17

64 18 27
                                    

Hana's POV

Flashback ON

"Ma, liat deh Hana dapet nilai bagus nih" gue nunjukin kertas ulangan yang baru dibagiin tadi pagi sama guru matematika. Mama yang lagi sibuk nonton tv langsung ngerespon gue sambil ngeluarin ekspresi bahagia.

"Wah, anak mama emang paling top deh kalo masalah matematika. Mama bangga sama kamu" tangannya ngelus ujung kepala gue sambil meluk. Layaknya orangtua umumnya, mama seneng liat anaknya udah berjuang buat belajar meskipun mama tau anaknya ga terlalu pinter kalo masalah ngitung segala macem.

"Ma, ga pingin ajakin Hana keluar gitu? hadiah ulangan bagus nih" gue ngulurin tangan kayak orang nagih. Yang ditagih cuma bisa ketawa. Mama nyubitin pipi gue. "Yakin mau ngajakin keluar? badan kamu tambah melar tuh" gue yang masih tenang-tenang aja sambil masang muka kemenangan seketika mata gue melotot.

"Ah mama mah gitu bikin aku makin ga pede!"

xxx

Bau rumah sakit udah jadi aroma yang biasa gue hirup setelah bangun tidur. Gue ngucek-ngucek mata sambil ngerenggangin badan. Setelah dirasa rasa kantuk udah ilang, gue mandang ke arah kasur yang gue buat tidur semaleman. Gue senyum sambil nyium dahinya.

"Pagi mamaku cantik"

Gue bergegas nyari baju sama handuk. Setelah itu gue mandi. Setelah beberapa menit gue selesai mandi, ada suster masuk sambil bawa nampan yang isinya suntik segala macem.

"Oh? Ambil darah sus?" Gue duduk di sebelah kasur sambil megangin tangan mama. Suster itu cuma ngangguk sambil senyum. Suster itu ngebangunin mama yang keliatan lemah banget. Gaperlu waktu lama mama bangun. Mama ngerjap-ngerjapin mata sambil berusaha bangun. Gue nahan mama.

"Cuma diambil darahnya kok ma, bukan mau diapa-apain. Mama tenang aja, ada Hana disini" gue ngebantuin mama tiduran lagi. Tangannya mama gue genggam lembut biar bisa ngebantuin mama ngurangin rasa sakit meskipun cuma ngebantu ngegenggam tangan mama doang.

Sore hari..

"Ma, disekolah tadi ada kejadian lucu tau ga. Kan ya Hana lagi di kantin mau beli makanan bareng Raemi, trus pas lagi enak-enak nunggu mba kantinnya ngasih kembalian tiba-tiba ada anak nepuk bahu Hana keras sambil ngomong, 'Eh lo beli apa aja Ri?' Kan ya Hana kaget, trus Hana sama Raemi noleh ke anak itu. Nah anak itu juga kaget ternyata. dia langsung minta maaf ke Hana gitu, ya Hana maafin. Trus abis ngambil kembalian Hana sama Raemi langsung balik ke kelas sambil ketawa gitu ma. Udah salah orang, nepuknya keras lagi" gue cerita sambil sesekali ketawa sama kejadian yang gue alami tadi siang. Mama senyum bahagia. Mama ngusap kepala gue sambil megang tangan gue erat banget.

Gue paham. Gue ngerti apa maksud mama. Tanpa mama bicara pun gue udah ngerti semua apa yang bakal diomongin sama mama.

Setelah sebulan yang lalu gue diberitau kalo mama divonis kena kanker, gue shock. Gue sempet pingsan di sekolah setelah dikasih tau kabar mama sama papa lewat telpon waktu gue masih lagi di sekolah. Siapa juga yang ga khawatir mamanya tiba-tiba yang awalnya seger-seger aja pas terakhir ketemu tiba-tiba divonis kanker?

Untung Taehyung ngerti keadaan gue waktu itu jadi dia nganter gue kerumah sakit.

Banyak kegiatan yang gue lakuin bareng mama. Main ular tangga, nonton tv, cerita-cerita, banyak. Gue berusaha buat ngebahagiain mama yang sekarang lagi ngalamin masa-masa sulit. Ga kerasa udah malem. Gue yang dari tadi lagi nonton tv bareng mama gasadar ternyata mama udah tidur. Gue matiin tvnya sambil nyium pipinya mama.

"cepet sembuh ya ma. Hana gamau liat mama sakit terus"

xxx

Gue gabisa berhenti nangis. Langit seakan paham sama keadaan gue sekarang. Perlahan rintik hujan jatuh yang akhirnya berubah jadi hujan deres. Gue gapeduli badan gue sekarang basah kuyup. Gue tetep kekeh berdiri disini, bareng mama. Gue gamau ninggalin mama.

"Mama kehujanan, Hana gamau mama sakit lagi. Mama harus setrong. Ya ma?" Sehabis ngomong gitu, gasadar tiba-tiba air mata gue jatuh. Gue jatuh sambil berusaha tetep megangin payung buat mama biar makamnya ga kehujanan. Masa bodo badan gue keguyur air hujan. Masa bodo sama badan gue yang mulai menggigil. Gue cuma mau nemenin mama. Disini.

Tiba-tiba kepala gue ga basah. Ada yang mayungin gue dari belakang. Gue denger ada suara ngos-ngosan dari belakang gue. Gue tetep gamau noleh belakang, sibuk mayungin mama. Sambil nangis.

"Na, pulang yuk? kasian mama kalo ditangisin terus ntar mama ga tenang"

Taehyung.

"Gue mau disini. Kalo bisa gue mau ikut mama"

Taehyung langsung ngelempar asal payungnya, dia ikutan basah dan dia meluk gue. Dia nangis.

"Jangan ngomong gitu. Gue gamau kehilangan lo. Jangan ikut na, onegai. Gue sayang lo.." (please)

"..."

EunoiaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang