Ayyamul Bidh

994 46 0
                                    

🍁 REMINDER PUASA AYYAUMUL BIDH
.
.
🌟Adalah Salah satu amalan puasa sunnah yang di kerjakan 3 Hari setiap bulan nya yaitu pada tgl ke 13, 14, dan 15 dr bulan hijriah..
.
.
🌟Bulan ini ( Agustus) Dzulqa'dah, Insha Allah puasa Sunnah Ayyaumul bidh (tanggal ) 13, 14 dan ke 15 dari bulan Hijriah jatuh pada tanggal 6, 7, 8 Agustus ( Minggu, Senin, Selasa )
.
.
.
. 🌟Puasa sunah ini disebut ayyamul bidh (hari putih) karena pada malam-malam tersebut bersinar bulan purnama dengan sinar rembulannya yang putih. .
.
.
🌟HADITS TENTANG PUASA AYYAMUL BIDH
..
.. 🌟Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya,
.. “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyyah). ” [HR. Tirmidzi dan An Nasai].
.
.
.
🌟Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam berwasiat kepada tiga orang Sahabat Beliau supaya puasa tiga hari setiap bulan, yaitu; Abu Hurairah, Abu Darda’ dan Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhum. [HR. Bukhari, Muslim, dll]. .
.
.
🌟Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda kepada Sahabat ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘Anhuma, “Dan berpuasalah tiga hari pada setiap bulan. Karena sesungguhnya kebaikan itu akan (dilipatkan) dengan sepuluh (kali) lipat. Oleh karenanya engkau seolah-olah berpuasa selama sebulan penuh.” [HR. Bukhari dan Muslim]. .
.
.
🌟Dalam hadist lain dijelaskan pula tentang keutamaan puasa sunnah ayyamul bidh, yang artinya, Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.. “Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun. ” [HR. Bukhari]

____________________________
Semoga bermanfaat :)

ISLAM ITU INDAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang