KELOMPOK BELAJAR

98 6 7
                                    

Hari ini Elia datang ke Sekolah lebih awal karena hari ini akan dilaksanakan upacara.Jika Elia telat sedikit saja,ia harus menunggu di depan gerbang sampai upacara selesai dan Elia tidak ingin hal itu terjadi karena menunggu itu hal yang membosankan dan melelahkan.

***
Setelah upacara selesai,kelas 7.1 masuk ke kelasnya.Pelajaran pertama mereka hari ini adalah Ilmu Pengetahuan Sosial yang berhubungan dengan sejarah agama Budha dan Hindu.

Satu kata yang mewakili Rika akan pelajaran Sejarah yaitu bosan.Berbeda dengan Elia yang suka akan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terutama Sejarah.

"Anak - anak hari ini Bapak akan membuatkan kalian kelompok belajar yang terdiri dari 2 perempuan dan 2 laki - laki."

"Kelompok pertama: Nisa ,Aulia,Putra ,dan Ferrel."

"Kelompok kedua: Putri,Shafa,Irfan dan Radit."

"Kelompok ketiga :
Elia,Rika ,Surya dan Hafiz."

"Kelompok keempat: Lita,Nur,Wahyu dan Fahmi."

"Kelompok kelima: Tia,Amel ,Gilang dan Ramdan"

"Kelompok belajar itu tidak dapat di ubah - ubah ,paham semua?"

"Paham pak ",ucap murid serentak.

"Tugas yang harus kalian kerjakan adalah membuat rangkuman tentang bab yang sekarang kita pelajari , di kumpulkan 2 minggu dari sekarang"

"Sampai di sini dulu pelajaran kita hari ini", pamit Pak Ahmad.

Setelah Pak Ahmad keluar ,tak lama bel pergantian jam berbunyi dan masuk Ibu Aisyah sebagai guru seni budaya.

"Selamat pagi anak - anak ", sapa Bu Aisyah.

"Pagi Bu",jawab murid serentak.

"Apakah kalian sudah punya kelompok belajar?"

" Dipelajaran Ibu belum ada tetapi kalau di pelajaran IPS sudah ada", jawab salah satu murid.

"Hari ini Ibu mau memberi tugas ke kalian tetapi berkelompok , agar lebih mudah kelompoknya sama seperti pelajaran IPS saja "

"Tugasnya yaitu bernyanyi dan memainkan alat musik jadi 2 orang bernyanyi dan dua lainnya bermain alat musik, lagunya bebas, prakteknya 2 minggu dari sekararang. Paham semua?," jelas bu Aisyah.

"Paham bu," jawab murid secara bersamaan

"Yasudah, sekarang kita lanjutkan pelajarannya."

Bel yang ditunggu-tungu pun berbunyi yaitu bel istirahat. Elia dan Rika langsung bergegas ke kantin, karena perut mereka sudah mengadakan konser dari pelajaran seni budaya tadi.

***
Setibanya kantin, Rika langsung membuka pembicaraan.

"El, lu tadi malem mimpi apa gak gitu?"

"Hah enggak, emang kenapa?"

"Kita baru mulai belajar aktif aja udah dikasih tugas kelompok banyak banget, gurunya pengen banget gua demo nih."

"Eh ngomongnya lo pikir buruh, yaudah lah itung-itung biar akrab sama yang lain."

"Gua baru sadar, lo seneng kan bisa sekelompok sama Surya?ngaku lo."

"Ah gak sih biasa aja."

"Boong mulu lo, awas aja kalau kalau lo sama Surya makin deket"

"Dih sekarang aja gak deket gimana mau makin deket."

"Elia lo ngarep bisa deket sama Surya ya?"

Elia pun berfikir dan ternyata yang ia ucapkan tadi itu keceplosan.

"Eh apaan sih, sotoy lu."

"Ah malu-malu gitu, gua tunggu PJ nya aja deh."

"Serah lo serah, gua mau makan aja."

"Kebiasaannya kambuh dah."

***
Di kelas 7.1 tengah berlangsung pelajaran bahasa Indonesia. Dan murid kelas 7.1 diberi tugas kelompok kembali.

"Anak-anak, ibu akan memberikan kalian tugas berkelompok yaitu mencari dan menyusun berita karena bab berita sudah selesai tinggal prakteknya saja yang belum, kalian akan ibu bagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari 2 orang," jelas bu Ela, selaku guru bahasa indonesia.

"Kelompok pertama:Nisa dan Ferrel."

"Kelompok kedua:Aulia dan Putra."

"Kelompok ketiga:Putri dan Radit"

"Kelompok keempat:Shafa dan Irfan."

"Kelompok kelima:Elia dan Surya."

"Kelompok keenam:Rika dan Hafiz."

"Kelompok ketujuh:Lita dan Fahmi."

"Kelompok kedelapan:Nur dan Wahyu."

"Kelompok kesembilan:Tia dan Gilang."

"Kelompok kesepuluh:Amel dan Ramdan."

"Bu kenapa sama laki-laki bu?," protes salah satu murid perempuan.

"Soalnya kalau ibu buat perempuan dengan perempuan dan laki-laki dengan laki-laki yang laki-lakinya pasti selesainya lama, paham semua?"

"Paham bu."

"Yasudah sampai sini dulu pembahasan kita kali ini, untuk tugas dikumpulkan 3 minggu dari sekarang"

***
Saat Elia hendak keluar Surya memanggilnya.

"El tunggu."panggil Surya sembari jalan kearah Elia berdiri.

"Iya kenapa?," tanya Elia.

"Kita mau kapan ngerjain tugas kelompoknya?"

"Hmm mendingan diomongin besok aja soalnya kan belum tanya yang lain."

"Oh yaudah, makasi"

"Yo sama-sama"

"Keluar bareng aja ayo"

"Eh ... iya"

Sepanjang perjalanan keluar sekolah hanya ada keheningan. Tetapi setelah sampai di depan gerbang sekolah, mereka memberanikan diri untuk bertanya satu sama lain.

"El"

"Sur"ucap mereka bersamaan.

"Lo dulu aja."

"Ladies first lah."

"Ok tadi gua cuma mau bilang gua duluan soalnya udah dijemput."

"Oh sama tadi gua juga pengen ngomong itu."

"Hati-hati el," ucap surya.

"Yo, lu juga," jawab Elia.




Jangan lupa vote and comment:)

|Ameliakhrns_|



CHANGED.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang