X

1.3K 28 9
                                    

X dalam bilangan Romawi berarti 10.
Kita bisa nemuin X di sebagian jam tangan, jam dinding, papan plang kelas, dan lain-lain.

Kalau masih inget aturan penulisan bilangan Romawi, X cuma bisa ditulis berturut-turut sampai tiga kali.

Contoh:

X = 10
XX = 20
XXX = 30

Angka 40?
Bukan XXXX
Yang benar salah satu ukuran baju.
Itu loh XL = 40

* * *

A dan B adalah sepasang suami istri yang jarang bertemu karena A bekerja di luar negeri. Dua hari ini, A tinggal bersama anak dan istri yang berkunjung ke negara tempatnya bekerja.

A: Eh, Bun, anak kita udah gede aja. Berapa umurnya?

B: Masa umur anak sendiri lupa? X tahun lebih X bulan, Pah.

A: Jajannya nambah gede juga dong.

B: Pasti. Sehari mana mau dikasih jajan X ribu. Buat pulsa aja gak cukup katanya. Maunya dikasih XXX ribu.

A: Anak zaman now. Kita ngasih makan anak, eh, anak ngasih makan hape.

B: Ya, yang penting dipake buat hal bermanfaat.

A: Emang suka dipake apa?

B: Nonton YouTube. Sehari bisa tuh sampe XX kali.

A: Letak manfaatnya di mana?

B: Anak kita jadi pinter bahasa Inggris, Pah. Bahasa Upin-Ipin juga jago.

A: Ya sudah, yang penting diawasi aja tontonannya.

B: Pastinya, Pah. Makanya transferannya tambahin dong.

A: Lah, apa hubungannya? (mengerutkan kening)

B: Apa-apa serbamahal, Pah. Apalagi Bunda juga ngasih makan hape buat nonton vidio di Instagram. Minimal tambahin X juta lah, Pah.

A: Bun, yang masuk akal dong. Kan tau gaji bulanan Papah gak nyampe segitu. Trus Papah di sini makan apa? Garem? Jangan nyesuain gaya hidup sama isi Instagram, tapi nyesuain gaya hidup sama isi dompet. Dihemat-hematin aja lah.

B: (manyun sambil buka Instagram)

Sekian.

Garing, ya?

* * * *

XXXTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang