calum's pov
seperti biasanya, gue selalu telat dateng ke sekolah. apalagi di hari senin kayak gini. gue tuh dateng pagi kalo ada classmeet doang.
biasanya sih diantara ketiga temen gue itu si michael yang sering jadi partner telat gue. tapi sekarang dia lagi rajin, ngga tau kenapa. kalo ashton sama luke mah nggak usah ditanya karena yakali dah ketua mpk sama ketua tds telat. kan ngga lucu.
tapi, baru kali ini gue nyesel telat karena hari senin pagi di jam pertama ada ulangan sejarah. mampus mana gurunya kayak nenek rombeng. kalo nggak ada ulangan mah ga akan sepanik ini gue.
gue bisa liat dari tempat gue berdiri kalo barisan upacara udah bubar. itu berarti temen-temen gue udah pada balik ke kelas dan gue bisa ngasih tau luke kalo gue telat.
karena gue tau kalo misalkan ngeline dia ngga bakal dibales, gue akhirnya nelpon. dan ngga sampe nunggu bermenit-menit untuk nunggu dia ngangkat teleponnya, di dering kedua luke udah jawab telepon gue.
"apaan anjing gua lagi ml ah ganggu lu!"
habis itu, teleponnya dia matiin.
astagfirullah. kuatkan hamba yaallah.
pasti ntar di neraka ada tempat khusus buat orang yang kayak gitu tuh.
mau nelpon ashton atau michael juga percuma. pasti dia lagi main ml atau ngga tidur di belakang. ngga mungkin, dong, gue teriakin nama mereka dari gerbang?
gue akhirnya ngescroll chat line gue buat nyari temen yang bisa gue mintain tolong dan gue ga sengaja liat nama arina diantara berjuta-juta chat gue. ea lebay sih ga sampe juta-juta juga.
calum: arina sayang aku telat ya
arina: yaa
calum: ih nyaut aja gue panggil sayang
calum: pengen beneran ya??read
gue cuma senyum-senyum pas liat arina cuma ngeread chat gue. ngerjain arina tuh seru aja, soalnya dia ga baper. coba kalo gue ngerjain yang lain, pasti baper. eh kecuali alica, deng, dia kan bolot. mau gue kerjain kaya gimana juga pasti ha-ho-ha-ho doang kaya tukang keong.
setengah jam kemudian, pintu gerbang sekolah kebuka. kalo murid lain sih langsung ke lobi buat catet nama terus dihukum sama guru piket. kalo gue sih kabur aja langsung ke kelas tapi ga bawa tas.
ternyata, kelas gue udah kedatengan guru sejarah. tadinya gue berniat untuk masuk kelas diem-diem dan langsung duduk manis di tempat gue. tapi, sayangnya gue ketauan.
"calum! kamu ngapain?!"
"sekolah, lah, bu masa bajak sawah?" jawab gue sembil cengengesan. "ngga deng, boong. saya abis dari kamar mandi, bu, sakit perut."
mukanya langsung berubah garang pas gue bilang gitu. sedangkan gue cuma bisa senyum-senyum berusaha meyakinkan.
"bohong banget! saya tadi liat kamu di gerbang sama murid-murid lain yang telat," jawab dia galak. "lagian kan bisa pegang batu kalo sakit perut!"
"laaaah si ibu, nyuruh pegang-pegang batu dikira saya idup di jaman primitif? emangnya saya temenan sama homo wajakensis?"
guru gue langsung gebrak meja. "jawab terus! keluar kamu! jadi murid kok kerjaannya telat mulu!"
"kan mending telat bu, dari pada nggak sama sekali."
guru gue udah ambil ancang-ancang untuk nyambit gue pake buku setebel amal buruk gue. pengen selamat, gue akhirnya ngacir ke kantin.
+++
arina's pov
hujan dari tadi masih mengguyur kawasan sekolah gue. sekarang udah hampir jam setengah lima dan gue sama temen-temen sekelas masih setia duduk di tempat masing-masing, nunggu hujan reda.
tapi, ada empat bangku yang kosong. tasnya ada, orangnya ngga ada. jangan ditanya lagi dah itu bangkunya siapa.
gue akhirnya memutuskan untuk ke kantin. ngga kayak yang gue bayangin, ternyata kantin rame banget. masih banyak orang-orang yang nunggu ujan reda.
termasuk calum dkk yang ternyata kabur ke kantin ninggalin tasnya.
tapi, ada yang beda kali ini. mereka lagi edisi trio kwek-kwek dalam melakukan hal idiot karena, tumben, calum ngga terlibat mengingat biasanya dia adalah biang keroknya.
luke, michael dan ashton basah kuyup sambil megang bola. si kepala suku malah bengong sambil nadahin kepalanya.
habis gue beli minum, gue langsung nimbrung sama mereka. yang tadinya bengong, calum langsung cengar-cengir pas ngeliat gue dateng.
"kok lo nggak ikut ujan-ujanan?" tanya gue. gue rasa tiga temen calum yang lain ngga denger karena mereka sibuk jawabin sapaan-sapaan adek kelas yang lewat.
calum cuma ngangkat bahunya. "abisnya gue ngga bawa sampo sama sabun."
"hah?"
"dulu gue pas kecil setiap ujan deres pasti mandi ujan," jawab calum. "tapi beneran mandi pake sampo, sabun, sama gosok gigi. lumayan ngirit air di rumah."
oke. ternyata kelakuan ajaib orang satu ini udah berkembang biak dari kecil. gue nggak perlu kaget.
tapi, kalo diliat sekarang, calum boleh juga sih. dia punya mata cokelat, idungnya walaupun segede sumur juga mancung, alisnya juga tebel kayak ulet bulu pohon jambu.
"udah puas liatin guenya? ngga mau sekalian dibawa pulang?"
"yeu apaansih orang gue ngeliatin ujan." gue mendengus. "ujan itu—"
"kalo lo mau ngelanjutin kalimat lo pake kata-kata sok puitis, gue pretelin rambut lo." samber calum tiba-tiba. "lagian tuh ya, ujan itu cuma bikin banjir, bukan bikin lo mendadak kangen seseorang atau apalah."
"gue belom selesai ngomong nyet!" bales gue protes. "udah lah, gue balik aja ke kelas."
calum cuma mendengus geli. gue yang ngeliat malah makin bete dan langsung buru-buru ninggalin kantin berhubung ujan juga udah mau reda.
"oiya rin, lo lupa sesuatu!" teriak calum sebelum gue belok ke arah jalanan kelas. gue mau ngga mau pun nengok dengan pandangan bertanya.
"gue udah pernah bilang kan kalo lo lucu kalo lagi marah? makasih ya udah lucu lagi sore ini!"
iya mampus lo teriak aja lebih kenceng lagi biar sekalian satu sekolah yang denger! ini orang kerjaannya cuma bisa bikin masalah sama bikin marah anjir.
beberapa orang di kantin ngeliatin gue sama calum bergantian. termasuk luke, michael dan ashton. malu, gue memutuskan buat kabur ke kelas terus pulang.
•••
KAMU SEDANG MEMBACA
bader // calum
Fanfiction[book 1] "sekarang, di depan nasi uduk yang lo pesen, kita jadian. biar alica, bihun dan kerupuk warna-warni yang jadi saksinya." -calum, sukanya bubur ayam, tapi lebih suka kamu. cover: pinterest; Frederik Lindstrøm.