Kim Nam-joon (Hangul: 김남준) lebih dikenal sebagai RM (berubah dari Rap Monster), adalah seorang rapper Korea Selatan, penulis lagu, dan produser rekaman.
Dia adalah pemimpin dan rapper utama dari grup boyband Korea Selatan, dan melakukan debutnya pada 13 Juni 2013, sebagai anggota BTS di Mnet's M! Countdown dengan lagu "No More Dream" dari album perdana mereka '2 Cool 4 Skool'. Bersama dengan anggota BTS, ia memenangkan serangkaian penghargaan dan tampil di beberapa acara seperti Mnet Asian Music Awards (MAMA).
RM lahir pada 12 September 1994 di Ilsan-gu, Goyang, Korea Selatan. Dia tumbuh dengan adik perempuannya, Kim Geong Min di Seoul. Selama hari-hari sekolah dasar dia terkesan oleh seragam dan ingin menjadi penjaga keamanan masyarakat perumahan.
Ia mengikuti Global Cyber University dan mengambil jurusan dengan penghargaan di bidang Broadcasting and Performing Art. Dia berada di antara peringkat teratas dalam ujian sekolah nasional dan memiliki skor TOEIC lebih dari 900, yang patut dihargai. Dia juga memiliki IQ 148 yang sangat tinggi.
Dia belajar dan juga belajar bahasa Inggris dengan lancar dengan menonton komedi situasi populer Amerika seperti 'Teman'. Dia juga belajar di Selandia Baru untuk sementara waktu dan belajar sendiri bahasa Inggris yang dianggapnya penting.
Mempertimbangkan kinerja akademiknya, orang tuanya mengharapkan dia untuk mengambil pekerjaan tetap. Akan tetapi, kecintaannya pada musik dan perusahaan yang dia pegang teguh dan dia meyakinkan orang tuanya untuk memungkinkan dia menjadi seorang rapper penuh waktu. Dia sudah menulis lirik yang cukup populer saat di sekolah.
Menurut dia, nge-rap membantu dia mengatasi stres keluarganya di mana dia meninggalkan BTS (Bangtan) pada 2013.
Kim Nam-joon memulai karirnya di musik sebagai penyanyi solo di bawah nama panggung 'Runch Randa'. Dia juga bagian dari grup hip-hop Korea yang disebut 'Daenamhyup' untuk beberapa waktu.
Kemudian pada tahun 2013, ia bergabung dengan grup K-pop populer, 'BTS' juga dikenal sebagai Bangtan Boys dan kemudian dikenal sebagai 'Rap Monster' di antara para penggemarnya. Dia membuat debut album single dengan BTS berjudul '2 Cool 4 Skool' dengan lagu hit 'No More Dream' pada Juni 2013. Setelah itu, dia menulis lirik untuk sejumlah lagu BTS dan menjadi pemimpin grup dan rapper utama.
Selain BTS, ia telah berkolaborasi dengan sejumlah artis Korea dan asing untuk menghasilkan beberapa single dan video musik rap paling populer yang menjadi viral antara tahun 2014 dan 2016. Ini termasuk 'Please Don't Die' dengan Warren G, 'Bucku Bucku 'dengan grup hip-hop MFBTY's, soundtrack' Fantastic Four 'dengan Marvel dan remix of' Champion 'dengan Fall Out Boy.
Dia telah ditampilkan dalam talk show 'Hot Brain: Problematic Men' di mana dia adalah bagian dari lima anggota panel selebriti yang membahas isu-isu sosial terkini yang mempengaruhi masa muda saat ini.
RM telah ditampilkan di sejumlah majalah dan telah dimasukkan dalam buku Korea berjudul 'HipHopHada' yang menampilkan artis hip-hop terkemuka Korea. Dia juga telah diliput di majalah Amerika XXL sebagai salah satu rapper Korea Selatan yang paling menjanjikan.
Kim Nam-joon telah membuat banyak dukungan dan muncul di sejumlah iklan untuk merek Korea. Dia adalah duta merek untuk merek kopi populer 'K'hawah' buatan Korea Selatan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Blackpink & BTS
FanfictionSiapa yang tidak kenal dengan Blackpink dan BTS? Kedua grup band asal Korea ini sedang terkenal di seluruh dunia lewat lagu-lagu, video/MV, dan koreografi keren yang mereka punya. Maka tak heran bila mereka mendapatkan banyak sekali penggemar di sel...