Min Yoon-gi (lahir 9 Maret 1993; umur 25 tahun; Hangul: 민윤기), lebih dikenal sebagai Suga, adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman. Ia adalah anggota dari grup idola pria Korea Selatan, BTS, yang dikelola oleh Big Hit Entertainment. Pada bulan Agustus 2016, ia merilis album solo pertamanya berupa mixtape yang bertajuk Agust D, dengan menggunakan nama Agust D.
Min Yoon-gi lahir pada tanggal 9 Maret 1993 di Distrik Buk, Daegu, Korea Selatan dan memiliki seorang kakak laki-laki.
Pada tanggal 13 Juni 2013, Suga memulai debut sebagai anggota BTS di acara Mnet M! Countdown dengan lagu "No More Dream" dari debut album singel 2 Cool 4 Skool. Ia memproduksi dan menulis lirik untuk berbagai lagu di semua album BTS. Pada tanggal 9 Desember 2013, di saat masa promosi mereka di Jepang, Suga didiagnosa menderita usus buntu dan harus terbang kembali ke Korea untuk melakukan operasi. Karena operasi itu, Suga tidak dapat berpartisipasi dalam beberapa kegiatan BTS. seperti acara pertunjukan akhir tahun SBS Gayo Daejeon dan MBC Gayo Daejejeon.
Mixtape pertamanya dirilis pada tanggal 16 Agustus 2016 dengan menggunakan nama Agust D. Musik video untuk dua lagu dari mixtape-nya, "Agust D" dan "Give it to Me", dirilis di YouTube dan meraih lebih dari 1 juta penayangan dalam waktu 12 jam.
Di BTS, Suga BTS bagaikan seorang ayah, karena Suga BTS lah yang sering membetulkan barang yang rusak, terutama adalah barang yang dirusak oleh rap monster, selain itu Suga BTS juga sering memarahi member BTS yang lebih muda darinya apabila melakukan kesalahan, namun Member BTS yang lain bukannya menganggap Suga BTS sebagai ayah, tetapi malah menganggap Suga BTS sebagai Kakek, Kakek Suga. Didorm, Suga tergolong anggota yang sangat malas bersih-bersih, namun walaupun begitu hal tersebut dimaklumi oleh anggota yang lainnya karena Suga yang mempunyai kebiasaan memperbaiki barang-barang yang rusak.
KAMU SEDANG MEMBACA
Blackpink & BTS
FanfictionSiapa yang tidak kenal dengan Blackpink dan BTS? Kedua grup band asal Korea ini sedang terkenal di seluruh dunia lewat lagu-lagu, video/MV, dan koreografi keren yang mereka punya. Maka tak heran bila mereka mendapatkan banyak sekali penggemar di sel...