BTS semakin mendunia, orang-orang pun penasaran ingin kenal lebih dekat dengan semua member BTS. Untuk melengkapi artikel tentang personil BTS, sekarang Bacaterus mau ngebahas leader-nya BTS, yaitu Kim Namjoon alias RM.
Kim Namjoon (김남준) lahir pada tanggal 12 September 1994. Nama panggung Namjoon sekarang adalah RM, tapi dulu kamu mungkin mengenal dia sebagai Rap Monster. Posisi RM di BTS adalah sebagai pemimpin, rapper utama, sekaligus produser. Kita kenalan dengan RM lebih dekat lagi, yuk!
D. Kim Nam-joon / RM
1. "RM"
Kim Namjoon punya banyak sekali nama. Ketika debut pada tahun 2013 hingga akhir 2017, dia memilih nama panggung "Rap Monster" ketika perform. Tapi, baru-baru ini (sejak tanggal 13 November 2017), dia mengganti nama panggungnya menjadi RM sebagai singkatan dari real me (aku yang sebenarnya).
A.R.M.Y yang sudah kenal Namjoon dari dulu masih suka ada yang keceplosan memanggil RM sebagai "RapMon" yang merupakan singkatan dari Rap Monster. Kadang, member BTS juga masih memanggil RM "Leader Mon", "Monie hyung" (hyung itu panggilan untuk laki-laki yang lebih tua, karena member BTS ada yang lebih muda dari RM).
Selain nama panggilan resmi, A.R.M.Y dan para personil BTS juga punya banyak nama buat RM. Seperti "God of Destruction" misalnya. Bukan tanpa alasan, RM ini orangnya clumsy banget. Dia sering merusak barang yang dia sentuh dengan tidak sengaja. Pernah ketika dia baru membeli kacamata, dia langsung mematahkan gagangnya, padahal kacamata itu belum pernah dipakai.
Banyak juga yang lebih suka memanggil RM dengan nama kecilnya yaitu "Joonie" atau "Namjoonie" karena terkesan lebih cute dan akrab. Kalau kamu, suka manggil RM kayak gimana? Apa juga boleh asal jangan manggil "sayang", ya, hihi.
2. Monster di Dunia Rap
Tidak salah memang, Namjoon memakai nama "Rap Monster" sebagai name stage-nya dulu. Kenapa? Soalnya, memang fakta RM BTS kalau dia itu monsternya musik rap Korea. Semenjak sebelum debut, Namjoon sudah eksis sebagai underground rapper.
Kalau di Indonesia, underground rapper tidak begitu banyak, lebih banyaknya band indie. Tapi kurang lebih kegiatan yang mereka lakukan sama. Mulai dari bikin lagu sendiri, perform sendiri tanpa bantuan dana dari orang lain, lirik lagu yang "bebas."
Yang membedakan band indie dengan underground rapper, para rapper biasanya lebih banyak punya diss track daripada band indie. Diss track menceritakan tentang pemerintahan, musisi lain (rapper/idol) yang dianggap kurang layak, dan norma/adat sekitar yang dianggap terlalu kuno dan menyusahkan generasi selanjutnya.
Nah, lirik-lirik lagu buatan Namjoon juga kurang lebih seperti itu. Setelah debut, Namjoon mengisi posisi rapper utama, leader, sekaligus komposer dan produser di BTS. Nggak cuma lagu solo RM, lagu-lagu BTS juga banyak yang mencerminkan stigma orang Korea Selatan dan menyemangati orang-orang untuk tetap berjuang di dunia ini.
KAMU SEDANG MEMBACA
Blackpink & BTS
FanfictionSiapa yang tidak kenal dengan Blackpink dan BTS? Kedua grup band asal Korea ini sedang terkenal di seluruh dunia lewat lagu-lagu, video/MV, dan koreografi keren yang mereka punya. Maka tak heran bila mereka mendapatkan banyak sekali penggemar di sel...