Cinta tanah air, rangkaian kata yang mendeskripsikan rasa cinta, hormat, bangga dan loyal terhadap negara kita tanah air Indonesia. Cinta tanah air adalah sikap yang harus kita tanamkan dalam diri kita masing-masing.
Tetapi semakin berkembangnya zaman, sikap patriotisme dan nasionalisme dalam diri masyarakat Indonesia semakin memudar. Contohnya banyak, seperti foto remaja yang duduk diatas patung pahlawan kita dengan bergaya memunjukan jari tengah perilaku itu sangat tidak baik. Ada juga netizen-netizen yang mencemooh pahlawan kita Frans Kaisiepo dalam uang 10.000 keluaran 2017. Masih banyak masyarakat yang lebih mencintai produk luar negri, dan lebih menyukai negara lain seperti, Korea, Inggris dan lain lain dibanding negaranya sendiri Indonesia.
Apa yang salah dari negeri ini? Indonesia memiliki alam yang sangat indah, memiliki budaya yang baik dan melimpah, memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang bagus. Indonesia adalah surganya dunia. Disini kita bisa menemukan apa saja, hewan apa saja, tanaman apa saja. Indonesia memiliki 17.504 pulau dan lautan yang sangat luas.
Jadi apa yang salah dari negeri ini? Yang salah adalah masyarakatnya. Kurangnya kesadaran untuk mencintai negeri ini. Tidak menanamkan sikap patriotisme dan nasionalisme sejak dini. Walau pelajaran PPKN sudah ada sejak tingkat SD masih banyak masyarakat yang kurang peduli, dan memikirkan teori bukan prakteknya.
Ambil satu contoh saat Hutan Kalimantan dan Sumatra dilanda kebakaran karena ulah 421 perusahaan yang ingin membuka lahan baru, hanya diberi denda sebesar 7, 9 triliun rupiah. Tidak sebanding dengan penderitaan rakyat-rakyat Indonesia. Reaksi seorang hakim adalah "kebakaran hutan tidak merusak lingkungan karena masih bisa ditanam lagi". Apakah itu jawaban yang diharapkan masyarakat? Jadi, mulai sekarang cintai negera ini, Indonesia, karena jika bukan kita siapa lagi?.
KAMU SEDANG MEMBACA
CIVITAS - Cinta Tanah Air ?
AcakCinta Tanah Air. Apa yang terlintas dibenakmu ketika mendengar kalimat tersebut ? Mengagumi negeri ini dengan segala keelokannya ? Atau mengupayakan segala hal demi kemakmurannya ? Pun juga kami, ini sebagian dari bukti cinta kami pada negeri ini...