Xenofobia

648 24 6
                                    

Xenofobia merupakan istilah di dunia psikologi yang berarti perasaan benci (takut, waswas) terhadap orang asing atau sesuatu yang belum dikenal; kebencian pada yang serbaasing.

Xenofobia bisa sangat berbahaya hingga mengancam jiwa. Contoh nyata terjadi di Afrika Selatan (Afsel) pada Maret 2008. Penyerangan yang dilakukan warga Afsel pengidap xenofobia terhadap pendatang, mengakibatkan 62 orang tewas dan ratusan orang terluka. Saking membabi butanya, beberapa warga asli Afsel menjadi korban penyerangan.

Rupanya penyakit sosial yang diidap warga miskin Afsel ini akibat kecemburuan kepada orang asing yang sukses di Afsel. Mereka merasa lahan rezekinya telah diserobot.

Hal meresahkan ini membuat organisasi kemasyarakatan dan LSM di Afsel bersepakat melancarkan kampanye anti-xenofobia bertema "Tiup vuvuzela untuk menepis xenofobia" menjelang Piala Dunia FIFA 2010 di Afsel karena dikhawatirkan terulang lagi. Penyelenggaraan Piala Dunia tentu memberi kesempatan bagi pendatang untuk mendulang rezeki di sana.

Wow, sungguh mengerikan, ya? Jangan sampai deh itu terjadi di negara tercinta kita. Di era globalisasi ini, kita tak dapat menampik kedatangan warga asing yang hendak mendulang rezeki di negara kita. Saudara-saudara sebangsa kita juga ada yang menjemput rezeki di negara/benua lain.

Jangan sampai hal ini membuat kita jadi ketakutan karena rezeki itu ada di tangan Tuhan dan takkan pernah tertukar. Dengan tetap berdoa dan berusaha, kita akan tahu di mana rezeki--yang telah disiapkan Tuhan itu--dapat kita jemput. Terkadang malah datang sendiri tanpa diduga-duga. Contohnya saat om/tante datang dan nambahin uang jajan.

Intinya, semoga negara kita terbebas dari xenofobia ini, ya. Karena apa pun makanannya, minumnya air higienis.

* * * *

Vuvuzela atau biasa disebut Lepatata (dalam bahasa Tswana) adalah sebuah alat musik tiup khas Afrika Selatan. Alat musik ini memiliki panjang sekitar 65 cm dan menghasilkan tekanan suara sebesar 127 desibel (Wikipedia).

Sumber:

KBBI V

http://nasional.kompas.com/read/2010/07/06/09083233/habis.piala.dunia.xenofobia.mengancam

XXXTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang