi surat dinas untuk KA 222.

"Kamu kali ini KAC - BJR dulu, untuk pengenalan lintas yg cukup ekstrim." Jelas pak KDT pada Renhas sambil tersenyum ramah.

"Siap pak, saya terima tugasnya. Asalamuaikum." Balas Renhas sambil beranjak dari ruangan KDT.

***

Di sisilain Masinis yang akan bertugas bersama Renhas sudah siap di ruangan kru KA dan sedang menunggu Renhas untuk segera ke UPT Crew Kiaracondong. Masinis yang akan bertugas dengan Renhas tidak tau siapa Asisten nya hari ini.

"Aduh, mana sih ini Asisten gak dateng dateng, 20 menit lagi kudu udah siap ini aduh." Gerutunya di dalam hati.

15 menit menunggu akhirnya...

"Tok tok tok." Ada yang mengetuk pintu seperti yang terburu buru.

"Masuk ajaa..!!" Jawab salah satu orang di dalam.

"Assalamualaikum, aduh maaf saya sedikit terlambat, tadi ada urusan sedikit." Jawab Renhas sambil ngos ngosan.

"Walaikumsalam, ohiya gakpapa. Oh ini asisten KA 222 ya, nah itu Teman dinas kamu nunggu di dalem ruangan kru KA." Jawab salah satu orang di dalam ruangan.

"Oh iya pak, makasih pak. Mari.." Jawab Renhas sambil membawa tas ranselnya yang berat berisi bekal dari orang tuanya. Ya wajar mungkin ini karna dinas pertamanya jadi orang tuanya memberi bekal makanan yang begitu banyak.

***

R. KRU KABIN

"Huuuh, akhirnya ketemu juga ini ruangan." Ujar Renhas dalam hati sambil melepas nafas.

"Assalamualaikum." Sambil mengetuk pintu.

"Walaikumsalam, masuk aja." Jawab orang didalam.

Renhas pun membuka pintu ruangan kru KA. Dan ternyata Masinis yang bertugas dengan Renhas untuk pertama kali adalah...... Yadi Stiawan sahabat SMP nya dulu.

Trip with LoveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang