Sebenernya gue itu sama aja kayak cewek lain yang memuja makhluk-makhluk yang diberi anugerah lebih oleh Tuhan berupa wajah rupawan. Tapi, gue beda dari mereka kebanyakan. Maksud gue, beda dari cewek-cewek kelas gue yang lagi teriak-teriak gak jelas hanya karena seorang Aga Nugraha lewat depan kelas. Ya Tuhan. Gue tahu Aga emang seganteng itu. Wajahnya tuh kecil, bikin gue iri. Kulitnya gak putih-putih amat tapi lebih putih dari cowok kebanyakan. Hidungnya sih pesek, tapi bibirnya, duh jangan ditanya. Seksi banget, tahu. Bibir atasnya tuh tipis, tapi bawahnya penuh. Kalau senyum berasa langsung system error gitu. Nge-freeze tiba-tiba. Seolah-olah di dunia ini cuma ada cowok bernama Aga Nugraha. Lebay? Karena kamu belum lihat sendiri gimana manisnya senyumnya Aga. Gue yakin, kalau kamu cewek normal sih bakalan meleleh.
Tapi, gue masih punya gengsi untuk gak jejeritan macam Bri dan kawan-kawan yang malah menurut gue ngasih kesan kayak cewek kurang belaian. Jadi, ketika seluruh populasi cewek kelas XI MIPA 2 berbondong-bondong nyodorin muka depan jendela, gue cuma mutar bola mata dan lanjut main Helix Jump. Seenggaknya, ini lebih berfaedah menurut gue.
“Duh.. liat gak tadi Aga senyum ke gue.” Bri jingkrak-jingkrak gak jelas sambil nutupin setengah wajahnya. Reaksi gilanya yang biasa. Karena gue tahu, reaksi gilanya yang luar biasa itu cuma milik seorang oppa korea yang namanya Sehun.
“Apaan? Tadi tuh dia senyum ke gue, tahu.” Alaska menyahut protes. Tapi sedetik kemudian dia menatap kosong ke langit-langi kelas. Kayaknya fantasi dia mulai bekerja.
“Gak. Dia senyum ke gue.” Gue gak tahu lagi ini siapa yang ngomong, karena gue udah balik lagi mainin Hp gue. Gak peduli juga. Penting banget gitu ngeliatin orang bertengkar cuma karena rebutan senyum cowok tadi ditujukan pada siapa? Tentu gak, menurut gue. Beda lagi sama mereka. Makin banyak yang nyahut dan ngaku-ngaku, buat kelas jadi ribut banget. Untung ini nih masih jam istirahat, jadi gak mengganggu kelas sebelah yang kemungkinan ada guru yang mengajar. Bisa-bisa kejadian di masa lalu bisa terulang lagi. Dimana satu kelas dihukum lari lima kali putaran lapangan basket gara-gara teriakan anak-anak cewek kelas—kecuali gue, yang mengakibatkan tingkat konsentrasi kelas sebelah yang dihuni kumpulan individu super serius terganggu. Waktu itu sih bukan Aga yang lewat—Aga termasuk makhluk-makhluk serius dari sebelah, tapi kakak senior yang gak kalah ganteng. Kejadian itu gak mengakibatkan traumatis berlebihan. Tapi pasti, kita gak bakalan dengan bodohnya mengulangi kesalahan yang sama.
Gue bukan tipe introvet yang suka mengasingkan diri dan benci keributan. Tapi mood gue hari ini tuh bad banget. Jadi, karena keributan yang mereka ciptakan gak kunjung reda dan malah semakin menggila, gue berdiri dan berjalan ke arah Bri. Bri menoleh ketika gue nepuk pundaknya. Dia mengangkat sebelah alis, bertanya. Dengan muka dibuat melas, gue menepuk-nepuk perut gue, memberi tanda bahwa cacing-cacing di perut gue udah meronta minta dikasih makan. Bri mengangguk. Tapi sebelum benar-benar pergi, dia berteriak sekali lagi kalau senyum Aga tadi ditujukan untuk dia.
Kantin terdekat berada di belakang gedung B, tempat kelas XI MIPA dan IPS berjejer rapi. Dan kebetulan, menurut gue dan Bri, kantin tante Rina ini punya soto terenak yang rasanya gak tergantikan. Bahkan sama soto buatan mama kita masing-masing. Dan kesanalah tujuan kita sekarang. Tapi sebelumnya, Bri narik tangan gue ke toilet lantai bawah disamping ruang band.
Sahabat baik gue ini langsung mengambil lip balm dari kantong roknya, mengoles-oleskan ke bibirnya yang kecil. Setelah mengecap-ecap untuk meratakan lip balm-nya, Bri berbalik menghadap gue yang lagi mengeringkan tangan pakai tisu.
“Sa, sini deh, gue pakein lip balm. Lo pasti belum pernah pake beginian, kan?” Tangan Bri udah maju mau ngolesin lip balm rasa cerinya ke bibir gue, tapi gue langsung mundur dan nutup bibir gue pake kedua tangan.
“Ogah. Apaan pake begituan? Bibir gue baik-baik aja. Gak perlu pake begituan.” Gue menolak dengan keras. Ngapain coba tiba-tiba Bri pengen gue pake lip balm ala-ala itu?
KAMU SEDANG MEMBACA
INVERSION : ketika hati berbalik melawan logika
General FictionKatanya, cinta ada karena biasa. Biasa ketemu. Biasa diperlakukan manis. Biasa dibikinin puisi. Atau bahkan hanya karena seterbiasa sarapan bersama. Jadi, ketika Disa Swastikana jatuh cinta pada Aga Nugraha yang selalu memperlakukannya dengan manis...