X

217 9 0
                                    

X itu biasanya huruf-huruf untuk menandai bagian gambar pada soal-soal IPA. Contohnya gambar pada soal asli UN SMP IPA 2017 berikut. (Cari aja di Om Gogo kalau butuh ye dengan ketik "soal un smp ipa 2017" di kolom pencariannya.)

Mau tahu soalnya?

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Mau tahu soalnya?

Perhatikan gambar persendian di atas! Bagian yang berperan dalam menggerakkan persendian X adalah ...

A. tulang B bergerak satu arah terhadap tulang A.

B. tulang A bergerak ke segala arah

C. tulang B berputar terhadap tulang A

D. tulang B bergerak dua arah ke tulang A

Yok, kita bahas, tapi tak menjamin benar, ya.

✔ Persendian X terdapat pada siku.
✔ A adalah tulang lengan atas.
✔ B adalah tulang lengan bawah.

Trik mencari jawabannya adalah dengan menggerakkan tangan kita. Pergerakan pada pilihan jawaban yang mana yang memungkinkan sendi pada siku bergerak?

Yap, you right!

The answer is A! 👏👏👏

Tulang lengan bawah B hanya bisa bergerak satu arah terhadap tulang lengan atas A (gerakan seperti mengangkat barbel). Pada saat hal itu dilakukan, persendian X bergerak. Sendi siku (X) memang termasuk sendi engsel yang memungkinkan gerakan ke satu arah. Ingat saja engsel pintu yang membuat pintu hanya dapat digerakkan ke satu arah saat membuka atau menutupnya.

* * * *

Sendi merupakan perhubungan antartulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan dua tulang disebut persendian (artikulasi). (Wikipedia)

Sumber:
http://www.generasibiologi.com/2016/10/macam-macam-sendi-pada-manusia-dan-gambarnya.html?m=1

XXXTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang