Kesalahan 12: Keakuratan Setting Cerita

1.3K 112 0
                                    

Alhamdulillah karena antusias teman-teman, preorder akan dibuka kembali. Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini.  

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Oh ya, ada GIVEAWAY, loh. Cek posting-an terbaru di Instagram saya (at)just_gita. Akan ada WRITING GUIDE dan WRITING CLINIC juga (info menyusul). Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan, ya.

***

Salah satu kekuatan lain dalam cerita adalah latar. Jika latar tempat tersebut tidak akurat, sudah dipastikan keseluruhan fondasi cerita akan goyah. Akibatnya, plot hole pun bisa terjadi. Bukan hanya latar tempat saja, tetapi waktu dan peristiwa juga termasuk dalam setting. Latar tempat merujuk pada tempat- tempat terjadinya suatu peristiwa. Sementara, setting waktu merujuk pada waktu saat peristiwa dalam cerita terjadi. Dan yang terakhir, setting peristiwa merupakan kejadian-kejadian yang melatari terjadinya suatu peristiwa. Apalagi, jika cerita tersebut bergenre drama, romansa, atau genre-genre yang menggunakan latar asli tidak seperti cerita fantasi.

Di Wattpad, latar tempat atau waktu seringnya tidak akurat saat penulis membuat cerita sequel yang menceritakan kehidupan tokoh pendukung dalam cerita sebelumnya. Apalagi jika cerita itu tidak direncanakan dengan matang sejak pertama menulis cerita utama, seri sebelumnya. Misalnya, cerita berjudul ABC mengenai kisah cinta Arman dan Kia. Lalu, ketika penulis membuat cerita sequel XYZ yang mengisahkan tentang Gadis—anak Arman dan Kia—latar cerita menjadi kabur.

Di mana letak salahnya? Jika saja penulis menarasikan detail sesuatu seperti teknologi, transportasi, dan sebagainya yang pada zaman cerita ABC saat itu sedang tren atau baru dipublikasikan, tentunya di zaman kisah si anak yang berjudul XYZ tidak mungkin masih tetap menjadi tren. Zamannya pasti sudah berubah. Segala sesuatunya selalu update sehingga latar waktu dipertanyakan. Begitu juga dengan latar tempat. Tidak mungkin selama bertahun-tahun dari gap zaman Arman tidak akan berubah tempat-tempatnya di zaman Gadis.

Nah, jika begitu bagaimana cara mempertahankan agar setting cerita tetap akurat? Apakah ada batasan jika membuat ceritasequel tanpa merusak setting cerita? Penjelasan lebih lanjut di buku, ya.

***

45 Kesalahan Penulis WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang