Pagi pun menjelang, kini aku dan teman – temanku sedang menikmati sarapan yang telah disiapkan oleh Bi Inem.
“Eh Son Xel, entar balik sekolah kumpul di kelas bentaran ya buat bahas ujian praktiknya. Entar kalian kasih tau anak – anak kelompok kita lainnya!”
Perintahku ditengah – tengah kami menikmati sarapan kami.
“Aye – aye boss.”
Jawab mereka serentak.
“Gak kerasa ya kita sekolah udah hampir selesai. Udah ujian praktik aja.”
Ujar Farel.
“Iya nih, bakal kangen gue godain cewek.”
“Yeh, kayak lo yang mau tobat aja Do Do!”
“Sialan lo Ndrew. Gini – gini gue berencana mau tobat loh. Gue tuh sebenernya gak mau jadi playboy, cuma karna gue merasa hidup gue penuh cobaan makannya gue cari hiburan selain bisa kumpul bareng kalian. Capek gue kalo disuruh mikirin urusan rumah yang gak ada kelar – kelarnya, ada aja yang diributin. Gue sampek bingung sama bokap nyokap gue sendiri, visi misinya mereka nikah tu apa kalo setiap harinya berantem mulu!”
Ungkap Aldo dengan sedikit emosi yang tergurat di wajahnya.
“Santai Do, masih ada kita kok yang ada buat lo. Gue juga ngerasain kayak yang lo rasain kok. Bahkan udah hampir sepuluh tahun lebih mungkin gue gak ngerasain gimana rasanya disayang orang tua. Setidaknya lo masih beruntung lah bisa lihat mereka di rumah ketimbang gue.”
Sahut gue dengan menepuk bahunya.
“Lo berdua yang sabar ya, gue turut merasakan kesedihan kalian walaupun gue gak ngerasain langsung gimana rasanya jadi kalian. Tapi naluri seorang sahabat pasti ada lah apalagi kita udah bareng – bareng sejak smp. Enam tahun bukan waktu yang singkat brother! Kalo kalian kangen diperhatiin bokap nyokap kalian, kalian semua bisa dateng kok ke rumah gue. Anggep aja bokap nyokap gue bokap nyokap kalian juga, lagian juga bunda sama ayah gue udah anggep kalian semua anak – anaknya mereka kan. So jangan sedih lagi, masih ada kita kok.”
“Iya tuh bener kata Andrew, kalo masih kurang ada papa mama gue yang juga udah anggep kalian semua anaknya. Kapan pun kalian mau kerumah gue pintu selalu terbuka kok kata bokap gue sih gitu.”
Ujar Axel yang membuat kami terkekeh.
“Kalo masih kurang lagi ada papi mami gue yang katanya mau ngurus akte kelahiran sama kartu keluargan buat nambahin nama kalian jadi anaknya mereka. Jadi gak usah sungkan – sungkan lagi.”
Kali ini perkataan Jasson yang membuat tawa kami pecah seketika.
“Mantap ma bro, entar kalo kita pergi bareng keluarga lo disangkanya dulu nyokap lo hamil kembar enam tak identik lagi hahahaha.”
“Hahahahaha bener juga lo Rel.”
“Kalo lagi – lagi masih kurang ke rumah gue aja. Mama papa gue siap nampung kalian kok, tapi kalo di rumah gue jangan lupa manggilnya mamsky sama papsky ye. Lo pada tau sendiri kan nyokap gue narsisnya astaghfirullah ngelus dada gue sama bokap.”
“Hahahaha gitu – gitu nyokap lo loh Rel.”
“Iya sih, sayangnya nyokap gue coba kalo kaga. Udah gue tinggalin deh ke rawa – rawa.”
“Hahahaha, yaudah deh besok – besok kita touring ke rumah kalian satu – satu ya buat ketemu bokap nyokap kita.”
“Setuju Do. Ya udah sekarang abisin aja deh makannya. Keburu siang entar telat.”
Sahut ku.
***
Saat ini aku, Axel, dan juga Jasson sudah berada di dalam kelas kami. Ya, setelah menyelesaikan sarapan tadi aku dan teman – teman ku bergegas menuju sekolah kami masing – masing. Axel dan Jasson sedang mendata siapa saja yang ingin bergabung dengan kelompok ujian praktik agama kami, sedangkan aku sedang duduk di bangku ku sendiri.
“Woii sabar keles, ini gue lagi nulis kaga usah pada berebut nape si ah!”
Ku dengar Axel sedang medumel kesal di samping Jasson.
“Tau nih kaga bisa sabar, gue tau kalian kepingin sekelompok sama kita kan. Secara gitu kelompok ini isinya cowo – cowo kece semua, tapi sabar dikit dong jan dorong – dorong meja. Berasa lagi bagiin sembako ke rakyat Zimbabwe gue.”
Timpal Jasson dengan raut muka tak kalah kesal seperti Axel.
“Nah udah pas! Ok guys, pendaftaran anggota kelompoknya Ali closed! Buat kalian yang ga dapet bagian bisa gabung noh di kelompoknya Aldi. Babay oll!”
Kata Axel yang di sahuti dengan desahan kecewa murid kelas kami.
“Oke buat Alex, Rian, Christian, Shella, Vio, Giselle, There, Melia, Riska entar balik sekolah kumpul dulu sama boss geng. Kalo ada yang cabut duluan gue blacklist lo pada!”
Ujar Jasson.
“Siapp dah.”
“Bagus.”
Ku lihat Axel dan Jasson berjalan menghampiri ku.
“Udah?”
“Udah, gila Li hampir sekelas pada mau gabung ke kelompok kita. Untung tadi gue sama Axel pilih-pilih dulu orangnya, biar bisa diajak kerja semua kaga numpang nama doang.”
