“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan:“Rabb kami ialah Allah” kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”.” (QS. Fushilat: 30)
langkah – langkah atau cara Agar Tetap Istiqomah :
1. Memperdalam pemahaman mengenai dua kalimat syahadat.
2. Memperdalam pengetahuan mengenai Al Qur’an.
Sebagaimana tercantum dalam salah satu surat yaitu:“Katakanlah: Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Qur’an itu dari Rabb-mu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang – orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang – orang yang berserah diri (kepada Allah).”(Surat An – Nahl : 102)3. Mulai belajar istiqomah dengan beramal.
4. Banyak berdoa
5. Sering bercermin kepada kisah – kisah Islami.
6. Mencari kawan yang sejalan.
“Hai orang – orang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang – orang yang benar.”(QS. At – Taubah 119)7. Bersikap konsisten dalam beribadah.
Hal ini tercantum dalam salah satu hadits dari Aisyah RA yaitu:“Amalan yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah amalan yang berkelanjutan walaupun itu hanya sedikit.”Walaupun sedikit, amalan yang rutin dilakukan lebih baik daripada yang cuma dilakukan sekali – sekali saja. Amalan yang dilakukan secara berkelanjutan akan menjadi ladang pahala dan menjadi perantara dalam mendekatkan diri kepada Allah, juga akan memperbesar ketaatan terhadap segala perintah Allah.
Mulailah dengan yang kecil, kerjakanlah dengan cara yang besar dan raihlah dengan cara yang benar.
Banyak hal yang bisa diperbaiki asalkan kita mau berusaha, kuncinya adalah kita tak boleh hanya diam dan berputus asa.Bangkitlah kembali setelah gagal, mulailah membuat rencana dan segera lakukan langkah - langkah perbaikan yang nyata.
Jalan lupa untuk tetap sabar menjalani setiap prosesnya, perubahan tak akan datang dengan instant dan tanpa ada usaha apapun.
Semangatlah karena kita sendiri nanti yang akan memetik hasilnya.Hari ini, jam ini, detik ini, saat ini semuanya hanya akan terjadi sekali. Maka pergunakanlah dengan bijak dan hati - hati, syukuri segala kesempatan yang kamu miliki dan juga segala hal yang ada padamu sekarang ini.
Manfaatkan waktumu sebaik - baiknya, raihlah apa yang ingin kamu raih dan kejarlah apa yang ingin kamu dapat, juga usahakan lah apa yang ingin kamu cita - citakan.
Temukan lah kebaikan dan kebahagiaan untuk dirimu sendiri, untuk orang - orang yang kamu sayangi dan untuk masa depanmu nanti.Allah masih memberiku waktu, hari ini aku masih terbangun karena Allah masih memberiku waktu didunia.
Memberiku waktu untuk hidup agar dapat menghapuskan dosa - dosaku dengan melakukan kebaikan.Segala kesulitan yang ada hanya sementara dan ujian yang menimpa kita itu hanya sebentar saja.
Ada kisah menarik dari Sahabat Abdullah ib'n mas'ud radiallahu'anhu yakni ketika beliau dapati Rasulullah Shalallahu'alaihi wassallam berbaring diatas tembikar hingga membekas di kulitnya. Lalu Abdullah ib'n mas'ud mengatakan,
"Wahai Rasulullah! Jika engkau mengizinkan kami, maka kami akan menghamparkan sesuatu yang dapat menjagamu"
Namun Rasulullah Shalallahu'alaihi wassallam menjawab (artinya) :
"Apa urusanku dengan dunia ini? Sesungguhnya diriku dan dunia ini bagaikan seseorang yang tengah berjalan kemudian berteduh di bawah pohon, lalu aku pergi meninggalkan (pohon tersebut)
(HR Ibnu Majah : 4099)
KAMU SEDANG MEMBACA
ketika ku harus memulai tuk berhijrah
SpiritualCerita ini Menggambarkan tentang kisah perjuangan hijrah seorang gadis yang penuh dengan berbagai tantangan yang harus ia lalui mulai dari berbagai macam cancian dan makian yang ia harus telan seorang diri. HIJRAH adalah proses perjalanan seorang ha...