06

1.7K 204 33
                                    

Kai

Jadi cowo tuh cape, mau ga mau harus terus nyari uang buat diri sendiri apalagi udah nikah yang dipikirin bukan cuma diri gue tapi ada istri sama kebutuhan lain yang harus gue cukupi. Sebelum nikah, duit gue dibagi buat nabung, bayar perawatan apartemen, sama gue ngasih buat nyokap, kadang gue bayarin uang jajannya Mirza. Setelah nikah gue lebih fokus buat manage keuangan dibantu sama Krystal, pokoknya gajian gue delapan puluh persen gue kasih ke dia buat dia atur sendiri masuknya kemana aja tapi dengan syarat dia ngasih gue laporan setiap bulan saldo masuk sama pengeluaran harus jelas buat apa aja. Karena belum ada sebulan nikah dan gajian gue yang kemaren baru pertama kali dia yang ngatur, katanya lumayan ribet, karena harus pinter muter otak buat naro sesuai kebutuhan.

"Duit dapet banyak kaya gini tetep aja susah ngaturnya kalo udah nikah." Dumel Krystal yang lagi sibuk nyatetin buku keuangan.

"Kalo gampang dari dulu juga gue udah nikah." timpal gue.

"Emang ada yang mau lo nikahin?"

Dih, ngeremehin gue.

"Ada lah, anak kantor." jawab gue sombong. Tapi kayanya jawaban gue salah, soalnya dia jadi diem gitu.

"Ngga ada pertanyaan kan? Gue udah cape mau istirahat."

Buru-buru banget dia mau main pergi aja, suaminya baru pulang belum makan ga ditawarin dulu.

"Terus buat lo? Ngga ada?" tanya gue yang tadi masih agak ganjel karena dia ga nyebutin nominal yang masuk ke rekening dia.

Dia mengendikkan bahunya, "Ngga, itu duit lo gue ngga berani nyentuh."

Gue narik napas panjang. Dia ini sengaja mau ngajakin ribut apa gimana sih? Gue ngga ngerti sumpah. Gue mungkin masih bisa sabar kalo yang dibahas bukan masalah uang apalagi ini soal nafkah. Itu emang duit gue, tapi pertanyaannya, gue kerja buat siapa kalo bukan buat dia? Ngapain gue nikahin dia kalo dia ngga mau makan duit gue?

"Kan kita udah setuju dua puluh persen sisanya dibagi rata buat gue sama buat lo, kalo perlu yang lima belas persen masuk ke tabungan lo, biar gue yang megang sisa." kata gue menekankan balik hasil diskusi gue sama dia waktu sebelum nikah.

Krystal menggeleng, "Ngga kok ga papa, lo kerja seharian pasti cape, gue nanti bisa ngambil dari hasil gue freelance."

Rahang gue udah kaku, ga ngerti gue harus ngomong pake bahasa apa ke Krystal biar dia bisa paham. Ini udah sampe ke tahap melukai harga diri gue sebagai suami. Gue ngebolehin dia kerja lagi karena itu hak dia biar dia ga sepi di rumah sendirian, gue ngebebasin dia mau kerja tetap atau freelance yang penting itu bisa bikin dia seneng dan dapet pengalaman baru, gue bakal dukung penuh. Tapi kalo dia kerja buat ngehasilin uang sendiri dan ga mau nerima uang dari gue ya buat apa?

"Ngga usah ngeselin bisa ngga sih?" tanya gue mulai kesulut emosi, udah berusaha nahan banget ini ngomong pake nada normal. "Gue kerja nyari uang buat siapa emang kalo bukan buat lo? Gapapa lo kerja lagi silahkan, duit hasil kerja lo silahkan ditabung kalo lo mau, tapi buat keperluan lo itu masih tanggung jawab gue. Suka atau ngga, lo harus tetep nerima nafkah dari gue karena gue suami lo. Kalo lo kaya gini ya buat apa gue kerja?"

Dia diem, sadar kalo gue lagi serius ngomong sama dia. Syukur kalo gitu, biar dia mikir yang bener kaya gimana, ngga seenak jidat bertindak seolah-olah dia masih hidup sendiri.

"Gue cuma ngerasa gue ngga berhak dapetin itu dari lo... Makanya gue lebih baik pake uang sendiri." ucap dia dengan nada gemetar. 

Kan, jadi gue yang ngerasa bersalah udah ngomong kaya tadi.

"Tal, lo sama gue ini udah beda, kita bukan orang asing yang tinggal satu atap tanpa hubungan apa-apa. Kita suami istri. Udah kewajiban gue buat selalu ngasih nafkah ke lo meski dari awal gue bilang gue ngebebasin lo mau ngelakuin apa aja terserah, mau lo ngeladenin gue sebagai suami lo atau mau tetep kaya gini selamanya gue ngga masalah, tapi tolong, jangan pernah sekalipun nolak pemberian dari gue. Selama gue bisa ngasih semua yang lo butuhin, lo ngga perlu nyentuh duit lo sendiri. Kalo lo bersikap kaya tadi sama aja lo nginjak harga diri gue sebagai suami." jelas gue ke dia, kali ini gue bener-bener hati-hati karena ngga mau dia nangis atau ketakutan sama apa yang gue sampaikan.

DAWN OF LOVE Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang