Apa sih sebenarnya cinta tanah air itu? Perasaan cinta yang sebenarnya ialah mengandung unsur kasih dan sayang, kemudian timbul di dalam diri kita kemauan untuk menjaga, merawat, dan juga melindunginya dari segala bahaya yang mengancam. Cinta tanah air berartii rela berkorban untuk tanah air dan melindungi dari segala ancaman dan gangguan yang datang dari bangsa manapun.
Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Rasa cinta tanah air bisa juga dikatakan rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan. Sebagai seorang pelajar kita tetap dapat menunjukkan sikap cinta tanah air yaitu diantaranya;
•Belajar dengan tekun hingga kita juga dapat ikut mengabdi dan membangun negera kita agar tidak ketinggalan dari bangsa lain.
•Menjaga kelestarian lingkungan.
•Tidak memilih-memilih teman.
•Berbakti pada nusa dan bangsa
•Berbakti pada orang tua (Ibu, Bapak, Guru)Semangat persatuan dan kesatuan harus diperkukuh melalui berbagai kegiatan, baik yang bersifat local, kedaerahan, nasional, maupun internasbional. Perilaku cinta tanah air dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, diantaranya memelihara persatuan dan kesatuan dan menyumbangkan pengetahuan dan keterampilan yang di miliki untuk membangun Negara. Sekarang kita berada pada masa kemerdekaan. Kita tidak di tuntut memanggul senjata dan maju di medan perang. Namun, perlu di sadari bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetep menghadapi rongrongan dan ancaman. Oleh karena itu, kita harus siap menghadapi segala bentuk rongrongan dan ancaman demi kepentingan bangsa dan Negara republik Indonesia. Untuk mencegah kejadian G30SPKI terulang kembali, kita harus mampu menahan diri dan jangan mudah terhasut oleh ajakan yang belum tentu kebenaranya. Kita harus mampu mencegah perilaku yang mengarah pada perpecahan, adu domba, menfitnah, membuat keonaran, kejahatan,dan melanggar hukum.Untuk mengisi kemerdekaan pemerintah melaksanakan pembangunan nasional. Setiap warga Negara harus turut/serta menunjang pelaksanaan pembangunan nasioanal melalui berbagai kegiatan dengan bidangnya masing-masing.Keikutsertaan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional di antaranya rajin belajar bagi pelajar, bekerja dengan tekun sesuai keahliannya, membayar pajak, memelihara hasil pembangunan, dan menciptakan situasi aman dan damai.Kegiatan masyarakat sangat beragam. Kegiatan tersebut hendaknya menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. Pembangunan nasional merupakan wujud cinta tanah air dan bangsa.
Ciri-ciri cinta tanah air diantaranya rela berkorban untuk tanah air dan bangsa; bangga berbangsa, berbahasa, dan bertanah air Indonesia; giat dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang; dan ikut mempertahankan persatuan dan kesatuan.Manfaat tersebut diantaranya Negara akan aman dan damai,pembangunan dapat berjalan lancar,dan pendapatan Negara akan meningkat. Manfaat tersebut kita sendiri yang merasakan. Kita akan merasa aman dan damai serta kesejahteraan hidup meningkat.Cinta tanah air bukan untuk dihafal, tetapi harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai kegiatan sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing. Seorang pelajar, mahasiswa, buruh, petani, pedagang, pegawai negeri, karyawan, atau pejabat tinggi harus berperilaku mencintai tanah air. Cinta tanah air diartikan suatu sikap yang mementingkan kepentingan bangsa dan Negara serta rela berkorban demi kejayaan bangsa dan Negara.
Sikap cinta tanah air harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini agar menjadi manusia yang dapat menghargai bangsa dan negaranya misalnya dengan upacara sederhana setiap hari senin dengan menghormati bendera Merah Putih, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan mengucapkan pancasila. Meskipun lagu Indonesia Raya masih sulit dan panjang untuk ukuran anak usia dini, tetapi dengan membiasakan mengajak menyanyikan setiap hari senin, maka anak akan hafal dan biasa memahami isi lagu. Merah Putih bisa diangkat menjadi sub tema pembelajaran. Pentingnya sebuah lagu kebangsaan dan itu menjadi sebagai identitas dari Negara tersebut, agar dapat mengingatkan kembali betapa pentingnya cinta terhadap Negara.lalu yang seharusnya kita lakukan dalam artian cinta tanah air ialah :1.Bangga menjadi orang Indonesia
dalam artian kita sebagai orang Indonesia harus bangga karena diindonesia banyak objek pariwisata yang bagus dan indah bahkan orang luar pun berbondong bonding untuk datang ke Indonesia untuk melihatnya.2. Melestarikan budaya
Dengan lebih mencintai produk Indonesia seperti contoh batik .3. Menghemat energi
Dikarenakan SDA yang semakin lama semakin menipis maka kita harus menghemat energy agar tanah air tercinta kita tidak kehabisan SDA4. Mengharumkan nama bangsa
Untuk Mengharumkan nama bangsa banyak cara untuk melakukannya salah satunya dengan mengembangkan minat dan bakat kita masing masing.Nah gimana nih sekarang? Udah cinta tanah air belum? Yuk kita sama sama pertahankan tanah air tercinta kita ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
CIVITAS - Cinta Tanah Air ?
SonstigesCinta Tanah Air. Apa yang terlintas dibenakmu ketika mendengar kalimat tersebut ? Mengagumi negeri ini dengan segala keelokannya ? Atau mengupayakan segala hal demi kemakmurannya ? Pun juga kami, ini sebagian dari bukti cinta kami pada negeri ini...