Rambut kriwil-kriwil, hidung mancung, beralis tipis, berkumis(?), bercambang, dan berjenggot. Seperti itulah penampakannya di sebuah koin. Soal ganteng atau tidaknya, entahlah. Lagi pula, ganteng itu relatif, wk wk.
Siapa dia?
Dialah Xerxes I of Persia atau Ahasyweros I dari Persia yang lahir pada tahun 519 Sebelum Masehi (SM). Putra dari Darius I (raja sebelumnya) dan Atossa ini adalah raja keempat dari dinasti Akhemeniyah di Kekaisaran Persia yang berkuasa pada 485–465 SM.
Selama masa kekuasaannya, Xerxes melanjutkan misi sang ayah untuk melakukan invasi (penyerangan) terhadap Yunani pada 480 SM. Pada invasi lanjutan ini, Xerxes dan tentara Persia berhasil menguasai kota Athena dalam Pertempuran Thermopylae.
Namun, invasi Xerxes terhambat ketika angkatan laut Yunani--di bawah kepemimpinan Jenderal Themistokles--berhasil memukul mundur armadanya dengan menenggelamkan sekitar 300 kapal Persia pada Pertempuran Salamis di selat antara daratan Yunani dan Salamis. Kegagalan itu berlanjut dengan kekalahan bala tentara Persia pada Pertempuran Plataia (479 SM) dan sisa armada Persia pada Pertempuran Mykale (479 SM).
Setelah kekalahan telak itu, Kekaisaran Persia berhenti melakukan invasi terhadap daratan Yunani. Xerxes sendiri sudah kembali ke Persia, melanjutkan pembangunan sang ayah di Susan/Shush (sekarang kota di Iran) dan Persepolis. Raja beragama Zoroastrianisme (Majusi) ini juga membangun istana berukuran dua kali lebih besar daripada istana ayahnya.
Kepemimpinan Xerxes berakhir ketika ia dibunuh oleh komandan pasukan seribu, Artabanus, yang berencana menggulingkan tahta wangsa Akhameniyah. Pembunuhan yang terjadi pada Agustus 465 SM ini akhirnya diketahui oleh Artaxerses (Artahsasta I) yang kemudian mengakhiri hidup Artabanus dan putra-putranya. Tahta Persia pun dilanjutkan oleh putra Xerses, yaitu Artahsasta I.
Sekian.
* * * *
* Dinasti = keturunan raja-raja yang memerintah
* Wangsa = keturunan raja; keluarga rajaSumber gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/1c/Xerxes_I.jpgSumber:
- Kamus Indonesia (KBBI V)
- https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ahasyweros_I_dari_Persia
- https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Salamis
KAMU SEDANG MEMBACA
XXX
RandomHow do you think about X? Let's learn together. Warning! Kadang sadar EBI, kadang kagak sadar-sadar. ?