Xerofobia

200 9 0
                                    

Pada pertengahan tahun ini, kita tak dapat menghindar dari kunjungan musim kemarau. Musim ketika sinar matahari seolah lebih sering dan lebih intens berpapasan dengan bumi. Awan-awan bisa saja tak sebanyak dulu. Cuaca mendung tak menyapa sesering dulu. Air lebih banyak yang menguap saking ngantuknya, ups salah! Keringat mungkin lebih sering mengucur deras tanpa harus berolahraga. Muncul pula titik-titik api di hutan yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan, asap tebal, dan tentu menggersangkan wilayah sekitar.

Musim kemarau ini identik dengan kekeringan. Ketika tanah bisa saja mulai retak, rerumputan mengering, dan pesawahan kekurangan air. Namun, kita selalu bisa melewatinya. Kita masih bisa mandi, minum, dan memasak meskipun terjadi kesulitan air bersih di beberapa wilayah. Di antara kita mungkin ada yang mengeluh atas kondisi kering ini, tapi tidak sampai ketakutan.

Bagaimana bila ada yang sampai ketakutan dengan kondisi kering ini? Ketakutan yang sangat berlebihan atau kita kenal sebagai fobia.

Inilah yang dinamakan xerofobia, suatu penyakit psikologis berupa ketakutan yang sangat berlebihan terhadap keadaan kering. Bagi pengidap xerofobia, kondisi kering merupakan momok menakutkan, bahkan menganggap bahwa kondisi tanpa air berarti tidak adanya kehidupan atau berpotensi kematian. Bukan hanya takut pada musim kering, tempat kering, melainkan juga takut apabila kulitnya kering.

Pengidap xerofobia memiliki beberapa gejala, antara lain:

- menggunakan pelembap kulit, krim wajah, dan lip balm

- minum banyak cairan

- mengaktifkan humidifier (pelembap ruangan)

- memastikan rerumputan mendapat banyak air

- melarikan diri dari orang yang tampak berkulit, berambut, atau berbibir kering

- panik, sesak napas, mual, gemetaran, menghindar (menarik diri), peningkatan denyut jantung, atau frustrasi akut

Penyakit psikologis ini dapat diobati dengan mengubah pola pikir tentang kondisi kering dan menjalani terapi yang dibimbing oleh terapis ahli.

* * * *

Sumber:

http://www.phobiasource.com/xerophobia-fear-of-dryness/

XXXTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang