Xoʇǝp? Apa tuh?
Coba bacanya dengan membalik hapemu.
Nah, itu.
Xoʇǝp (ᴉsɐʞᴉɟᴉsʞoʇǝp) adalah proses penetralan atau pengeluaran racun atau zat-zat bersifat racun dari dalam tubuh. Pada dasarnya, setiap hari kita mengeluarkan racun secara alami, misal melalui keringat atau buang air kecil. Dengan berpuasa, terjadi pengoptimalan xoʇǝp ini karena pada saat perut kosong, organ pencernaan beristirahat sehingga tubuh lebih maksimal membuang toksin atau racun dari dalam tubuh. Akan tetapi, proses xoʇǝp ini juga bergantung pada komposisi makanan saat berbuka dan sahur.
Buah-buahan dan sayuran tentu bagus dikonsumsi. Namun, hati-hati bagi pengidap masalah lambung (misal maag), hindari mengawali berbuka dengan buah-buahan (terutama yang mengandung vitamin C) dan sayuran bergas, seperti kol. Kalaupun mau minum dalam bentuk jus, hindari penambahan gula.
Minum air mineral 8 gelas per hari juga termasuk cara untuk menunjang proses xoʇǝp. Bagi yang sedang berpuasa, bisa membaginya menjadi beberapa waktu, misal 2 gelas saat berbuka, 4 gelas dari setelah berbuka hingga sebelum sahur, dan 2 gelas saat sahur.
Oh ya, puasa itu bisa dilakukan siapa saja. Bahkan, pada momen puasa Ramadhan ini, dua artis kita--Haruka ex-JKT48 dan Donnie ex-Ada Band--juga turut berpuasa untuk menjalankan diet sehat.
Beberapa organ tubuh yang melakukan xoʇǝp alami, antara lain paru-paru, usus, ginjal, hati, kelenjar getah bening, dan kulit. Racun di dalam tubuh kita berasal dari makanan dan paparan lingkungan. Organ-organ tersebutlah yang berfungsi membasmi racun-racun itu.
Sebagai informasi tambahan, kita bisa baca hasil dari segmen Mitos (❌) atau Fakta (✔) di acara "Ayo Hidup Sehat" berikut ini. Penjawabnya dokter yo. (Kalau tidak salah dengar, nama dokter tamunya Dokter Yongki.)
1. Perut kosong saat berpuasa merupakan waktu bagi sistem pencernaan membuang toksin atau racun (xoʇǝp).
Jawaban: ✔
2. Diet dengan cairan atau jus buah (tanpa gula) bisa mengeluarkan racun.
Jawaban: ✔
Menurut dokter, gula bisa memberatkan kerja hati.
3. Minum banyak air putih bisa xoʇǝp-uǝɯ tubuh.
Jawaban: ✔
Banyak air mineral yang diminum 8 gelas per hari.
4. Berkeringat dan sauna bisa mengeluarkan racun.
Jawaban: ✔
5. Xoʇǝp bisa dilakukan dengan konsumsi obat-obatan herbal dan pencahar.
Jawaban: ❌
Karena pada dasarnya, tubuh bisa melakukan xoʇǝp sendiri. Kita cukup menunjangnya dengan pola hidup/makan sehat.
6. Usus (usus besar) mempunyai bakteri alami sendiri untuk membersihkan sisa makanan.
Jawaban: ✔
* * * *
Sumber utama:
"Ayo Hidup Sehat", tvone, 23 Mei 2018
Sumber tambahan:
https://gaya-tempo-co.cdn.ampproject.org/v/s/gaya.tempo.co/amp/630394/cara-benar-detoks-tubuh?
KAMU SEDANG MEMBACA
XXX
RandomHow do you think about X? Let's learn together. Warning! Kadang sadar EBI, kadang kagak sadar-sadar. ?