C. Jung Ho-Seok / J-Hope
Si Sunshine kesayangan A.R.M.Y. Jung Hoseok (정호석) alias J-Hope, merupakan rapper dan lead dancer BTS. Tapi, J-Hope juga bisa bernyanyi, menulis, dan memproduksi lagu, loh. Kira-kira sudah lebih dari lima puluh lagu BTS yang diciptakan oleh J-Hope.
Cowok kelahiran Gwangju ini baru saja merilis mixtape-nya dengan album "Hope World" pada Maret 2018 lalu, menyusul band mates-nya yang sudah terlebih dulu merilis mixtape mereka, yaitu Suga dan RM. Dengan mixtape-nya ini, J-Hope menjadi artis K-Pop solo pertama yang masuk ke Billboard 200 di peringkat 63. Keren banget, ya, uri Hobi?
1. Hyung + Eomma BTS
J-Hope lahir di Gwangju, Korea Selatan, pada tanggal 18 Februari 1994. Karenanya, J-Hope termasuk pada hyung line di BTS alias jajaran member tertua. Banyak A.R.M.Y baru yang salah mengira kalau J-Hope ini salah satu maknae, karena kelakuannya yang berisik dan suka melakukan aegyo.
Padahal, J-Hope itu kakak yang bertanggung jawab, loh. Bahkan, dia dijuluki sebagai mama-nya BTS karena dia suka membantu Jin membangunkan para member, membantu memasak di dorm, beres-beres dorm, menemukan barang-barang yang dihilangkan oleh RM, dan masih banyak lagi kelakuan J-Hope yang membuat dia dijuluki mama-nya BTS.
Tapi, itu dulu ketika BTS awal-awal debut. Sekarang, sudah tidak ada lagi yang memanggil J-Hope sebagai eomma karena takut dia tidak suka. Makanya, mari kita panggil J-Hope sebagai Sunshine saja, soalnya keceriaan J-Hope memang secerah mentari.
2. Sudah Nge-dance Sejak Sebelum Debut
Adalah fakta J-Hope BTS kalau dia sudah menari bahkan sejak sebelum debut. Ketika di kotanya dulu, J-Hope sudah dikenal sebagai "Jung Hoseok dari Neuron" dan "Jung Hoseok dari (nama akademi tarinya)". Neuron adalah nama underground dance team-nya J-Hope. Semasa di Neuron, J-Hope paling suka melakukan boogaloos dan sub genre, yaitu bagian dari popping dance.
V pernah bercerita, ketika dia pindah sekolah ke Korea Arts School, banyak trainee asal daerah lain selain Seoul juga yang bersekolah di sana. Ketika BTS dikonfirmasi debut, teman-teman sekolahnya V bertanya "Kau akan debut dengan Jung Hoseok, yang dari akademi tari Gwangju itu?", seperti itulah ketenaran J-Hope sejak dulu.
J-Hope sering memenangkan kompetisi tari skala kecil maupun nasional bersama dengan Neuron maupun dengan teman-teman di akademi tarinya. FYI, akademi tari tersebut sangat terkenal di Gwangju. Bahkan, akademi itu sudah mencetak banyak idol papan atas seperti Seungri BIGBANG, Minzy ex-2NE1, Yunho TVXQ, B.A.P Zelo, dan masih banyak lagi.
3. Makna Nama "J-Hope"
Mungkin kamu bertanya-tanya dari mana asal nama panggung J-Hope (제이홉). Huruf J-nya diambil dari marganya, yaitu Jung. Sedangkan "hope" dipilih karena dia ingin menjadi harapannya BTS dan harapannya ARMY.
Makanya, ketika memperkenalkan diri, J-Hope suka mengatakan "I'm your hope, I'm your angel, I'm J-Hope!". Kabarnya, kalau punya anak nanti, J-Hope ingin menamakan anaknya "Hwimang" yang berarti harapan dan semangat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Blackpink & BTS
FanfictionSiapa yang tidak kenal dengan Blackpink dan BTS? Kedua grup band asal Korea ini sedang terkenal di seluruh dunia lewat lagu-lagu, video/MV, dan koreografi keren yang mereka punya. Maka tak heran bila mereka mendapatkan banyak sekali penggemar di sel...