Jeon Jung-kook (Hangul: 전 정국; lahir 1 September 1997), lebih dikenal sebagai Jungkook, adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman Korea Selatan. Dia adalah vokalis utama boy band BTS Korea Selatan. Sebagai penulis lagu, ia memiliki enam lagu yang diakreditasi untuk namanya oleh Asosiasi Hak Cipta Musik Korea.
Jungkook lahir pada 1 September 1997 di Busan, Korea Selatan. Keluarganya terdiri dari ibu, ayah, dan kakak laki-lakinya. Dia belajar di Baekyang Elementary and Middle School di Busan, kemudian ketika dia menjadi seorang peserta pelatihan dipindahkan ke Singu Middle School di Seoul. Jungkook awalnya bermimpi menjadi pemain bulutangkis ketika dia masih muda, tapi setelah melihat G-Dragon melakukan "Heartbreaker" di televisi, itu mempengaruhi dia untuk ingin menjadi seorang penyanyi.
Pada tahun 2011, Jungkook mengikuti audisi untuk acara bakat Korea Selatan Superstar K selama audisinya di Daegu. Meskipun ia tidak dipilih untuk serial televisi, Jungkook menerima tawaran casting dari tujuh perusahaan hiburan, tetapi akhirnya memilih untuk menjadi trainee di Big Hit Entertainment. Untuk melatih keterampilan menari dalam persiapan untuk debutnya, ia berlatih dengan Gerakan Gaya Hidup di Los Angeles selama musim panas 2012. Pada Juni 2012, dia muncul di video musik Jo Kwon "I'm Da One". Dia juga bekerja sebagai penari cadangan untuk kelompok yang dibubarkan Glam sebelum debutnya. Dia lulus dari Seoul School of Performing Arts, sekolah menengah atas, pada 2017.
Pada 12 Juni 2013, Jungkook melakukan debutnya sebagai anggota BTS dengan merilis single 2 Cool 4 Skool. Di bawah BTS, ia merilis dua lagu solo; yang pertama adalah lagu pop berjudul "Begin" di album Wings 2016, tentang pindah ke Seoul untuk menjadi idola dan bertemu anggota BTS. Yang kedua, lagu bass masa depan yang berjudul "Euphoria", awalnya dirilis sebagai bagian dari sebuah film pendek BTS berjudul "Euphoria: Them of Love Yourself 起 Wonder" dan kemudian di Love Yourself: Answer. Euphoria, yang diproduksi bersama oleh DJ Swivel, dipetakan di nomor lima di Billboard Bubbling Under Hot 100 Singles chart dan dipetakan selama 11 minggu di Gaon Digital Chart.
Jungkook juga telah dikreditkan sebagai produser utama pada beberapa lagu BTS, termasuk "Love is Not Over" dan "Magic Shop". Dengan sisa BTS, Jungkook ditahbiskan dengan Hwagwan Order of Cultural Merit kelas lima oleh Presiden Korea Selatan pada 25 Oktober 2018.
Pada bulan September 2015, ia berpartisipasi dalam kampanye "One Dream, One Korea" dan lagu yang sesuai, sebuah kolaborasi antara beberapa artis Korea untuk mengenang Perang Korea. Lagu ini dirilis pada 24 September dan dipresentasikan di One K Concert di Seoul pada 15 Oktober tahun itu.
Jungkook telah merilis berbagai sampul lagu dari artis seperti Justin Bieber, Adam Levine, Tori Kelly, Troye Sivan, dan David Guetta. Dia meliput artis Korea juga seperti Zion.T, Roy Kim, dan Lee Hi.
Pada tahun 2016, Jungkook berperan dalam acara episode pilot Flower Crew dan muncul di Celebrity Bromance. Dia juga muncul di acara King of Mask Singer dengan nama "Fencing Man" yang bersaing di episode 71 dan 72, berturut-turut. Pada bulan Desember tahun yang sama, ia berpartisipasi dalam KBS Song Festival 2016 yang menafsirkan lagu "I'm a Butterfly", bersama dengan artis lain yang membentuk "K-Pop 97 Line". Pada tahun 2018 saluran musik Korea Mnet mengundang Jungkook untuk menjadi direktur kehormatan untuk acara comeback BTS untuk merayakan perilisan album Love Yourself: Tear. Ini adalah pertama kalinya dia mengarahkan dalam kapasitas resmi.
Pada 2018, Jungkook ditempatkan pertama selama 10 minggu berturut-turut untuk majalah Hi China, peringkat selebritas yang paling dicintai di China. Dalam siaran langsung solo pada bulan Oktober 2018 di layanan streaming Korea, V Live, Jungkook memecahkan rekor sebagian besar pemirsa waktu nyata pada sejarah situs, dengan lebih dari 3,7 juta pemirsa di seluruh dunia. Pada bulan Desember 2018, sebuah video dari Jungkook yang bernyanyi di studionya terungkap menjadi 'Tweet Emas' 2018 di Korea Selatan, yang berarti itu adalah tweet yang paling banyak di-retweet di negara itu tahun itu.
Pada tanggal 6 November 2018, Jungkook menampilkan "We Don't Talk Anymore" dengan penyanyi Amerika Charlie Puth selama MBC Plus X Genie Music Awards yang pertama. Baik dia dan Puth tampil dengan BTS di kemudian hari.
Dia itu tampan, manis, lucu, apa lagi kalau dia sudah senyum, akan terlihat gigi kelincinya dan itu manis banget. Jungkook ini di julukin Golden Maknae, karena hampi semua hal bisa dia lakukan dengan baik. Maknae satu ini adalah Dancer, Rapper, dan Main Vocal di BTS, lengkap kan sungguh namja yang perfect.
Jungkook adalah maknae termuda dalam BTS loh, karna itu dia diperlakukan seperti bayi.
Ini juga salah satu kebiasaan Jungkook dari dulu dan terbawa sampai sekarang, yaitu menggelmbungkan pipinya. Imut banget kan readers?
Cara dia tertawa juga imut readers :-*
KAMU SEDANG MEMBACA
Blackpink & BTS
FanfictionSiapa yang tidak kenal dengan Blackpink dan BTS? Kedua grup band asal Korea ini sedang terkenal di seluruh dunia lewat lagu-lagu, video/MV, dan koreografi keren yang mereka punya. Maka tak heran bila mereka mendapatkan banyak sekali penggemar di sel...