Setelah diadakannya sosialisasi, kehidupan KKN 127 yang sebenernya bener-bener dimulai. Para anggota mencar masing-masing buat berbaur sama warga. Ya engga masing-masing sih tapi lebih kaya nyebar buat bantuin warga dan ikut bersosialisasi. Kaya misalnya di minggu pagi ini.
Minggu jadi jadwal rutin para warga buat gotong royong dan juga ngebersihin desa. Anggota KKN 127 ikut berpartisipasi alias ngebantu gotong royong serta bersih-bersih desa ini. Anggotanya dibagi, kalo yang cowo ikut ngebantuin ngangkatin batu dan nyangkul buat ngedalemin tinggi sungai, yang cewe ngebersihin sampah di sekitaran aliran sungai. Harapannya sih yang cewe cuma ngebantu nyiapin makanannya aja, tapi ternyata makanannya udah disiapin duluan sama bu dukuh. Tapi senengnya bu dukuh juga ikut terjun buat bantuin ngebersihin sampah.
Yena ngeliat Arin yang lagi ngambilin sampah dengan tatapan aneh. Arin kaya nahan sesuatu gitu. Bibirnya digigitin.
"Muka lo kenapa Rin? Mau boker?" Tanya Yena.
"Sembarangan." Desis Arin.
"Tau gak, gue tadi jam 6-an kan lari pagi di sekitar sini sama Mark. Terus kita liat ada ibu-ibu di pinggir nih sungai." Lanjutnya bisik-bisik.
"Jangan bilang itu setan?" Timpal Tzuyu yang ikut denger.
"Bukan dih! Tapi itu loh, ibunya lagi boker. Duh sumpa. Gue sampe malingin muka ke Mark sambil pura-pura gak liat. Digituin eh si Mark malah lari ninggalin gue." Cerita Arin.
"Maap nyela cerita gemes ini. Jadi intinya sekarang kita lagi bersatu dengan air boker-an?" Tanya Yena dengan muka aneh.
"Gustii." Jerit Tzuyu tertahan.
"Tapi diem-diem aja, jangan biarin si Yeonjung tau. Takut dia heboh. Kan dia lagi anteng tuh sama Kimlip mungutin sampah." Kata Arin sambil ngelirik Yeonjung dan Kimlip yang kebetulan mungutin sampah di pinggir. Yena dan Tzuyu setuju dan nganggukin perkataan Arin.
Ketika lagi asik mungutin sampah, tiba-tiba ada sesuatu yang ngalir di depan Yena. Ukurannya kecil tapi warnya mencolok.
"Rin tolongin gue Rin." Senggol Yena ke Arin.
"Kenapa?" Tanya Arin.
"Ituu. Liat tuh depan guee."
"Anjir Yen. Kok banyak tai yang ikut ngalir di depan lo? Kecil-kecil lagi kaya remuk abis kegencet." Tanya Tzuyu yang ikut nibrung.
"Mana gue tauu. Untung belum gue sentuh."
"Tapi percuma deh. Ini airnya kan udah kita sentuh." Kata Arin yang ngbeuat Yena melotot kaya ngomong "oh iya".
"Yaudah yuk pindah ke sisi lain aja. Ajak Yeonjung sama Kimlip sekalian." Lanjut Arin. Ketika mau manggil temen mereka yang lain, mereka ngeliat ada kuning-kuning kecoklatan nemplok di sendal Yeonjung.
"Duh Gusti. Si Yeonjung tuh gak ngeliat apa ya ada tai disekitarnya. Gue paham nih sekarang. Dia yang nginjek tuh tai sampe remuk gitu. Yang ngalir di depan lo tadi itu Yen." Kata Tzuyu.
Yena ngangguk geli, "Untung Yeonjung pake sendal. Dia bisa ngerasain tekstur tai-nya kali semisal gak pake."
Arin sama Tzuyu ketawa ngedengerin omongan Yena. Tekstur. Makanan kali ah bertekstur.
Sebenernya Yena, Arin, dan Tzuyu jadi ogah banget nyamperin Yeonjung sama Kimlip karena tau kalo Yeonjung nginjek tai. Tapi akhirnya mereka nyamperin juga si Kimlip yang tentunya aman dari jangkauan tai. Maksudnya gak nginjek gitu loh. Setelah itu mereka berlima akhirnya pindah ke tempat lain yang lebih aman tentunya. Ya menurut mereka doang sih aman, gak tau aja kalo seluruh pinggir sungai udah terkontaminasi oleh buangan dari kotoran alami manusia.
"Yen, si Yeonjung nginjek tai ya?" Tanya Lucas ketika mereka ber-sepuluh jalan bareng mau istirahat bareng warga lainnya.
"Iya Cas. Diem aja, ntar dia heboh."
"Gak gitu Yen, masalahnya kalo kita istirahat dan lesehan bareng warga ntar tiba-tiba kecium bau gak sedap gitu kan gak lucu."
"Iya juga sih, kalo gitu kita kasih tau ajㅡ"
"Anjir Yeon. Lo nginjek tai?!" Kaget Haknyeon waktu gak sengaja ngeliat sendal Yeonjung ketika dia jalan.
Yeonjung ngeliat Haknyeon dengan muka bingung lalu akhirnya ngeliat bawah sendalnya, "BANGSㅡ ASTAGFIRULLAH. YA GUSTI NU AGUNG. MAU CRY DENGAN SEPENUH HATI TAPI HATI UDAH MATI. XIALAN."
"Bersihin kek. Jorok lo!" Lanjut Haknyeon.
"Berisik! Lo pada tunggu gue disini ya. Awas kalo ninggal. Gue mau mensucikan sendal gue dulu. Kampret emang." Umpat Yeonjung lalu balik ke sungai buat bersihin sendalnya.
"Yuk Yen anterin gue." Lanjutnya sambil narik Yena.
Sementara itu, Arin dan Mark....
"Rin, jangan-jangan itu tai yang tadi pagi?" Bisik Mark ke Arin.
"Tadi pagi apa? Gue gak ngeliat apa-apa tuh?" Tanya Arin.
"Iya kan lo waktu lari ngeliatin gue mulu." Jawaban Mark bener-bener deh. Bener-bener bikin Arin pengen nendang Mark biar nyemplung ke sungai.
ㅎㅎㅎ
KAMU SEDANG MEMBACA
KKN 127 | Choi Yena
HumorChoi Yena, mahasiswi FISIPOL yang males banget ikut KKN. Tapi siapa sangka 45 hari masa KKN-nya berjalan penuh cerita. ©phvikachu