Kai
Sore ini gue harus prepare lagi buat balik ke Jakarta karena besok harus kerja dan ada meeting sekitar jam setengah sembilan di kafe kantor sama investor. Gue ngga bisa lama-lama di Jogja terus ninggalin semua kerjaan gue di Jakarta terbengkalai gitu aja. Nanti mau beli rumah gimana kalo ngga ada pemasukan.
Krystal yang katanya mau ikut pulang balik mengurungkan niatnya karena masih betah di Jogja. Keadaan Junpi juga belum membaik sepenuhnya buat diajak perjalanan jauh. Dengan sangat berat hati gue mengizinkan Krystal tinggal disini satu minggu sementara gue harus pulang dan membereskan kerjaan. Tapi sebelum gue berangkat ke stasiun abis maghrib, jam tiga sore gue ngajak Krystal main ke rumah Mama, semalem pas gue pulang Mama ngiranya gue sama Krystal bakal nginep disini taunya gue cuma dateng buat ambil barang, jadi gue harus balik lagi ke rumah ngajak menantu kesayangannya.
"Mba Krystal. Ya Allah menantu mama makin cantik." Mama menyambut hangat kehadiran Krystal yang bisa dibilang pertama kali berkunjung ke rumah sejak jadi menantunya.
"Iya Mama juga makin cantik," Krystal tersenyum menanggapi pujian dari Mama, "Maaf ya, Mah. Krystal baru bisa kesini." Dia malah ngelirik gue, seakan menuduh gue sebagai pelaku yang bikin dia ngga bisa dateng ke rumah.
"Ngga papa, ayo masuk." Mama ngebawa menantunya itu masuk ke dalam rumah sementara gue masih betah diluar buat ngeliat motor baru Papa yang semalem ga sempet gue liat detail.
Dari infonya, motor keluaran Ducati dengan seri Panigale R ini sempet jadi pusat atensi di ajang IMS tujuh tahun lalu dan bokap emang ngebet banget mau beli motor ini dari lama cuma baru kesampean sekarang karena selalu ga dibolehin Mama dengan alasan harganya terlalu mahal. Mungkin kalo hobi gue tukang koleksi motor juga kaya bokap sama Aming yang demen beli motor-motor cakep, gue udah diusir dari rumah sama Krystal. Bokap pas beli motor ini tahun baruan aja, Nyokap gue sampe ga mau ngomong sama beliau semingguan, ngambek gara-gara beli motor ga izin dulu. Gimana ngga kesel, harganya aja bisa buat bantu gue beli tanah sekaligus bangun rumah.
"Itu baru Papa bersihin, jangan dipegang-pegang nanti takut karatan." Ujar bokap gue yang entah dateng dari kapan ngeliatin gue yang sibuk ngecek body motor.
Si Aming yang ada di belakang bokap ketawa kenceng ngeliat gue diledek.
"Jual lagi aja Pah, bantuin beli rumah." timpal gue yang bikin bokap memicingkan mata, berjalan mendekat ke arah gue kemudian menepuk dada gue.
"Jual aja ginjal kamu, masih ada dua."
Jokes bapa-bapa emang ngeselin tapi beneran lucu anjir.
"Pah, beliin yang MV Agusta dong buat ngecengin cewe-cewe."
"Halah, pake aja itu Kawasaki bekas gue."
"Nah tuh, masih bagus motornya." Bokap setuju sama omongan gue, menunjuk motor kawasaki milik gue yang sampe sekarang masih sering dirawat bokap.
Dari semua mobil dan motor di dalam garasi rumah, cuma gue yang punya motor satu, udah gitu paling murah kalo dibanding motor-motor punya Aming apalagi punya bokap yang harganya bisa menelan milyaran. Dari SMA si Aming udah keracunan Papa buat ngoleksi motor, gue diracunin juga cuma ga mempan karena lebih seneng main saham waktu itu, ga kepikiran buat buang duit gede gonta ganti motor sedangkan motor gue kondisinya masih bagus dan masih sangat layak pake, daripada mubazir mending duitnya gue simpen buat beli saham perusahaan bokap biar diem-diem gue bisa ngedepak beliau dari jabatannya sebagai CEO.
"Kemaren Papa liat punya temen Papa itu yang seri Ninja H2 Carbon keren banget, mau Papa beliin buat kado pernikahan kamu."
Gue sampe cengo denger bokap gue ngomong barusan.
"Ngga usah lah, ga bakal kepake juga."
"Yaudah Pah, buat Mirza aja."
"Kamu kalo mau ya nikah dulu. Ini buat masmu."
"Kadonya rumah aja, jangan motor." Gue mencoba negosiasi.
"Waduh berat kalo itu, harus ada jaminan dulu." Bokap gue kalo ngajak anaknya mikir suka diselingin sama becandaan jadi kadang gue ngga nangkep yang beliau sampaikan.
"Jaminan apa tuh?" Tanya gue pasang muka ga kalah ngeselin.
Bokap gue tertawa mencurigakan. "Pokoknya jaminan ini harus pasti jadi."
Paling minta gue buat pindah ke kantor bokap, gampang itu mah. Emang gue lagi ngincer juga biar pindah di Jogja. Masalah kecil.
"Iya oke, deal. Tapi beneran bantuin ya?" Ini gue aslinya setengah becanda setengah engga, kalo bokap beneran mau bantuin, gue bisa menjamin keuangan gue akan tetap stabil. Kalo diliat dari raut mukanya sih, bokap beneran mau bantuin gue kalo emang gue setuju sama syarat yang diajukan sebagai jaminan donasi dana. Tanpa mikir panjang gue langsung setuju. "Nih Ming, lo saksinya. Kalo gue besok bangun rumah Papa harus nyumbang paling ngga enam puluh persen."
Aming mengacungkan kedua jempolnya. Tapi Bokap menampilkan wajah ngga setuju, "Enak aja. Itu sih namanya rumah Papa bukan rumah kamu."
"Ya persetujuannya mau berapa persen dulu dong?" Tanya gue memastikan, takutnya gue udah deal tapi ga sesuai perkiraan.
"Empat puluh persen deh, berani bayar kontan. Tapi syaratnya harus ada jaminan ya?" Bokap gue logatnya udah kaya rentenir aja.
Gue dengan muka sombong langsung setuju, lagian syaratnya udah pasti gue disuruh pindah ke perusahaan beliau. Masalah kecil.
"Oke deal."
"Oke, empat puluh persen." Bokap menjabat tangan gue dengan mantap tanda persetujuan sudah sah dilaksanakan.
Abis itu bokap pergi dari garasi sambil bawa kanebo yang barusan banget baru selesai dipake buat bersihin motor Ducati Panigale-nya yang dikasih nama Si Manis.
"Emang lo udah tau jaminannya apaan mas? Maen iya-iya aja lo."
"Paling minta gue buat jadi bagian perusahaan, santai lah itu mah."
"Dih? Pede bener lo." Mirza malah ketawa, yakin banget gue keliatan bego banget depan dia sekarang.
"Bukan saham gue kan tapi?"
Dia menggeleng, "Bukan njir, jaminannya dapet cucu."
Gue syok bukan main, "Yang bener lo?!"
"Tanya aja sendiri."
Mampus, mana udah setuju.
───END FOR FREE───
BACA SELENGKAPNYA DI KARYAKARSA @heaventeen
KAMU SEDANG MEMBACA
DAWN OF LOVE
Fiksi PenggemarKainan Reitama harus menikah dengan Krystal Sahenda Dinata yang merupakan anak dari teman baik Papanya. Sekuat tenaga yang Kai keluarkan untuk menghindari perjodohan tersebut tidak pernah menemui keberhasilan sampai akhirnya mama menangis meminta pu...