Sehari ini, baik Tama maupun Altha sama sekali gak ada omongan. Bahkan itu cuma sekedar saling sapa pas papasan di kelas doang, gak ada begitu. Ya Tama sih cukup sadar diri kalo Altha udah punya orang lain. Apalagi orang lain dalam tanda kutip itu sohib nya sendiri.
Nyeri-nyeri ampas banget, anjing.
Selesai jam pertama, ada sela kosong buat nyebat. Btw, Tara udah nunggu dikantin Fakultas Hukum. Lorong gak rame-rame amat, tapi dia bisa liat Arsen lagi nuju ke arahnya.
"Tam, ada jam gak abis ini?" Bahunya di tepuk pelan dan dari sini, Tama liat Arsen senyum mulu. Ada rasa bahagia sekaligus nyesek juga. Arsen emang sering senyum, tapi gak pernah sebahagia ini. Intinya Arsen bahagia karena Altha nerima dia.
"Ada. Tapi gua sama Tara mau nyebat dulu."
"Yowes. Nikmati lha."
"Oke." Tepuk bahu lagi, Arsen pamit ninggalin Tama.
Semoga nyebat sebungkus gak bikin mati.
---------
Hal biasa begitu masuk ke kantin udah ditatap sedemikian antusias sama cewek-cewek disana. Ya maklum, tampang sama penampilan emang selalu dinilai duluan. Teriakan atau colekan dari cewek hukum lumayan bikin takut juga. Berasa mau dimangsa.
"Bro, sini." Itu Tara yang manggil. Doi ada di bangku pojokan kantin bude epri.
Tepuk bahu Tara, Tama langsung duduk, nenggak bintang kalengan warna biru kesukaannya Tara sampe setengah. "Bangsat. Baru dateng udah ngabisin minuman gua." Emosi Tara.
Jadi masalah karena Tama baru dateng, udah ngabisin segelas kopi luwak buatan bude kantin tersayangnya Tara.
"Potek, bos?"
"Gak usah ditanya, goblok." Tara kekeh pelan, agak miris. Miris ceu liat penampilan Tama yang agak acak-acakan. Biasanya Tama selalu tampil rapih karena cowok itu bener-bener peduli sama penampilannya.
"Makanya, kalo gua bilang suruh nyatain perasaan tuh, ya nyatain."
"Lo ngomong enak banget kayak mesen rujak."
"Pinter akademik tapi tolol soal perasaan mah, percuma. Gua dah bilangin lo kan sebelumnya." Omongan Tara kadang ngaco, kadang bener. Sekarang otaknya lagi lurus, makanya omongan sohibnya itu bener.
"Bacot sumpah lo Tar."
"Gua bacot juga demi lo. Sekarang, udah gini kan lo yang rasain." Tara ketawa, ambil pisang goreng terus makan setengahnya.
"Gua juga gak mungkin Tar mau hancurin hubungannya Arsen. Gitu-gitu, Arsen sohib kita."
"Ini nih yang gua benci dari lo Tam." Jeda sebentar, Tara hela nafas berat. "Lo terlalu mentingin orang lain bahagia tanpa liat ke diri lo, kalo lo juga perlu yang namanya bahagia."
Bahagia, ya?
Bahkan Tama udah lupa gimana rasanya bahagia.
"Gak gitu Tar."
"Mendingan lo minum air sumur biar bisa mikir jernih."
"Gak level."
"Gaya kamu suripto."
"Bodo amat paijo."
Kedua cowok itu ketawa. Satunya pura-pura, satunya lagi beneran. Kalo Tama, jelas dia pura-pura. Masih gak munafik kalo hatinya kerasa kayak diremes kuat-kuat.
Tapi, Tama rasa ini karma karena udah nyakitin Altha dulu.
-------
Kopi panas yang pahit sama sebungkus rokok jadi teman Tama di balkon kamarnya. Masih ada 1 jam lagi buat nepatin janji jemput Arumi. Maka opsi yang Tama pilih buat isi waktu senggangnya ya duduk-duduk di balkon sambil liatin jendela kamarnya Altha yang masih gelap gulita.
Tandanya, Altha belum ada sampe ke rumah.
Tama ngedecih miris. Dia mau khawatir juga siapanya Altha?
Pacar?
Mantan doang.
Label temen sih masih ada. Cuma sekarang ini emang mau ngebangun tembok dulu buat batesin diri dari Altha. Cowok manis itu masih suka negur kok kalo ketemu. Ya Tama cuma bisa nanggepin sekedarnya aja. Karena setiap Altha negur, pasti disampingnya ada Arsen yang setia genggam tangannya.
Halah, cot. Baper anjing.
Hisap sekali dan gak kerasa abis 3 batang. Tadi di kantin udah habis setengah bungkus, ditambah di jalan pulang sama sekarang. Gak mau mati muda sih, cuma nyebat adalah jalan satu-satunya kalo kacau balau.
Terakhir nyebat sebanyak ini pun ya pas baru putus sama Altha.
Dan sekarang keulang lagi karena orang yang sama.
Yaitu, Althafandra Adhiyaksa.
Bener-bener porak-poranda perasaannya.
Apalagi pas begitu nengok ke bawah, liat Altha turun dari mobilnya Arsen, gak lupa cipika cipiki ala remaja dimabuk asmara.
"Hah anjing." Ngedengus kesel, Tama buang puntung rokoknya asal terus neguk kopinya sampe abis dan masuk ke kamarnya buat siap siap jemput Arumi.
Karena sekarang juga, Tama butuh seseorang yang siap dengerin segala curahan hatinya.
-------
Mampus, Tam.
:")
KAMU SEDANG MEMBACA
Mantan +bts
Short Story[ Written in Bahasa ] Althafandra Adhiyaksa, mantannya Tama Anggara Wirayuda pas masa SMA. Mereka dipertemukan kembali di bangku kuliah, di fakultas yang sama. Lalu ada Arseno Putra Siregar, kakak tingkat cengengesan yang jatuh cinta sama Altha. Ki...