Dalam hijrah ku sadari bahwa berubah tak begitu mudah, ku sadari jika niat yang akan menentukan mampukah diriku ini?
Kini ...
Ku genggam alasanku dalam tenang, ku pahami bagaimana mampu ku ulangi sebuah kehidupan awal yang akan meneguhkan langkah ini pada kebenaran.Berjalan, dan bersimpuh aku di Hadapan Tuhan dengan segala pertanggung jawaban yang akan kelak ditanyakan, Kamu jangan pernah memandangku sebagai orang yang sempurna, karna aku hanyalah orang yang ingin menjadi lebih berharga.
Bukan dimata manusia tapi dimata Sang Pencipta. Apa yang ku kenakan ini adalah wujudku inginkan perubahan, pada diriku sendiri yang ku tahu sangatlah minim akan pengetahuan. Jangan lebihkan aku, dan buat diri ini menjadi lupa akan niat pertama sebab langkah ini ku ayunkan tulus hanya untuk mencari Ridho dari-Nya.
Salah satu contoh konkret yang dapat dijadikan ibrah adalah hijrahnya Suhaib bin Sinan Ar-Rumi, seorang pemuda yang pada awalnya terkenal dengan lelaki yang ganteng dan rupawan, kaya raya, namun karena akidah yang sudah melekat di hatinya, beliau rela meninggalkan itu semua, karenaorang kafir melarang beliau berhijrah jika hartanya ikut dibawa, akhirnya dengan berbekal seadanya beliau pun pergi melaksanakan hijrah, dan ketika Rasulullah saw mendengar kabar tersebut, beliau pun bersabda sambil memuji apa yang dilakukan Suhaib, “beruntunglah Suhaib, beruntunglah Suhaib!!”Oleh karena beratnya perjalanan hijrah Allah memposisikannyasebagai jihad yang besar dan mensejajarkannya dengan iman yang kokoh. Kita bisa lihat dalam ayat-ayat Al-Qur’an, Allah menyebutkan kedudukan hijrah ini dan ganjaran bagi mereka yang melakukan hijrah.
Hijrah merupakan ujian dan cobaan, karena setiap orang yang hidup pasti akan mendapatkan suatu cobaan, terutama bagi orang yang beriman, seberapa besar keimanan seseorang maka sebesar itu pula cobaan, ujian dan fitnah yang akan dihadapi. Meninggalkan harta, keluarga, sanak famili dan tanah air merupakan cobaan yang sangat berat, apalagi tempat yang dituju masih mengambang, sangat tidak bisa dibayangkan akan kerasnya ujian dan cobaan yang dihadapi saat manusia sudah mengikrarkan diri sebagai hamba Allah.
Adapun ganjaran bagi orang yang melakukan hijrah karena Allah, maka bagi mereka ganjaran yang berlimpah dan tempat serta derajat yang tinggi di sisi Allah, hal ini bisa kita lihat dalam firman Allah yang berkenaan tentang ganjaran bagi orang berhijrah sebagai berikut:Rezki yang berlimpah di dunia (An-Nisa: 100) (Al-Anfal: 79)Kesalahan dihapus dan dosa diampuni (Ali Imran: 195)Derajatnya ditinggikan oleh Allah (At-Taubah: 20)Kemenangan yang besar (At-Taubah: 20, 100)Tempat kembalinya adalah surga (At-Taubah: 20-22)Mendapatkan ridha dari Allah (At-Taubah: 100).
Kalau kita lihat dari kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT kepada mereka yang mau mengorbankan diri dalam mempertahankan keimanan, mungkin tidak sebanding, karena begitu banyaknya kenikmatan yang diberikan, kenikmatan di dunia; berupa rezki yang berlimpah, kelapangan tempat tinggal, dan kenikmatan akhirat; dosa-dosa diampuni, derajat yang tinggi di sisi Allah, dan mendapatkan kemenangan yang besar serta surga yang luasnya seluas antara langit dan bumi sebagai tempat kembali yang kekal, namun yang lebih utama dari semua janji tersebut adalah mendapatkan ridhadari Allah, sehingga dengan ridha Allah dimana dan ke manapun orang yang diridhai itu berada dan pergimaka Allah akan selalu berada di sisinya, kehidupannya akan terjamin, dan yang lebih utama mendapat kenikmatan yang besar yaitu dapat melihat Allah di akhirat kelak.
Berat bukan karena ujian - Nya, tapi hati kita saja yang kurang lapang menerima semua ketetapan-Nya.
Orang yang paling banyak ujian di masa hidupnya, sejatinya mereka disiapkan untuk naik ke level di atasnya. Jangan mengeluh bila ujianmu berat, bersyukurlah karena kamu sedang diperkuat. Allah yang ngasih beban, Allah juga yang kasih kekuatan.
Seandainya dosa memiliki bau maka tidak ada seorang pun yang mampu duduk bersamaku.
Ketika kamu merasa putus asa, ingatlah diluar sana banyak orang yang terus mendoakanmu agar kamu tetap kuat untuk menjalani semua ujian dan tantangan hidup.Allah tahu kamu itu kuat, maka nya ujianmu hebat. Percayalah, Allah tidak akan menguji diluar batas kemampuan hamba - Nya.
KAMU SEDANG MEMBACA
ketika ku harus memulai tuk berhijrah
ДуховныеCerita ini Menggambarkan tentang kisah perjuangan hijrah seorang gadis yang penuh dengan berbagai tantangan yang harus ia lalui mulai dari berbagai macam cancian dan makian yang ia harus telan seorang diri. HIJRAH adalah proses perjalanan seorang ha...