Einunddreißig

3K 537 19
                                    


jeff.jeffry

to me


25 Oktober 2016


Hai Ros.

Hari ini, tepat dua tahun gue menjejakkan kaki pertama kali di Jerman. Walau udah 2 tahun, gue masih inget banget mendung dan angin dingin waktu itu. Gue juga masih inget padded jacket warna dongker yang Bapak gue pakai waktu jemput di bandara. Dan gue juga inget, foto pertama yang gue ambil disini, yang mau gue pamerin ke lu tapi kehapus. 

Bener-bener nggak kerasa Ros semuanya berjalan cepat sampai udah dua tahun aja gue disini. Segala kesel, kenorakan, homesickness, kegeblekan, kesepian, kebersamaan, kelaparan, ketawaan bareng, bahkan nangis nggak banget gara-gara mappe gue nggak kelar, semuanya gue alami di Jerman ini. Dari Frankfurt ke Darmstadt, dari Darmstadt ke Potsdam. Gue bener-bener nggak sangka perjalanan itu berhasil gue tempuh, sendirian, dengan banyak keluhan. Hahaha. Tapi ya tetep aja, gue lega, gue bisa sampai di titik ini. Di titik dimana gue nggak lagi sangsi dengan Jerman dan isinya. Sekarang bagi gue, Jerman udah kayak rumah kedua. Rumah yang terlambat gue sadari keberadaannya.

Makasih ya Ros. Semua cerita dan keluhan yang gue tuliskan buat lu, gue sangat mengenang momen itu. Btw, akhir-akhir ini gue sering mikir. Percaya atau nggak, dalam tiap momen hidup gue belakangan ini, selalu ada sebersit pikiran untuk selalu ngabarin lu. Kayak lu akan selalu nunggu kabar dari gue. Padahal kan, ya nggak. Gue tau Ros, kenyamanan nulis ke lu ini adalah ilusi gue doang. Cara gue bertahan untuk comforting myself through ups and downs. Biarpun gitu, gue masih selalu berharap, semoga ilusi gue atas lu ini, suatu saat akan mewujud. Kalaupun nggak, lu akan menjadi satu dari banyak kenangan baik dalam hidup gue yang suatu saat akan gue tutup dan gue senyumin kalau kebuka lagi.


Sincerely,

Jeffry  

Sincerely, Jeffry ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang