Beberapa saat yang lalu, kita dihebohkan dengan viralnya sebuah foto yang menunjukkan keteledoran Malaysia dalam mencetak gambar bendera kita. Bendera Pusaka sakral kita, secara tidak sengaja, dicetak terbalik. Rakyat Indonesia sangat kecewa atas kejadian ini. Namun, Pemerintah Malaysia sendiri sudah meminta maaf atas kejadian ini dan menarik kembali buku panduan Pesta Olah Raga Asia Tenggara SEA Games 2017, yang di dalamnya terdapat gambar Bendera Pusaka terbalik.
Di era globalisasi ini, banyak cara mudah untuk menyampaikan pendapat kita. Baik melalui sosial media, ataupun blog yang kini sudah sangat mudah diakses bagi semua kalangan masyarakat. Namun, kemudahan akses inilah yang bisa berdampak negatif jika tidak digunakan dengan bijak. Kebebasan untuk menyampaikan pendapat merupakan hak setiap umat manusia di muka bumi ini, tapi apabila kebebasan ini tidaklah digunakan secara bijak, dampak yang akan dibawanya pun buruk.
Sebagai contoh, #ShameOnYouMalaysia yang sempat trending di twitter maupun Instagram. Untuk rakyat Indonesia, hal ini sangatlah wajar sebagai pelampiasan rasa kekecewaan terhadap Negara tetangga. Dari trending ini, terdapat beberapa orang yang menyampaikan pendapat mereka secara sopan, tapi tak sedikit pula hujatan yang dituliskan untuk membalas rasa kekecewaan kita.
Presiden Ir. Joko Widodo sudah menyatakan bahwa kita seharusnya menerima permintaan maaf dari Malaysia. Akan lebih baik jika kita membalas dengan kepositifan, tanpa adanya hujatan. Selain itu, kita juga harus selalu men-support para atlet kita dan kembali fokus ke jalannya SEA Games. Sebuah perlombaan olahraga prestigious bagi Negara anggota ASEAN dan hanya dilaksanakan 2 tahun sekali.
Hingga Jum’at, 25 Agustus 2017, puncak klasemen sementara masih diduki oleh tuan rumah, Malaysia. Yang disusun oleh Vietnam, Singapura, Thailand, dan Thailand. Sedangkan untuk medali sendiri, Indonesia berhasil mendapat 19 emas, 24 perak, dan 40 perunggu. Tentunya, hal ini seharusnya menambah semangat kita dalam memberi dukungan kepada atlet yang bertanding agar pulang sebagai Juara Umum. Berikut adalah klasemen sementara SEA Games serta jumlah medali yang diperoleh.
KAMU SEDANG MEMBACA
CIVITAS - Cinta Tanah Air ?
RandomCinta Tanah Air. Apa yang terlintas dibenakmu ketika mendengar kalimat tersebut ? Mengagumi negeri ini dengan segala keelokannya ? Atau mengupayakan segala hal demi kemakmurannya ? Pun juga kami, ini sebagian dari bukti cinta kami pada negeri ini...