Dreiundzwanzig

2.9K 540 7
                                    


jeff. jeffry

to me


17 Juli 2015


Hai Ros.

Marhaban ya Ramadhan Ros. Mohon maaf lahir batin ya. Maafin kalau ada salah dalam gue bercerita atau ngetik selama gue ngirim email. Khilaf itu mah.

Akhirnya 30 hari perang melawan hawa nafsu kelar. Tadi gue shalat Ied bareng bokap, Yogi, Aif, Bang Tatang, Nika sama Mbak Mega di mesjid Frankfurt. Suasananya sepi banget. Mungkin karena hari ini hari kerja jadi banyak orang yang beraktivitas rutin soalnya hari raya idul Fitri bukan termasuk hari libur di Jerman. Tadi aja bokap langsung berangkat kerja terus gue sama anak-anak langsung balik ke Darmstadt. Sekarang gue bener-bener ngerti rasanya jadi minoritas, ngenes banget. Apalagi waktu gue video call sama orang rumah, terus Mama nangis. Gue jadi mellow kan. Tapi gue nggak nangis kok. Cuma berkaca-kaca doang.

Btw, kemarin gue abis selesai klausur. Klausur itu semacam UTS gitu, hebat nggak gue puasa-puasa ujian? Mana puasanya 18 jam, beuh sampai migrain gue Ros. Nah tiga hari lagi nilai klausur keluar. Deg-degan gue. Soalnya nilai klausur ini mempengaruhi nilai akhir gue. Kalau ada yang jeblok, otomatis gue harus ngulang berarti gue bakal nambah semester berarti juga gue mesti bayar lagi. Kasian bokap sih gue. Makanya lu doain ya supaya nilai rata-rata gue seenggaknya 2. Sistem penilaian disini itu 0,7-5 yang nanti dikonversiin ke poin-poin. Makin kecil makin bagus. Gue harap nilai chemie gue bisa naik, soalnya di prüfung atau UH nilai gue mentok di 3,3. Gue udah belajar banget sama Mbak Gita kemarin. Semoga ada perubahan ya Ros.

Gue jadi pondering nih. Selama gue disini ada banyak hal yang gue alami. Rasanya campur aduk. Hari pertama studkoll, gue merasa bego banget karena nggak ngerti apapun yang dijelasin dosen. Seminggu studkoll, gue homesick. Hari pertama puasa, gue sama sekali nggak berasa puasa saking sepi dan biasa aja-nya. Seminggu puasa, gue mulai skip taraweh. Pokoknya banyak banget yang gue lewatin. 

Emang awal gue ngejalanin itu, rasanya berat. Kayak gue nggak akan sanggup. Tapi liat, gue sekarang ada di titik ini. Mengingat-ingat lagi Jeffry seminggu yang lalu, sebulan yang lalu, bahkan setahun yang lalu. Dan akhirnya gue bisa bilang, lu tumbuh Jef dan akan selalu tumbuh, makanya jangan nyerah. Bener kan Ros? Semoga lu juga selalu semangat ya, apapun fase yang sedang lu jalanin sekarang.


Sincerely, 

Jeffry  

Sincerely, Jeffry ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang