Obrolan Kwon Soonyoung dan Jeon Wonwoo
"Nu sini bentar, duduk samping gue."
"Apaan?"
"Gue mau diskusi sama lo."
"Diskusi apa ngerumpi? -Gak usah nyengir lo jelek! -Gak usah cemberut tambah jelek lo!"
"Gue mau curhat sih.."
"Curhat apaan?"
"Lo kan udah lama terjun di dunia wattpad, beda kayak gue-"
"-Apa? Lo udah dari pertengahan februari 2015 kalo lo lupa."
"Iya-iya!"
"Terus apa?"
"Gue sebel masa pembaca gelap gue banyak banget!"
"Lah terus?"
"Ya gue bete' aja, jadi males ngelanjut nulis lagi."
"Lu niat nulis gak sih?"
"Ya niat dong!"
"Kalo lo niat nulis, gak usah lu pikirin pembaca gelap dan semacemnya."
"Tapi Nu-"
"Denger ya Chi, gue pernah baca di lapak orang, lo gak usah pikirin yang namanya pembaca gelap, vote, komentar dan semacemnya itu, fokus aja sih nulis, kalo tulisan lo layak pasti banyak kok yang ngasih dukungan."
"Berarti tulisan gue gak layak dong?"
"Gak gitu juga kali Chi, mungkin aja genre tulisan lo kurang di minati pembaca."
"Apa gue perlu promote?"
"Boleh aja sih, tapi inget ya Chi, lo tetep harus perhatiin tulisan lo, jangan lo koar-koar sana-sini tapi tulisan lo terbang kalai."
"Terus?"
"Ya lo promote sekedarnya aja."
"Lo suka promote?"
"Enggak juga, gue promote sekedarnya aja, di wall sosmed atau status ig doang."
"Gue promote di kolom komentar orang Nu?"
"Boleh aja sih, tapi awas ngenganggu yang punya status atau cerita yang lo tumpangin. Bayangin aja sih misal lapak lo yang di jadiin tempat promote, risih enggak?"
"Risih sih Nu."
"Ya udah gak usah promote di lapak orang, promote dilapak sendiri aja sih Chi."
"Oiya Nu gue dapet reader yang sedikit nyebelin.."
"Nyebelin gimana Chi?"
"Kan dia sering ngasih komentar terus rajin vote, kan anaknya asik sih makanya gue ladenin. Tapi lama-lama nyebelin, dia akhirnya promote tulisannya."
"Nah terus, masalahnya dimana?"
"Gak ada sih.. Cuman yah, setelah gue balik ngasih dukungan ditulisan dia, dia ngilang dari lapak gue Nu. Tapi dia tetep nulis."
"Maksudnya? Jangan bilang lo ngarepin dukungan dia di lapak lo?"
"Satu dukungan dari satu orang itu berarti tahu Nu."
"Ya udah sih biarin aja, mati satu tumbuh seribu juga Chi."
"Oiya Nu, gue punya author favorit nih, tapi dia ngilang tanpa jejak. Itu gimana urusannya?"
"Ya itu urusan dia, bukan urusan lo."
"Ish! Gue serius!"
"Ya mungkin aja, kayak masalah lo tadi Chi. Dia ngerasa kecil hati karena peminat tulisannya sedikit gak banyak yang beri dia dukungan. Lu juga sih sering sider —Gak usah nyengir lo jelek!"
"Tapi—"
"Ya kalo dia emang niat awal mau beneran nulis, mau sider banyak, dukungan sedikit dia bakal tetep nulis. Ibarat obat walau pahit tetep harus di minum biar cepet sembuh Chi."
...
"Ada juga penulis yang cuma semangat di awal, pas pertengahan dia bingung mau dibawa kemana tulisannya, sampe akhirnya dia pilih menghilang dari Wattpad."
"Oiya Nu, gue pernah baca dilapak orang, dia bilang mau berhenti karena masalah rl, yang bilang udah gak boleh nulis karena ketahuan pacaranya, dan juga ada yang nikah."
"Ya bisa aja itu fakta, fake juga bisa. Cuma buat alesan karena udah males aja sih Chi, kalo udah niat dan cinta nulis halangan apapun tetep aja di embat."
...
"Lagian ya Chi, lapak orang yang gue baca tadi tuh udah nikah, punya suami dan anaknya lebih dari satu tetep aja sih nulis, dia juga dulu sering ngadain giveway."
"Masa sih?"
"Iya."
"Lu ngadain giveway juga?"
"Enggak Chi atm aja gak punya."
"Iih gak perlu pake atm juga kali, pulsa juga kena buat pemula."
"Enggak usah Chi, kalo tulisan lo layak dan diminati gak perlu lo ngadain giveway buat sogokan, buat narik peminat pembaca. Inget Chi yang lo tonjolin itu karya tulis lo bukan giveway lo."
"Gue masih mikir.."
"Gak usah kebanyakan mikir, enjoy aja sih nulis lanjutin aja terus, gak usah pikirin yang lain-lain."
"Lain-lain."
"Aelah, yang ada di otak lo Chi. Kayak sider, vote, komentar ataupun persaingan penulisan. Inget kalo cerita lo layak bakal banyak kok yang kasih dukungan tapi inget lo kan ngambil sesuatu beda jadi agak sulit buat menarik peminat pembaca."
"Ooh ya udah, makasih ya Nu.. Besok-besok gue curhat lagi deh.."
Fakta Menyebalkan pt. 1
A/n : Iseng aja sih nulis ini. Soalnya boring, ff favorit gue authornya pada ngilang.
Ini buat diri sendiri sih, buat penyemangat aja waktu ngerasa capek dan loyo. Tapi bener-bener sedih author favorit tak lagi terjamah 😭😭😭 Ayolah berteman, kita sama-sama Carat kan? Berbagi juga boleh..Just-Tya
KAMU SEDANG MEMBACA
Hoshi
Hayran KurguCollection Cinta Si Sipit Kwon Soonyoung. Soonyoung dengan couplenya. Tentang oneshoot Hoshi Seventeen. AN : Kalian bisa request, pairing favorit kalian asal tidak keluar dari Hoshi. •Frustasi akibat cerita SoonWoo sedikit beredar di dunia Orange!•