Cinta tanah air mungkin kata itu sudah tidak asing ditelinga kita. Cinta tanah air yang lazim dipikiran orang ialah mecintai negara dengan sepenuh hati atau dapat diartikan cinta pada negeri tempat kita memperoleh penghidupan dan mengalami kehidupan semenjak lahir sampai akhir hayat. Seseorang yang cinta kepada tanah airya senantiasa berusaha agar negerinya tetap aman, sentosa, dan sejahtera.
Para pahlawan sebelum kita telah menunjukkan cinta tanah air dengan dibuktikan oleh bangsa Indonesia dalam membela bangsa dan tanah airnya ketika melawan penjajah bertahun tahun, dengan nyawa taruhannya, keluarga ditinggalkannya, dan banyak yang dipertaruhkan demi kemerdekaan Indonesia
Namun, apakah kita sudah menunjukkan rasa cinta tanah air pada negeri ini? Mungkin beberapa dari kita sudah merasa mencintai negeri ini dan sayapun sangat bangga dan senang dengan masyarakat Indonesia yang telah mencintai negeri ini, seperti contoh membela mati matian bendera Indonesia yang tidak sengaja dibalik saat Sea Games 2017. Namun, tidak banyak orang yang tahu makna sesungguhnya dari cinta tanah air. Cinta tanah air tidaklah sebatas mengenakan pita merah putih saat hari kemerdekaan, tidak juga hanya mengikuti upacara sebatas fotmalitas. Tetapi memakai pita merah putih bukanlah hal yang salah, karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap negeri ini dengan bangga memakai warna merah putih pada diri ini. Namun, penggunaan pita merah putih dapat merusak kata cinta tanah air apabila pemakaiannya tidak dijaga, kemudian pita merah putih jatuh ke tanah bahkan terinjak. Hal tadi merupakan salah satu contoh bentuk yang masih terjadi di negeri ini. Mungkin contoh tadi adalah contoh yang suka dianggap sepele oleh warga Indonesia. Hal - hal seperti ini perlulah dibangkitkan pada diri masing - masing yang dapat dimulai dari belajar. Belajar seperti apa? Belajar dapat menghargai, menghargai jasa para pahlawan yang dapat kita ketahui dari sejarah Indonesia yang realitanya banyak pelajar kurang tertarik dengan sejarah yang ada. Padahal sejarah adalah hal yang penting. Sekarang kita berada pada masa kemerdekaan. Kita tidak di tuntut memanggul senjata dan maju di medan perang. Namun, perlu di sadari bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap menghadapi rongrongan dan ancaman. Oleh karena itu, kita harus siap menghadapi segala bentuk rongrongan dan ancaman demi kepentingan bangsa dan Negara republik Indonesia. Generasi penerus muda harus lah tahu sejarah dan bisa merealisasikan kembali dari sifat sifat para pejuang saat memperjuangkan kemerdekaaan Indonesia.
Semangat cinta tanah air sangatlah pentjng untuk dilaksanakan tidak hanya ucapan belaka, harus diwujudkan dalam kehidupan sehari hari sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjamin. Cinta tanah air bermanfaat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Manfaat tersebut diantaranya Negara akan aman dan damai, pembangunan dapat berjalan lancer, dan pendapatan Negara akan meningkat. Manfaat tersebut kita sendiri yang merasakan. Kita akan merasa aman da damai serta kesejahteraan hidup meningkat. Ayo seluruh masyarakat Indonesia cintailah negeri ini !
KAMU SEDANG MEMBACA
CIVITAS - Cinta Tanah Air ?
RandomCinta Tanah Air. Apa yang terlintas dibenakmu ketika mendengar kalimat tersebut ? Mengagumi negeri ini dengan segala keelokannya ? Atau mengupayakan segala hal demi kemakmurannya ? Pun juga kami, ini sebagian dari bukti cinta kami pada negeri ini...