“Iya, pegel tangan gue tulis coret tulis coret mulu dari tadi. Apalagi pada dorong-dorong meja lagi. Sakit badan gue kedorong meja, gila.”
“Ya udah yang penting entar balik sekolah jan lupa kumpul dulu.”
Tak lama terdengar suara bel pelajaran pertama, kali ini pelajaran bahasa inggris lah yang mengawali hari ini. Terlihat Aldi sang ketua kelas berlari kecil sambil berteriak bahwa Miss Michelle datang.
“Stand up! Give greeting!”
Komando Aldi untuk memberi salam kepada Miss Michelle.
“Good morning Miss.”
“Good morning. Sit down, please!”
Kami pun kembali duduk di bangku kami setelah Miss Micelle mempersilahkan kami. Dan selanjutnya pelajaran pun dimulai seperti biasa.
***
Jam sudah menunjukkan pukul tiga lebih limabelas menit yang artinya jam pulang sekolah sudah berbunyi sejak limabelas menit lalu. Saat ini aku sedang berdiskusi dengan teman-teman kelompokku untuk membahas ujian praktik agama yang akan dilaksanakan sekitar seminggu lagi.
“Ok guys, untuk struktur organisasinya ketua udah pasti Ali, wakilnya Shella, bendaharanya Riska sama There, sie konsumsi Vio sama Giselle, sie acaranya Melia, sie dokumentasinya Christian sama Jasson, Rian yang main musik entar juga katanya mau dibantu Ali, gue sama Alex yang jadi Mcnya.”
Jelas Axel.
“Ada yang mau ditanyain dulu?”
Tanya ku.
“Gue Li.”
“Silahkan Mel.”
“Kita mau buat acaranya kayak gimana?”
“Ok, jadi acaranya akan gue buat santai. Mungkin cuma nyanyi bareng, game, sama akhir acaranya kita mau kasih mereka makanan buat makan bareng. Gue gak mau buat acara yang berat-berat karna kalian tau sendiri kan mental mereka beda sama kita, so acaranya kita buat kayak acara anak kecil aja.”
Jelasku panjang lebar.
“Li, dananya gimana?”
“Nah buat Riska sama There yang ngurus keuangan gue minta kalian susun menu-menu buat dijual catering. Gue gak mau menyusahkan kalian untuk mengeluarkan uang yang mungkin sedikit banyak untuk pengeluaran kali ini. Yah meskipun nanti kita tetep ada iuran setidaknya catering ini membantu kita untuk masalah biaya. Dan kalian berdua gak usah khawatir karna nanti kita sekelompok bantuin lo pada buat jualin catering ini.”
“Okay.”
Balas Riska dan There serempak.
“Buat tempatnya gue udah tentuin RSJ mana yang akan kita kunjungi untuk bhakti sosial ujian praktik kita kali ini, kita akan ke RSJ Pelita Kasih. Dan mungkin lusa kita kesana bareng-bareng buat survey tempat sekalian ngajuin surat proposal ke pihak rumah sakitnya. Karna ini lumayan jauh jadi kita pake mobil gue sama mobil nya Jasson aja, kasian yang cewek-cewek. Dokumentasi gue serahin ke kalian berdua ya Chris, Son. Nanti ada bagian ngefoto sama bagian yang ngevidio, selesai itu kalian berdua edit jadiin yang menarik lah. Buat Rian lo ada gitar kan?”
“Ada kok.”
“Oke lo cukup bawa gitar aja, entar gue juga bawa gitar. Axel sama Alex kalian yang mandu acaranya, kasih yang lucu-lucu biar mereka terhibur tapi jangan pake bahasa yang rumit karna you know lah. Pake bahasa anak-anak aja biar mereka juga ngerti. Okay, ada yang mau ditanyain lagi?”
Tanyaku yang dijawab gelengan dari anggota kelompokku.
“Oke diskusinnya sampe sini aja, jangan lupa lusa setelah balik sekolah kita ke RSJ Pelita Kasih untuk survey tempatnya. Kalian boleh pulang.”
“Siap boss.”
Jawab mereka serentak.
“Kita balik dulu ya Li.”
“Sip, hati-hati.”
Aku pun mengambil tas ku dan berlalu dari kelas bersama dengan Axel dan Jasson.
“Kira-kira nanti acaranya bakal gimana ya? Gue masih belum bisa bayangin deh LI, Xel.”
“Iya Son sama gue juga. Lagian Miss Lela aneh-aneh bae pake segala bhakti sosial ke RSJ, kayak gak ada tempat lain aja.
Gerutu Axel.
“Udah deh lo berdua gak usah pada ngeluh. Ini tuh saat nya kita berbagi sama orang-orang yang kekurangan mental. Kita yang dikasih kesehatan utuh harusnya bersyukur dong karna kita nggak kayak mereka. Lagian juga lumayan kan nambah-nambah pahala.”
“Iya-iya boss geng mah dalem banget ngomongnya.”
“Udah ah gue mau balik duluan. Bye.”
“Tiati lo Li.”
Balas Jasson yang ku jawab dengan acungan jempol.
***
Vomentnya guys jangan lupa🙏
KAMU SEDANG MEMBACA
Senja & Kedamaian
FanfictionRank #1 Kedamaian on 25/07/18 Rank #5 aliprillylovers on 19/09/18 Rank #504 brokenhome on 21/09/18 Rank #132 senja on 14/10/18 Rank #355 aliandoprilly on 30/10/18 ••• Ketika hidup yang dihiasi pelangi harus tergantikan dengan kesuraman. Bahagia kelu...