1. Pocong gentayangan minta tolong dibukakan talinya.
Hantu pocong memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, hantu ini bisa dibilang hantu paling seram yang ditakuti orang. Ada banyak versi soal dari mana hantu pocong ini muncul pertama kali. Namun, mayoritas masyarakat percaya, pocong gentayangan dari orang yang sudah meninggal, tapi lupa dibuka tali pocongnya saat hendak dikubur.
Versi lain menyebut, ada makhluk tak kasat mata serupa siluman atau jin yang menjelma menjadi sesosok pocong. Pocong disebut-sebut juga suka bertandang di pohon pisang. Percaya atau tidak, legenda ini sudah menjadi buah bibir masyarakat sejak masa lampau.
2. Kuntilanak sosok perempuan yang merindukan anaknya.
Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebut kuntilanak sebagai hantu yang konon perempuan, suka mengambil anak kecil atau mengganggu wanita yang baru saja melahirkan. Benar saja, kuntilanak menurut beberapa sumber awalnya memang sosok perempuan yang hamil dan meninggal saat melahirkan.
Kuntilanak menjadi arwah gentayangan yang penasaran mencari-cari di mana anaknya. Menurut legenda, kunti-sebutan untuk kuntilanak-merindukan kehadiran seorang anak. Hantu ini kerap diasosiasikan dengan pohon yang rindang, seperti beringin.
3. Genderuwo suka menyerap hal-hal baik.
Genderuwo punya istilah asli dari bahasa Kawi, yakni "gandharwa". Mitos tentang hantu yang kerap dipahami masyarakat berjenis kelamin laki-laki ini asalnya ternyata dari legenda kuno Persia. Si siluman air yang dinamakan gandharwa ini dipercaya selalu menyedot hal-hal baik, tinggal di kayangan, dan berwujud siluman air.
Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, gandharwa kerap datang sore menjelang petang, punya tubuh yang tinggi besar, dan suka kepada perempuan.
4. Tuyul setan merepotkan yang suka mencuri uang.
Si mungil tuyul memang hantu yang dianggap sangat merepotkan. Sebab, dia suka mencuri uang. Dalam mitologi Nusantara, tuyul ini menyerupai manusia dengan badan yang amat pendek. Setan ini dipercaya berasal dari orang yang keguguran.
Menurut beberapa sumber, bayi orang lampau yang keguguran itu menjadi tuyul. Namun, lain halnya dengan kepercayaan samawi, mereka menyebut tuyul merupakan sebangsa jin yang sudah ada sejak masa lalu. Tuyul, dalam kepercayaan orang Jawa, dipercaya dipelihara oleh manusia untuk melancarkan pesugihan.
5. Sundel Bolong memiliki punggung bolong penuh belatung.
Banyak yang mengatakan sundel bolong ini mirip kuntilanak. Memang, sundel bolong menyerupai kuntilanak dengan penggambaran hantu perempuan, berpakaian putih dan berambut panjang. Hanya, punggung sundel bolong ini disebut-sebut berlubang dan di dalamnya berisi penuh belatung. Organ dalam tubuhnya juga terlihat. Rupanya, sundel bolong merupakan mitos hantu dari Negeri Jiran Malaysia yang dibawa masuk ke Indonesia oleh imigran. Cerita ini lantas berkembang hingga sekarang.
Gimana ceritanya?
Good or bad?
Jangan lupa voment ya
Keep reading😊
KAMU SEDANG MEMBACA
"Fear" Ghost Horor STORY
HorrorKumpulan cerita horror, urban legend, mitos, dll. Banyak cerita diambil dari google