Sholat Khusyu

977 41 0
                                    

🎀🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃🎀

*Pertanyaan*💌
Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh... ana mau tanya ustad
Kenapasih shalat susah khusuk dan tidak jarang sering menghayal... Atau bahkan yang lebih parah tidak tau tujuan kenapa harus shalat ??

*Jawaban*✍🏻
 
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـــــــــــــــــــــمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

Khusyu' dalam shalat adalah hadirnya hati dan fikiran dengan apa yang sedang kita baca. Sehingga memikirkan surga atau neraka disaat shalat tidak termasuk khusyu’ jika bacaan kita tidak menerangkan tentang surga atau neraka.

▪Adapun cara-caranya adalah :
1. Shalatlah pada waktunya (harus ada waktu khusus untuk shalat). Jangan sampai shalat kita lakukan disela2 kesibukan, seperti saat masak atau yang lainnya, akan tetapi khususkan waktu untuk
Shalat dan selain shalat kita singkirkan.

2. Memahami makna bacaan dalam shalat agar senantiasa hati dan akal pikiran kita dapat terkait dengan makna bacaan dan tidak melayang kemana-mana.

3. Menyingkirkan penyebab hilangnya khusyu', seperti mematikan HP / TV. Dan jika kita lagi ada janji hendaknya berpesan pada orang untuk menunggu

4. Masuklah ke dalam sholat dengan tidak tergese-gesa dengan berwudhu secara pelan berikut mendahulukan shalat qobliah dengan pelan.

5. Jangan terburu-buru disaat hendak keluar dari sholat dengan melazimi wirid dan doa dan ditutup dengan shalat ba'diyah bagi sholat yang ada ba'diyahnya.

6. Memohonlah kepada Alloh agar diberi kekhusyu’an, sebab kekhusyu’an adalah karunia dari Alloh.

Shalaat yang khusyu' juga bisa di rasakan jika persiapan sebelum shalaat benar, tempat yang kondusif, pakaian yang baik,kemudian dalam shalaatnya selalu mengingat kematian.

Coba mari kita sama2 rasakan beda tidak dengan

✅Orang yg sebelum shalaat selalu ingat kematian dan merasakan jika ini adalah panggilan terakhir.
❌Orang yang sebelum shalaat tidak mempersiapkan apa2, hanya sekedar panggilan kewajiban belaka

✅Orang yang pakaiannya rapi,wangi,bagus dan nyaman dikenakan untuk shalaat
❌Orang yang pakaiannya biasa, bau, bolong2.

✅Orang yang shalaat dengan tempat yang kondusif, sejuk,wangi, tidak ada gambar atau apapun yang menganggu pandangan
❌Tempat yang panas, tidak kondusif, berantakan,kotor

Coba bedakan perasaan kita saat shalaat jika kita penuhi hal2 diatas.

Artinya jika dalam persiapan sebelum shalaat saja kita enggan penuhi bagaimana kita bisa khusyuu' dalam shalaat. padahal islam menganjurkan hal2 yang harus diperhatikan baik sebelum ataupun setelah shalaat. jika persiapan sebelum shalaat sudah sangat serius dan baik in syaa Allah akan menghadirkan ketenangan dalam shalaat terlebih lagi jika selalu ingat kematian dalam shalaat kita. jika belum khusyu' juga mari kita tanyakan pada diri kita sendiri sudah serius manakah persiapan kita sebelum shalaat?

jika sebelum bulan puasa saja kita sudah harus bnyak latihan mengendalikan nafsu, bagaimana dengan shalat kita yang kita lakukan setiap hari 5x.

_wallahu a'lam_

ISLAM ITU INDAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang